Home  /  Wisata Lombok  / Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah

Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah


Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlibur di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, tidak akan terpisahkan dengan keindahan alam pantainya yang masih alami dan berpasir putih. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Gerupuk.

Keindahan di tepi Pantai Gerupuk tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai-pantai pasir putih lainnya di selatan Pulau Lombok. Hamparan pasir putihnya yang lembut dibelai oleh ombaknya yang relatif tenang membuat nuansa bersantai di tempat ini terasa lebih hening dan nyaman.

Kegiatan lainnya yang menyenangkan di tepi Pantai Gerupuk adalah berenang dan bermain pasir. Bukit tinggi di tepi pantai begitu memicu adrenalin untuk segera ditaklukkan.

pesona-pantai-gerupuk-dan-teluk-gerupukAnda sebaiknya menggunakan sepeda motor untuk mendaki bukit tersebut agar tidak menghabiskan banyak tenaga.

Pesona Pantai Gerupuk akan terlihat semakin menawan jika dipandang dari atas bukit. Pantai ini merupakan pantai terujung di kawasan Mandalika.

Ketenangan dari obyek wisata ini hanya dapat Anda rasakan di tepi pantai. Jika Anda mencoba untuk berlayar dengan menggunakan kapal ke sebuah kawasan teluk, di sana telah menanti gulungan ombak yang begitu menantang.

Teluk ini dikenal dengan nama Teluk Gerupuk. Anda tidak perlu bersusah payah mencari kapal tersebut, karena di Pantai Gerupuk terdapat dermaga yang telah terbiasa melayani para wisatawan yang ingin berselancar ataupun memancing ikan. Tarif kapal tersebut sekitar Rp 300.000.

Jika ingin dipakai untuk memancing ikan, harga sewa kapal kurang lebih Rp 400.000/hari namun di luar biaya bahan bakar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perahu tradisional nelayan dengan harga yang lebih murah. Perahu nelayan ini hanya bisa mengangkut hingga 5 orang.

teluk-gerupuk

Pesona Teluk Gerupuk telah dikenal oleh para wisatawan sebagai salah satu lokasi surfing yang menyenangkan. Di kawasan ini terdapat beberapa titik surfing, mulai dari tingkat pemula sampai dengan area surfing dengan level yang lebih tinggi.

Umumnya, Teluk Gerupuk lebih sering dikunjungi oleh wisatawan dari luar negeri.

Oleh karena itu, lima titik surfing di Teluk Gerupuk memiliki 2 buah nama yaitu nama daerah dan nama asing yang disematkan oleh mereka para peselancar Internasional. Kelima nama tersebut adalah Terasaq (Outside Left), Batu Lawang (Kids Point), Giligoleng (Outside), Batu Teong (Dondon) dan Prigi (Inside).

penginapan-di-tepi-pantai-gerupukPenduduk di tepi Pantai Gerupuk selain berprofesi sebagai nelayan, mereka juga berprofesi sebagai pembudidaya rumput laut.

Wisatawan dapat melihat bagaimana cara mereka dalam membudidayakan tanaman tersebut.

Walaupun terkadang mereka tidak begitu piawai dalam berbahasa Indonesia, namun mereka tetap bersemangat untuk mencoba menjelaskan kepada Anda cara untuk membudidayakan rumput laut.

Selain itu, ada sebagian dari mereka yang menjadi peternak ikan. Ikan tersebut akan dipelihara di dalam keramba atau “bagang apung”. Jika ada wisatawan yang menyewa perahu mereka untuk pergi memancing ikan atau menuju ke Teluk Gerupuk, maka mereka akan mendapatkan penghasilan tambahan.

Transportasi Menuju Ke Pantai Gerupuk dan Teluk Gerupuk

Sebelum menuju ke Teluk Gerupuk, wisatawan harus singgah terlebih dahulu di Pantai Gerupuk.

Lokasi pantai berada di sebelah timur dari Pantai Kuta Lombok dengan jarak sekitar 8 km, dan berjarak sekitar 4 km dari Tanjung Aan. Setelah tiba di pantai ini, terdapat dermaga yang siap untuk mengantarkan Anda menuju ke Teluk Gerupuk.

Moda transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menuju ke Pantai Gerupuk adalah mobil dan motor. Anda bisa menyewa mobil dari kota Mataram atau naik ojek dari Pantai Kuta Lombok.

Jika ingin mencoba kenyamanan angkutan umum di Pulau Lombok, dari kota Mataram terdapat angkutan umum jurusan Mataram-Bertais-Praya hingga sampai di Sengkol. Dari Sengkol, Anda berpindah angkutan dengan jurusan Sengkol-Kuta.

Kemudian, perjalanan ini akan dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek dari Kuta sampai ke Pantai Gerupuk.

Fasilitas Pantai Gerupuk

Walaupun Pantai Gerupuk lebih sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin berselancar di Teluk Gerupuk, namun di lokasi wisata ini telah tersedia beberapa fasilitas umum yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Lahan untuk parkir kendaraan.
  2. Penginapan mulai dari kelas homestay hingga hotel.
  3. Warung atau kedai yang menyajikan makanan dan minuman sederhana.
  4. Terdapat boat yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke Teluk Gerupuk dan juga bisa dipakai sebagai sarana untuk memancing ikan.
  5. Tempat ibadah (Musholla).
  6. Kamar mandi atau toilet.

Penginapan

Apabila wisatawan tidak ingin menginap di kawasan wisata Pantai Gerupuk, Anda bisa mencari penginapan di wilayah Pantai Kuta Lombok, kota Praya atau di kota Mataram.

Beberapa penginapan tersebut antara lain :

  1. Kuta Indah Hotel
  2. Aerotel Mandalika Praya Lombok
  3. Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel
  4. Giri Hotel Mataram
  5. Mataram Square Hotel
  6. Hotel Santika Mataram
  7. Lombok Plaza Hotel and Convention

Saran

  1. Selama berada di wilayah pantai, jangan lupa untuk menggunakan sunblock.
  2. Bagi wisatawan yang ingin mendaki bukit kecil di tepi Pantai Gerupuk dengan menggunakan kendaraan bermotor, bukit tersebut cukup terjal dan berdebu sehingga Anda harus berhati-hati.
  3. Setelah berkunjung ke Pantai dan Teluk Gerupuk, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju ke Pantai Seger.

Pantai indah ini berada kurang lebih 2 km dari Pantai Kuta Lombok. Panorama alamnya masih alami dan menawan. Kegiatan yang menyenangkan di Pantai Seger antara lain bersantai, berenang, snorkeling, dan berselancar.

Please Share :

Related Post


Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M
Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke…

Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional
Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional

Liburan ke Pulau Lombok mungkin tidak akan cukup hanya dalam…

Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok
Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang indah dan telah berumur…

Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok
Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok

Pantai Kuta? Sebagian orang akan langsung teringat dengan keindahan Pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *