Home  /  Wisata Lombok  / Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung


Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan, tepatnya di balik bukit yang berada di sebelah timur dari pantai tersebut.

Jika Anda sedang berada di Tanjung Aan, dengan menggunakan perahu atau melalui jalan darat Anda bisa menyaksikan sebuah pantai yang didominasi oleh batuan besar. Suasananya begitu tenang dan terdapat fenomena batu besar yang dikenal dengan nama Batu Payung.

suasana-di-pantai-batu-payungSebenarnya, jika dicermati batu besar tersebut tidak mirip dengan payung.

Bahkan ada satu batu besar yang bentuknya justru mirip ular kobra dengan mahkotanya yang indah.

Kemungkinan pemberian nama Batu Payung pada pantai ini dikarenakan jika dilihat dari jauh batu besar tersebut seperti payung yang belum terbuka.

Kegiatan yang menyenangkan di Pantai Batu Payung Lombok antara lain :

1. Berfoto

Daya tarik utama dari pantai ini adalah batu besarnya yang mirip payung dan kepala ular kobra. Fenomena batu ini telah terkenal di kalangan wisatawan, bahkan tempat wisata ini pernah digunakan sebagai lokasi pembuatan iklan rokok Dunhill pada tahun 2013.

panorama-di-pantai-batu-payung

Beberapa pasangan yang sedang merajut cinta juga menyukai tempat wisata ini sebagai salah satu lokasi pemotretan pre-wedding mereka.

2. Bersantai

Lokasi bersantai yang menyenangkan di Batu Payung adalah di atas bukit hijaunya nan cantik. Namun, jika wisatawan berkunjung pada saat musim kemarau, warna hijau tersebut telah berbaur dengan warna coklat nan eksotis sehingga semakin memperkaya warna pada bukit tersebut.

pesona-pantai-batu-payung

Dari atas bukit terlihat jernihnya air di sekitar pantai yang dihiasi pasir putih serta batu-batu karang. Tampak sebuah pulau kecil berada di hadapan pantai. Pulau tersebut terlihat indah dimana bebatuan yang mendominasi pulau terlindungi oleh hijaunya tanaman.

3. Bermain air

Jernihnya air laut dengan ombaknya yang cukup tenang, pastinya sangat menyegarkan jika Anda mencoba bermain air atau berenang di pantai ini. Pasir putihnya seperti merica sama dengan salah satu jenis pasir di Pantai Tanjung Aan.

pantai-batu-payung-lombok

Duduk santai di atas batu karang sembari merasakan belaian ombak pantai akan memberikan kesejukan bagi Anda.

4. Berpetualang ke pulau kecil

Walaupun tidak ada jembatan yang menghubungkan antara Pantai Batu Payung dan pulau kecil dihadapannya, namun pihak pengelola pantai ini telah menyediakan perahu kecil bagi wisatawan yang berminat untuk berpetualang ke pulau tersebut.

pantai-batu-payung

Transportasi Menuju Ke Pantai Batu Payung Lombok

perjalanan-ke-pantai-batu-payungObyek wisata Lombok ini berada di Kec. Pujut, Kab. Lombok Tengah.

Sebelum menuju ke pantai ini, umumnya wisatawan harus berkunjung ke Pantai Tanjung Aan terlebih dahulu yang berjarak sekitar 4 km dari Pantai Kuta Lombok atau sekitar 62 km jika Anda berangkat dari Kota Mataram.

Jalur yang akan Anda lewati mulai dari Kota Mataram adalah Mataram – Kediri – Kota Praya – Bandar Udara Internasional Lombok – Kota Sengkol – Desa Sade – Pantai Kuta Lombok – Tanjung Aan hingga akhirnya tiba di Pantai Batu Payung.

Sedangkan jalur yang kedua terdapat perbedaan rute dari Kota Mataram hingga ke Bandara Lombok, jalur tersebut yaitu Mataram – Gerung – Bandar Udara Internasional Lombok – Kota Sengkol – Desa Sade – Pantai Kuta Lombok – Tanjung Aan dan Pantai Batu Payung.

Di Pantai Tanjung Aan telah tersedia beberapa perahu yang siap untuk mengantarkan Anda ke Pantai Batu Payung. Harga sewa perahu tersebut adalah kurang lebih Rp 200.000 (pp). Perjalanan dengan menggunakan perahu ini sungguh sangat menyenangkan.

Anda akan dibawa menuju ke tengah laut sehingga dapat menikmati keindahan alam Pulau Lombok dari tempat tersebut. Perahu tersebut bisa mengangkut hingga 10 orang. Lamanya perjalanan dengan menggunakan perahu adalah sekitar 15 menit.

Selain menggunakan perahu, wisatawan juga bisa melewati jalan darat yaitu melalui Pantai Dusun Padau. Lokasi ini berada kurang lebih 1 km di sebelah timur dari Pantai Tanjung Aan.

Jalan untuk menuju ke Pantai Dusun Padau cukup baik, namun di akhir perjalanan Anda akan melalui jalan tanah yang telah mengeras. Areal parkir kendaraan telah disiapkan oleh penduduk dusun. Anda bisa parkir di tempat tersebut dengan tarif parkir sukarela.

Dari dusun ini, Pantai Batu Payung dapat dicapai dalam waktu sekitar 25 menit dengan cara berjalan kaki menyusuri tepi pantai menuju ke arah barat. Cukup melelahkan namun lebih menghemat biaya.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat Pantai Batu Payung, Anda bisa mencari penginapan tersebut di kawasan wisata Pantai Kuta Lombok.

Di sana telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar kelas. Penginapan favorit di kawasan tersebut adalah Novotel Coralia Lombok, Kuta Indah Lombok, dan Bungalows Cockatoo.

Saran

  1. Supaya wisatawan merasa lebih nyaman selama berada di lokasi pantai, sebaiknya memakai topi, kacamata hitam, dan krim tabir surya. Jika Anda berkunjung pada saat musim hujan, tidak ada salahnya untuk membawa payung.
  2. Harga sewa perahu memang cukup mahal, namun jika Anda menyewa perahu tersebut bersama dengan wisatawan yang lain, tentunya harga sewa perahu hanya Rp 20.000/orang.
  3. Anda diizinkan untuk membawa makanan atau minuman ringan, namun sediakan kantong besar sebagai tempat sampah sehingga wisata pantai ini tetap terjaga kebersihannya.
  4. Setelah berlibur di Pantai Batu Payung, di kawasan Kabupaten Lombok Timur terdapat sebuah pantai unik dimana pasirnya berwarna pink. Pantai ini termasuk dalam 1 dari 2 pantai di Indonesia sebagai pantai berpasir pink.

Pantai yang indah serta unik ini dikenal dengan nama Pantai Pink, walaupun nama sebenarnya adalah Pantai Tangsi.

 

Please Share :

Related Post


Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil
Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil

Di bagian barat laut Pulau Lombok terdapat 3 rangkaian gili…

Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang
Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang

Berlibur ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan karena Anda akan…

Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung
Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Setiap pantai pastinya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai pembeda dengan…

Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok
Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok

Keindahan dari Pantai Surga Lombok mulai dikenal oleh para wisatawan.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *