Home  /  Wisata Lombok  / Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB

Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB


Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB

Pulang liburan tanpa membawa oleh-oleh, rasanya seperti semangkuk sayur yang kurang garam. Beberapa orang yang menanti kedatangan teman atau kerabat dari sebuah tempat wisata yang indah, selain senang melihatnya pulang dalam keadaan sehat, pastinya mereka berharap bisa mendapatkan oleh-oleh.

Cinderamata atau oleh-oleh tidak mutlak harus berharga tinggi. Keunikan serta manfaat yang terkandung di dalamnya, tentunya akan memberikan nilai lebih daripada harganya.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Pulau Lombok, jangan melewatkan kesempatan untuk berburu oleh-oleh khas Lombok yang unik. Oleh-oleh ini dapat berupa makanan, minuman, perhiasan, pakaian, dan juga perabotan.

Berikut beberapa oleh-oleh khas Lombok :

kaos lombok1. Kaos Lombok

Oleh-oleh khas Lombok yang satu ini begitu digemari oleh banyak wisatawan. Selain harganya yang relatif murah, kaos tersebut nyaman untuk dipakai. Terdapat beberapa ukuran serta warna yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

Selain itu, beberapa tulisan ataupun gambar yang tertera pada kaos dapat membuat si pemakai merasa pernah berkunjung ke Lombok.

Jika wisatawan ingin membelinya, terdapat beberapa tempat favorit di Lombok untuk berburu oleh-oleh ini.

Bahkan tidak hanya kaos, Anda juga bisa membeli beberapa souvenir khas Lombok lainnya seperti tas, dodol rumput laut, kacang lilit, manisan tomat, madu dan sebagainya.

Tempat tersebut adalah Pasar Seni Sayang Sayang yang berada di Kota Mataram, Pasar Cakranegara yang berlokasi di  Jln. Selaparang, Mataram (dekat dengan obyek wisata Taman Mayura), dan pasar seni di sepanjang kawasan Senggigi.

oleh oleh khas lombok2. Kain Tenun Khas Lombok

Pulau Lombok juga terkenal dengan kerajinan tenunnya yang indah. Oleh-oleh khas Lombok ini memiliki beragam pilihan dengan harga mulai dari Rp 100.000.

Umumnya, harga kain tenun akan semakin mahal jika bahan kain lebih halus dan dengan motif yang lebih cantik.

Apalagi jika pada kain tersebut terdapat benang emas. Selain bahan kain, wisatawan juga bisa membeli kain yang telah diolah menjadi sebuah kemeja, syal, pasmina, dan juga sarung.

Bagi Anda yang ingin membelinya, cobalah untuk berkunjung ke sentra industri tenun di Sukarara, Kab. Lombok Tengah, Desa Sade, dan Cilinaya Shopping Centre di Kota Mataram.

Selain itu, juga terdapat pedagang lainnya yang menjual kain tenun Sasak ini seperti di Pantai Kuta Lombok, kawasan wisata Senggigi, dan lain-lain.

Mutiara Lombok3. Mutiara Lombok

Oleh-oleh khas Lombok ini begitu cantik dan sangat tepat untuk dijadikan sebagai buah tangan bagi orang yang kita sayangi.

Harga per gram dari Mutiara Lombok memang cukup mahal, yaitu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Harga yang mahal tersebut tentunya bukan tanpa alasan, karena Mutiara Lombok bukanlah mutiara budidaya air tawar melainkan mutiara laut.

Anda dapat dengan mudah menemukan cinderamata berkualitas dan bersertifikat ini di berbagai toko perhiasan, art shop, dan sebagainya.

Namun, salah satu kawasan favorit untuk membeli Mutiara Lombok adalah di Desa Sekarbela yang berada sekitar 4 km dari Kota Mataram. Di desa ini terdapat beberapa toko perhiasan mutiara yang berlokasi di sepanjang Jln. Sultan Kaharudin.

Tembikar Lombok4. Aneka Kerajinan Dari Tanah Liat (Tembikar)

Bagi Anda yang menyukai aneka kerajinan yang terbuat dari tanah liat seperti anglo, kuali, guci, cerek maling, dan sebagainya.

Oleh-oleh khas Lombok ini dapat dengan mudah dijumpai di Banyumulek yang berada di Kecamatan Kediri, Kab. Lombok Barat, Penunjak yang berlokasi di Kecamatan Praya Barat, Kab. Lombok Tengah, dan Masbagik yang terletak di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

Setiap daerah pastinya memiliki ciri khas tersendiri terhadap produk yang dihasilkan.

Di Banyumulek, aneka bentuk tembikar yang dihasilkan diantaranya adalah gentong, anglo, kuali, periuk, piring dan lain-lain.

Sedangkan di Masbagik, tembikar yang dihasilkan berpadu dengan kerang laut sehingga terlihat cantik. Kemudian di Penunjak, produknya terkenal dengan bentuk cerek maling.

ukiran kayu khas lombok5. Hasil Kerajinan Kayu

Oleh-oleh khas Lombok ini mengandung sebuah nilai seni.

Jika Anda menyukai aneka produk ukiran kayu seperti topeng, lemari katalog, hiasan interior, dan lain sebagainya, sempatkan diri untuk berkunjung ke Labuapi.

Labuapi adalah sebuah desa yang berada di Kab. Lombok Barat dimana terdapat banyak toko seni yang menjual aneka hasil ukiran kayu.

Dengan menggunakan kayu mahoni, para pengrajin di Labuapi membuat aneka produk ukiran kayu yang berkualitas dan memiliki corak khas Lombok. Selain bentuknya begitu menarik, aneka warna yang terdapat pada produk tersebut terlihat sangat indah.

hasil kerajinan rotan lombok6. Hasil Kerajinan Dari Rotan dan Bambu

Rotan dan bambu dapat diolah untuk menjadi aneka produk kerajinan yang cantik dan diminati oleh banyak orang. Di Pulau Lombok terdapat 2 buah sentra kerajinan rotan dan bambu.

Apabila wisatawan ingin melihat proses pembuatan dan membeli hasil kerajinan rotan, maka dapat berkunjung ke Beleka yang berada di Kecamatan Praya Timur, Kab. Lombok Tengah.

Sedangkan untuk hasil kerajinan bambu dapat dijumpai di Loyok yang berlokasi di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Oleh-oleh khas Lombok ini tentunya tidak hanya dijual di Lombok, namun juga telah diperdagangkan di beberapa daerah yang ada di Indonesia hingga ke beberapa negara.

Adapun hasil dari kerajinan rotan antara lain dompet, tas, hiasan dinding, dan lain-lain. Sedangkan produk dari bahan baku bambu diantaranya adalah asbak, hiasan lampu, piring, hiasan dinding, tas, dan sebagainya.

Dodol Rumput Laut Lombok7. Dodol Rumput Laut

Oleh-oleh khas Lombok ini merupakan makanan wajib untuk dibawa setelah berlibur di Lombok.

Aneka warna yang ada pada Dodol Rumput Laut begitu menggugah selera untuk segera merasakan kelezatannya. Rasa dari dodol ini manis serta menyegarkan. Pada saat dimakan, dodol tersebut akan terasa kenyal seperti jelly.

Bahan yang digunakan untuk membuat dodol adalah tepung rumput laut. Tepung tersebut akan dipadukan dengan gula dan berbagai buah segar. Oleh karena itu, Dodol Rumput Laut memiliki beberapa varian rasa seperti mangga, sirsak, nangka, pisang, dan lain-lain.

Dalam satu kemasan dodol seberat 200 gram dibandrol dengan harga sekitar Rp 20.000. Tidak sulit untuk mencari toko yang menjual makanan ini. Bahkan, di Bandara Internasional Lombok juga terdapat toko yang menjualnya.

madu sumbawa8. Madu Sumbawa

Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang berkhasiat untuk kesehatan adalah Madu Sumbawa.

Madu yang dihasilkan oleh lebah liar ini terdiri dari 2 jenis, yaitu madu putih dan madu biasa yang berwarna coklat kekuningan.

Selain itu juga terdapat madu rempah. Disebut madu rempah karena madu tersebut telah dicampur dengan aneka rempah.

Madu Sumbawa dapat dibeli di beberapa toko oleh-oleh dan juga toko seni.

Susu Kuda Liar9. Susu Kuda Liar

Susu Kuda Liar atau Susu Kuda Sumbawa dihasilkan dari kuda-kuda yang hidup di alam bebas Pulau Sumbawa. Rasa dari susu ini adalah sedikit asam atau kecut.

Namun, Susu Kuda Liar dari Pulau Sumbawa ini sangat baik bagi kesehatan pencernaan karena rantai protein pada susu mudah dicerna oleh tubuh dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri-bakteri jahat pada pencernaan.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Lombok, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ini. Susu Kuda Liar dapat ditemukan di beberapa toko oleh-oleh yang ada di Pulau Lombok.

Baca : Aneka Kuliner Khas Lombok

Minyak Gosok Sumbawa10. Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Gosok Sumbawa terbuat dari akar lawang dan lebih dari 40 jenis akar lainnya. Minyak ini dapat membantu menyembuhkan rematik, pegal-pegal, keseleo, dan berbagai penyakit otot lainnya.

Ketika dipakai akan segera terasa hangat dan memancarkan bau yang khas.

Selain untuk diri sendiri, Minyak Gosok Sumbawa tentunya menjadi buah tangan yang istimewa bagi teman, orangtua, dan juga kakek nenek.

Oleh-oleh khas Lombok ini tersedia dalam bermacam ukuran mulai dari botol 200 ml sampai dengan botol kapasitas 1000 ml. Apabila Anda ingin membelinya, Minyak Gosok Sumbawa dijual di beberapa toko oleh-oleh khas Lombok.

Please Share :

Related Post


Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel
Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Di wilayah Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, terdapat dua buah…

Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan
Gili Meno dan Gili Air – Pulau Kecil Yang Menawan

Berlibur ke Gili Trawangan memang sangat menyenangkan. Pulau kecil nan…

Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, obyek wisata air terjun…

Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung
Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *