Home  /  Wisata Bali  / Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam


Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Amed adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah timur pulau Bali. Desa ini memiliki sebuah pantai yang dikenal dengan nama Pantai Amed. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Jemeluk yang berlokasi di Desa Purwakerti, kecamatan Abang, Karangasem. Kedua pantai tersebut memberikan nuansa alam pantai yang relatif sama, dan menyimpan sebuah keindahan alam bawah laut.

Penduduk Desa Amed berprofesi sebagai nelayan, petani garam, dan peternak. Bagi wisatawan yang ingin belajar bagaimana proses pembuatan garam, penduduk setempat dengan senang hati akan menjelaskan langkah-langkah untuk memproduksi garam.

pesona pantai amedBiasanya, wisatawan yang berkunjung untuk melihat proses pembuatan garam secara tradisional adalah wisatawan dari luar negeri.

Di sekitar pantai bisa kita jumpai pasar ikan yang menjual hasil tangkapan para nelayan Desa Amed.

Jika wisatawan ingin mencoba membeli beberapa ikan segar tersebut, jangan takut untuk menawar harga.

Proses tawar menawar harga menjadi hal yang lumrah dilakukan di tempat ini. Wisatawan dapat memulai penawaran 1/3 dari harga yang diberikan oleh nelayan.

Seiring dengan semakin ramainya tempat ini dikunjungi oleh para wisatawan, sebagian penduduk beralih profesi ke sektor pariwisata. Beberapa penginapan dengan variasi kelas dan harga mulai meramaikan bumi Desa Amed.

Tampak beberapa restoran yang siap untuk menyajikan aneka menu minuman dan makanan yang lezat.

Toko-toko yang menjual souvenir dan kebutuhan lainnya, serta beberapa tempat yang menawarkan jasa wisata bahari seperti snorkeling dan diving, mereka semua telah siap untuk menyambut setiap wisatawan yang berkunjung, memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat memuaskan para wisatawan.

Pantai Amed memiliki pasir yang berwarna hitam, namun warna tersebut terlihat indah ketika disapu oleh biru kehijauan ombak pantai. Jernihnya air laut Pantai Amed menyebabkan sinar matahari bisa menembus hingga ke dasar laut.

Hal inilah yang membuat para wisatawan senang berkunjung ke Pantai Amed, karena mereka bisa menikmati kegiatan snorkeling dan diving untuk menyaksikan pemandangan alam laut yang masih alami dan menawan. Mereka biasanya melakukan aktivitas tersebut bersama keluarga ataupun teman.

pantai amed

Wisatawan tidak perlu bersusah payah untuk membawa peralatan snorkeling dan diving karena di sini telah tersedia beberapa tempat yang menyewakannya.

Semua peralatan berstandar internasional dan selama melakukan aktivitas snorkeling maupun diving wisatawan akan ditemani oleh instruktur atau pemandu yang berpengalaman dan terlatih.

Bersama dengan pemandu, wisatawan akan diajak ke tempat-tempat yang menyenangkan untuk kegiatan snorkeling dan diving. Salah satu tempat tersebut adalah sebuah lokasi dimana terdapat kapal patroli Jepang yang tenggelam pada saat perang dunia II.

Tempat ini berjarak sekitar 10 meter dari tepi pantai. Kapal tersebut telah menjadi rumah bagi terumbu karang dan aneka ikan tropis. Sebuah pesona yang menawan dan begitu menarik untuk dijelajahi. Terkadang para penyelam dapat berjumpa dengan ikan pari, penyu, dan hiu karang.

ikan tropis amed

Jika wisatawan terus menelusuri jalur di pinggir Pantai Amed, wisatawan akan menemukan tempat menarik lainnya untuk aktivitas snorkeling dan diving. Tempat tersebut berada di wilayah Pantai Jemeluk.

Di wilayah ini wisatawan dapat menemukan sebuah taman yang berisikan aneka terumbu karang yang sangat indah.

Bagi wisatawan yang ingin belajar menyelam, obyek wisata ini memiliki tempat untuk belajar menyelam. Tempat tersebut adalah sebuah danau yang berlokasi di pinggir pantai. Selain itu, beberapa hotel di tempat wisata ini menyediakan fasilitas untuk belajar menyelam, mulai dari tingkat pemula hingga tingkat profesional.

Keindahan alam Pantai Amed juga dapat ditemukan di pagi hari. Suasana sunrise di pantai ini begitu indah dan menawan. Kuning kemerahan cahaya matahari secara perlahan menghilangkan warna hitam di sekitar pantai.

Namun cahaya tersebut tidak bisa merubah warna hitam pasir Pantai Amed yang eksotis.

Transportasi Menuju ke Pantai Amed

Pantai Amed berlokasi di  Desa Amed, Abang, Karangasem, Bali. Obyek wisata ini memiliki jarak sekitar 102 km dari bandara Ngurah Rai. Bagi wisatawan yang ingin menuju ke tempat wisata ini, wisatawan bisa menyewa mobil atau motor.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan bus dan bemo untuk menuju ke Desa Amed. Setelah bus sampai di kota Amlapura (ibukota kabupaten Karangasem), wisatawan dapat menaiki bemo untuk menuju ke Pantai Amed.

Pihak pengelola wisata Pantai Amed telah menyediakan areal untuk parkir kendaraan. Setiap mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Penginapan

Bagi wisatawan yang mencari penginapan di sekitar obyek wisata Pantai Amed, telah tersedia beberapa pilihan penginapan mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Penginapan tersebut antara lain :

  1. Bali Citra Lestari Cottage

Jl. Raya Amed, Karangasem, Bali.

  1. Pondok Vienna Beach Guest House

Pantai Lipah, Karangasem, Bali.

  1. Amed Beach Resort

Pantai Amed, Karangasem, Bali.

  1. Jepun Bali Villas

 Desa Amed, Bunutan, Karangasem, Bali.

  1. The Griya Villas and Spa

Desa Bunutan-Amed, Karangasem, Bali.

  1. Villa Bukit Segara

Jl. Raya Bunutan-Amed, Karangasem, Bali.

  1. Arya Amed Beach Resort

Jl. Raya Bunutan-Amed, Karangasem, Bali.

  1. Bali Bhuana Beach Cottages

Jl. Raya Bunutan, Karangasem, Bali.

  1. Bedulu Resort Amed

Desa Bunutan, Karangasem, Bali.

  1. Onlyou Villas

Jl. Raya Lipah-Bunutan, Karangasem, Bali.

Saran

  1. Jika wisatawan ingin membeli hasil tangkapan nelayan di pasar ikan, sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena pada saat itu terdapat banyak pilihan ikan yang masih segar.
  2. Bagi wisatawan yang ingin merasakan makanan khas Desa Amed, pada pagi hari wisatawan dapat membelinya di pasar tradisional yang berlokasi tidak jauh dari pantai.
  3. Di lokasi ini, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas memancing dengan menyewa perahu nelayan untuk menuju ke tengah laut. Wisatawan akan merasakan tarikan ikan laut tropis yang terkenal ganas.
  4. Agar kulit terlindung dari panasnya sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock.

Pantai Amed berlokasi di sebuah desa yang masih alami dengan latar belakang gunung Agung. Kondisi lingkungan di tempat wisata ini cukup gersang karena jarang diguyur hujan.

Namun pantai pasir hitam ini menyimpan panorama alam bawah laut yang sangat indah dan menawan. Hal inilah yang menjadi alasan dari para wisatawan baik lokal maupun luar negeri, sehingga mereka sering berkunjung ke obyek wisata ini.

Please Share :

Related Post


Wisata Monkey Forest – Cagar Alam Bagi 340 Ekor Monyet di Ubud
Wisata Monkey Forest – Cagar Alam Bagi 340 Ekor Monyet di Ubud

Obyek wisata Monkey Forest berlokasi di daerah Ubud. Tempat ini…

Wisata Bahari Di Pulau Bali – Menikmati Keindahan Kerajaan Laut
Wisata Bahari Di Pulau Bali – Menikmati Keindahan Kerajaan Laut

Wisata bahari seperti snorkeling dan diving merupakan kegiatan yang banyak…

Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak
Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak

Berwisata ke pulau Bali merupakan pilihan yang sangat tepat bagi…

Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali
Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali

Pantai Kusamba merupakan sebuah pantai yang masih alami dan memiliki…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *