Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya


Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya

Setelah puas berwisata di Kota Pahlawan “Surabaya”, janganlah lupa untuk membeli oleh-oleh khas Surabaya. Terdapat beberapa pilihan oleh-oleh yang sering diburu oleh para wisatawan. Selain kaos khas Surabaya, juga terdapat aneka makanan dan minuman.

Berikut 11 oleh-oleh khas Surabaya :

tenggiri asap ala mama1. Tenggiri Asap “Ala Mama”

Meskipun masih terbilang baru, namun Tenggiri Asap “Ala Mama” telah menjadi salah satu produk makanan yang sering diburu oleh warga Surabaya.

Produk home made ini menggunakan bahan utama ikan tenggiri dan dipadukan dengan aneka bumbu rempah seperti cabai merah, cabai hijau, rawit, bawang merah, bawang putih dan sebagainya.

Kunci kenikmatan dari Tenggiri Asap “Ala Mama” yaitu ikan segar yang diproses dengan cara “pengasapan”. Hal ini membuat aroma makanan begitu menggoda dan sangat menggugah selera.

Disamping itu, perpaduan antara ikan tenggiri dan aneka cabai serta bumbu rempah membuat produk ini memiliki cita rasa yang pedas dan gurih.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang kurang suka pedas, tersedia pilihan original. Sedangkan bagi para pecinta pedas, puaskan selera Anda karena telah tersedia pilihan “Pedas Level 1 dan Pedas Level 2”.

oleh-oleh khas surabayaMasih kurang “nendang”? wisatawan bisa memesan secara khusus ke Ibu Hj. Riswandi untuk dinaikkan level pedasnya menuju ke level 3 dan 4.

Bagi Anda yang ingin membeli Tenggiri Asap “Ala Mama”, produk home made ini berlokasi di Jln. Candi Lontar 44M/7 Surabaya, HP/WA : 0813 3060 2885.

Dikarenakan produk makanan ini bebas dari bahan pengawet, maka sebelum wisatawan meluncur ke “lokasi”, sebaiknya Anda terlebih dahulu menghubungi Ibu Hj. Riswandi/Jeng Maya melalui nomor HP/WA di atas.

almond crispy2. Almond Crispy

Makanan ringan yang satu ini wajib untuk Anda beli. Almond Crispy telah menjadi salah satu camilan favorit kota Surabaya.

Dengan memadukan beberapa bahan pilihan seperti tepung, telur, susu, gula dan juga keju serta almond, Almond Crispy memiliki rasa yang maknyus dan praktis untuk dijadikan sebagai buah tangan.

Oleh-oleh khas Surabaya ini memiliki 3 pilihan rasa yaitu green tea, cheese, dan choco cheese.

Bagi wisatawan yang ingin membeli Almond Crispy bisa berkunjung ke Wisata Rasa yang berada di Jln. Raya Jemursari, Nomor 164, Surabaya.

sambal udang bu rudy3. Sambal Udang Bu Rudi

Apakah wisatawan suka dengan rasa pedas? Sambal Udang Bu Rudy adalah juaranya sambal udang pedas di Surabaya.

Rasanya yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi produk ini.

Wisatawan bisa menentukan pilihan terhadap aneka sambal yang telah dikemas dengan cantik, mulai dari sambal ikan peda, sambal bawang, sambal ijo, sambal terasi dan lain-lain.

Salah satu cabang Sambal Udang Bu Rudy berlokasi di Jln. Dharmahusada Nomor 140, Surabaya.

abon4. Abon

Salah satu makanan dengan cita rasa yang enak serta bergizi ini dapat bertahan dalam waktu yang lama meskipun tidak memakai bahan pengawet.

Irisan tipis daging sapi/ayam/ikan yang telah direbus dan dimemarkan lalu disuir-suir halus, akan dipadukan dengan aneka bahan seperti santan, bawang putih, ketumbar, dan sebagainya.

Jika wisatawan ingin membeli Abon Daging Sapi, Anda dapat menuju ke Jln. Patmosusastro. Terdapat 2 pilihan rasa yaitu manis dan pedas. Bahkan, wisatawan juga diizinkan untuk melihat proses produksinya.

Selain itu, apabila wisatawan ingin merasakan produk Abon Daging Sapi/Ayam/Ikan/Udang, cobalah untuk berkunjung ke Jln. Siak Nomor 17, WA 0878 5161 1444. Di sana telah tersedia Abon Daging Sapi/Ayam/Ikan/Udang “Murni”.

petis udang siok5. Petis

Apakah Anda sempat merasakan kelezatan rujak cingur, tahu tek, atau tahu campur selama berada di Surabaya, makanan tersebut akan kurang kelezatannya jika tidak menggunakan petis.

Petis adalah produk olahan khas JawaTimur yang sering dipadukan dengan berbagai macam masakan. Rasanya yang unik, gurih dan sedikit manis membuat produk tersebut begitu digemari oleh banyak orang.

Salah satu petis yang terkenal di Surabaya adalah Petis Udang Ny. Siok.

Tidak sulit untuk mendapatkan petis, beberapa toko oleh-oleh di Surabaya menjual produk tersebut.

spikoe6. Spikoe

Kue lapis yang telah melegenda ini masih mempertahankan resep kuno sehingga rasanya tidak berubah.

Oleh-oleh khas Surabaya ini memiliki rasa yang manis dan teksturnya lembut serta terdiri dari 2 lapis yaitu kuning dan coklat.

Jika Anda penasaran dengan rasanya, silahkan berkunjung ke Jln. Rungkut Mapan Barat 4, Nomor BD-25, Surabaya.

lapis-kukus-surabaya7. Lapis Kukus Surabaya

Selain Spikoe, kue lapis khas Surabaya ini juga tidak kalah lezatnya. Lapis kukus ini merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang mencari oleh-oleh khas Surabaya. Kejunya berlimpah dan cake-nya terasa lembut di mulut.

Saat ini terdapat 3 varian rasa yaitu original, brownies dan chocopandan. Varian apa yang paling enak? Wah, setiap orang pasti memiliki jagoannya masing-masing.

Lokasi Toko Lapis Kukus Surabaya berada di Jln. Kutai Raya Nomor 53 Surabaya, buka dari jam 7.00 s.d. 21.00. Mereka juga menyediakan “delivery service”, call center : 031-8493237.

siropen telasih8. Siropen Telasih

Surabaya juga memiliki sirup yang telah diproduksi sejak tahun 1923.

Siropen Telasih tidak menggunakan pemanis buatan dan memiliki aneka rasa seperti peppermint, lychee, caramel, dan sebagainya.

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke pabriknya, pabrik Siropen Telasih berlokasi di Jln. Mliwis Nomor 5, Surabaya. Siropen Telasih adalah salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang sering diburu oleh wisatawan.

sirup-mangrove9. Aneka Olahan dari Mangrove

Jika selama ini kita hanya mengenal fungsi daripada mangrove atau hutan bakau yang berperan penting untuk ekosistem air dan alam sekitarnya.

Namun, berkat keuletan Bpk. Soni buah mangrove dapat diolah menjadi produk pangan yang berkualitas.

Tidak hanya sirup, namun juga tersedia jenang dan cola dengan rasa yang nikmat, dan telah diproduksi oleh Petani Mangrove Wonorejo, Jln. Sonnetaria, Rungkut, Surabaya.

Kandungan vitamin A, C, serta yodium yang terdapat pada Sirup Mangrove sangat baik sebagai antioksidan tubuh. Rasanya yang asam manis pastinya sangat menyegarkan ketika diminum pada saat berada di pesisir pantai yang beriklim panas.

kerupuk ikan kenjeran10. Kerupuk Ikan Kenjeran

Pedagang Kerupuk Ikan Kenjeran dapat dengan mudah wisatawan temukan ketika melintas di Jln. Sukolilo atau di kawasan wisata Pantai Kenjeran.

Terdapat 2 pilihan yang ditawarkan yaitu kerupuk mentah dan kerupuk yang telah siap untuk disantap.

Selain kerupuk ikan, oleh-oleh khas Surabaya ini juga memiliki variasi lainnya seperti kerupuk rumput laut, kerupuk kerang, dan kerupuk cumi-cumi.

kaos cak cuk11. Kaos Cak Cuk

Selain oleh-oleh berupa pangan, Surabaya juga memiliki produk kaos khas Kota Pahlawan yaitu Kaos Cak Cuk.

Kaos Cak Cuk telah hadir di kota ini sejak tahun 2005 dan bertahan sampai dengan sekarang.

Aneka desainnya yang kreatif membuat produk ini sangat digemari oleh banyak kalangan. Selain kaos, juga terdapat aneka produk lainnya seperti tas, mug, kunci, pin, dan lain-lain.

Salah satu gerai Kaos Cak Cuk berlokasi di Jln. Dharmawangsa Nomor 35, Surabaya.

Itulah 11 oleh-oleh khas Surabaya yang paling sering dicari oleh wisatawan yang sedang berlibur di kota “Pahlawan” Surabaya.

Please Share :

Related Post


7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang
7 Obyek Wisata Di Jombang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Jombang

Kabupaten Jombang memiliki aneka pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi…

Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta
Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta

Ketika musim liburan tiba, banyak keluarga mulai merencakan perjalanan wisata.…

5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik
5 Obyek Wisata Di Gresik Yang Patut Dikunjungi – Wisata Gresik

Kabupaten Gresik terletak di dataran rendah dan berada di sebelah…

7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso
7 Obyek Wisata Di Bondowoso Yang Patut Dikunjungi – Wisata Bondowoso

Bondowoso merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…



One thought on “Ini Dia Oleh-oleh Khas Surabaya



Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *