Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan

Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan


Menikmati Panorama Pantai Gapang – Indah dan Menawan

Pantai Gapang, belum banyak wisatawan yang mengetahui keindahan dari pantai ini. Popularitasnya masih kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai lain di negara Indonesia. Padahal Pantai Gapang mampu untuk memberikan pesona alam yang sangat indah dan masih alami.

Selain itu, salah satu kelebihan dari pantai ini adalah pesona alam bawah lautnya yang sangat indah dan begitu menarik untuk dijelajahi. Tidak salah jika Pantai Gapang dikategorikan sebagai salah satu obyek wisata bahari yang menakjubkan di pulau Weh.

Pesona pasir putih di pinggir pantai, dibasuh dengan biru kehijauan airnya, diiringi suara ombak yang menyapu pantai merupakan sebuah daya tarik tersendiri bagi Pantai Gapang. Jernihnya air laut di pantai ini membuat aktivitas snorkeling, diving, jet ski, dan power boat menjadi lebih menyenangkan.

Jika wisatawan memiliki hobi memancing ikan, tempat wisata ini telah menyediakan fasilitas untuk memancing ikan di laut dalam.

pantai gapang

Pemberian nama “Gapang” pada pantai ini, tidak terlepas dari keberadaan pohon-pohon besar yang tumbuh subur di sekitar pantai. Pohon-pohon besar tersebut dikenal dengan nama Gapang. Oleh karena itu, penduduk setempat menyebut pantai ini dengan nama Pantai Gapang.

Efek langsung dari keberadaan pohon Gapang adalah memberikan suatu panorama hijau yang indah dan menciptakan suasana pantai yang teduh. Tampak terlihat beberapa wisatawan yang menghabiskan waktunya dengan cara bersantai di bawah pohon Gapang.

Dari tempat ini, mereka begitu menikmati panorama Pantai Gapang sembari merasakan hembusan angin pantai yang sejuk. Tentunya hal ini akan memberikan sebuah suasana relaksasi yang tenang, damai, dan nyaman.

Indahnya pasir putih di Pantai Gapang dapat merangsang para wisatawan untuk segera menyentuhnya. Berjalan tanpa alas kaki menelusuri tepi pantai atau berbaring di atas hangatnya pasir pantai adalah salah satu kegiatan yang disukai oleh setiap wisatawan. Hangatnya sinar mentari dan hembusan ramah angin pantai benar-benar memanjakan para wisatawan selama beraktivitas di pantai ini.

Karang hitam yang menghiasi pinggir pantai, tampak berdiri kokoh menghadapi sapuan ombak sehingga dapat menciptakan buih-buih air yang membuat suasana di Pantai Gapang menjadi semakin menyegarkan.

Tidak jauh dari pusat pantai, sekitar 30 meter ke arah timur, akan terlihat sebuah pesona pasir putih yang terbentang berbentuk lengkungan hingga ke kaki bukit. Pesona cantik ini semakin terlihat menawan karena lingkungan di Pantai Gapang yang masih bersih dan alami.

Menikmati panorama Pantai Gapang tidak hanya bisa dilakukan di tepi pantai. Di dalam air lautnya yang jernih, tersimpan sebuah kerajaan laut yang sangat indah dan menawan.

Bagi para wisatawan yang menyukai olahraga air seperti diving dan snorkeling, menjelajahi kehidupan bawah laut di pantai ini adalah sesuatu hal yang sangat sayang untuk tidak dilakukan. Aneka ikan hias dan terumbu karang yang cantik, akan menemani wisatawan selama menyelam di perairan Pantai Gapang.

panorama pantai gapang

Di sekitar Pantai Gapang, telah tersedia beberapa tempat yang menyewakan peralatan untuk menyelam. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu bersusah payah untuk membawa peralatan selam ke tempat wisata ini. Kegiatan ini akan semakin menyenangkan jika ditemani oleh seorang instruktur selam yang berpengalaman. Instruktur tersebut akan memperkenalkan kepada wisatawan beberapa tempat yang menarik untuk dijelajahi.

Di malam hari, suasana di Pantai Gapang terasa lebih sunyi. Di kejauhan terlihat gemerlap cahaya lampu di kota Sabang yang terpisahkan oleh lautan. Bagi wisatawan yang bermalam di pantai ini, wisatawan akan menikmati sebuah nuansa alam pantai yang lebih tenang, dingin, dan nyaman.

Transportasi Yang Digunakan Untuk Menikmati Panorama Pantai Gapang

Pantai Gapang berlokasi sekitar 17 km dari kota Sabang. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan transportasi umum. Akan tetapi, akan lebih menyenangkan jika wisatawan menyewa mobil atau motor. Telah disediakan beberapa tempat yang menawarkan jasa rental mobil atau motor di pulau Weh.

Umumnya tempat tersebut dapat dijumpai di penginapan-penginapan atau di Pelabuhan Balohan. Untuk menghemat biaya, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.

Jika wisatawan berangkat dari kota Sabang, waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke Pantai Gapang adalah sekitar 45 menit. Perjalanan ini akan terasa cepat, karena selama di perjalanan wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam di pulau Weh.

Penginapan Di Pantai Gapang

Wisatawan tidak perlu merasa khawatir mengenai penginapan di Pantai Gapang. Pihak pengelola tempat wisata ini, telah menyediakan beberapa penginapan yang layak bagi para wisatawan. Wisatawan bisa menginap di bungalow atau resort dengan harga yang terjangkau.

Jika wisatawan memilih untuk beristirahat di bungalow, tarif inap di tempat ini sekitar 100 ribu rupiah/malam, sedangkan tarif inap di sebuah resort lebih mahal, yaitu sekitar 250 ribu rupiah/malam.

Souvenir Pantai Gapang

Souvenir dari bahan baku kayu dan batok kelapa, layak sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke tempat wisata ini. Selain itu, terdapat beberapa T-Shirt dengan motif yang unik khas kota Sabang dan aneka kerajinan dari bahan baku kerang.

Kuliner Andalan Pantai Gapang

Menu seafood adalah andalan kuliner di Pantai Gapang. Begitu nikmat menyantap seafood yang telah disajikan oleh sebuah restoran di sekitar pantai, sembari menikmati panorama alam Pantai Gapang yang menawan. Harga makanan di tempat wisata ini relatif murah.

Saran

  1. Panasnya cuaca di pantai dapat membuat kulit seperti terbakar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  2. Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat wisatawan menjadi lebih nyaman selama berada di tepi pantai.
  3. Sebelum berpergian dengan menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan harus memastikan jumlah bahan bakar dari kendaraan tersebut. Di kota Sabang, jumlah SPBU yang menjual bahan bakar secara resmi tidak begitu banyak. Jika dalam keadaan darurat, biasanya terdapat beberapa tempat di pinggir jalan yang menjual bahan bakar untuk kendaraan.

Suasana pantai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, indah, tenang dan nyaman merupakan beberapa keunggulan dari Pantai Gapang. Hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dari luar negeri ataupun dari dalam negeri untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

Panorama taman bawah lautnya yang indah dan masih alami, membuat aktivitas diving dan snorkeling di Pantai Gapang menjadi sangat menyenangkan.

Selagi berada di Pulau Weh, sempatkanlah untuk berkunjung ke Pantai Iboih. Pantainya begitu indah dan airnya jernih berwarna biru muda kehijauan.

Please Share :

Related Post


Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh
Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh

Aceh kota serambi Mekkah, kalimat ini telah sering kita dengar.…

Aneka Kuliner Khas Palembang – Begitu Menggoda dan Lezat
Aneka Kuliner Khas Palembang – Begitu Menggoda dan Lezat

Berlibur ke Kota Palembang tidak lengkap jika tidak mencoba aneka…

Rekreasi Air Bersama Keluarga di OPI Water Fun Palembang
Rekreasi Air Bersama Keluarga di OPI Water Fun Palembang

Obyek wisata air OPI Water Fun Palembang telah berusia lebih…

Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya
Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dengan karakteristik tersendiri…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *