Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Jernihnya Air Laut Pantai Iboih – Sungguh Menakjubkan

Jernihnya Air Laut Pantai Iboih – Sungguh Menakjubkan


Jernihnya Air Laut Pantai Iboih – Sungguh Menakjubkan

Provinsi Aceh ternyata menyimpan beberapa tempat wisata yang sangat cantik dan masih alami. Walaupun beberapa tahun yang lalu Aceh dikenal sebagai daerah yang suka konflik, tapi sekarang Aceh adalah wilayah yang aman dan damai. Salah satu obyek wisata tersebut adalah Pantai Iboih. Pantai ini berlokasi di pulau Weh, kota Sabang, Provinsi Aceh.

Kecantikan Pantai Iboih tidak kalah jika dibandingkan dengan aneka pantai di pulau Bali. Tempat wisata ini telah mengundang banyak wisatawan baik dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung dan menikmati keindahan panorama alamnya. Fasilitas penunjang yang bagus seperti penginapan, restoran dan juga transportasi membuat pantai ini semakin sering dikunjungi. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran serta pemerintah kota Sabang.

Ketika sampai di Pantai Iboih, panorama yang muncul adalah bentangan luas kaca yang berwarna hijau kebiruan. Sungguh menakjubkan, siapa sangka bentangan kaca tersebut adalah refleksi dari jernihnya air laut Pantai Iboih. Hamparan batu karang dan hijaunya pepohonan di sekitar pantai, menambah indahnya pemandangan pada obyek wisata ini.

pantai iboih

Pantai yang juga terkenal dengan panorama alam bawah lautnya yang menawan, memiliki ombak yang cukup tenang. Oleh karena itu, wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini sangat menyukai aktivitas berenang di pinggir pantai bersama dengan teman atau keluarga.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan olahraga air seperti diving dan snorkeling, keindahan taman laut di Pantai Iboih sangat menarik untuk dijelajahi. Wisatawan tidak perlu bersusah payah untuk membawa peralatan diving dan snorkeling, karena di pantai ini telah tersedia beberapa tempat yang menyewakan peralatan untuk aktivitas tersebut.

Di bawah perairan Pantai Iboih, wisatawan bisa menyaksikan aneka ikan hias dan terumbu karang yang cantik. Selain itu, para penyelam juga bisa menjelajahi formasi gunung berapi yang berada di bawah permukaan air laut. Konon gunung api inilah yang memisahkan pulau Weh dengan pulau Sumatera.

Bagi anda yang tidak menyukai olahraga diving dan snorkeling, telah tersedia fasilitas untuk menyewa perahu yang akan membawa wisatawan mengelilingi perairan Pantai Iboih. Selain itu, terlihat beberapa wisatawan lainnya yang memilih untuk bersantai di bawah rindangnya pohon sembari menikmati pesona alam pantai yang menawan.

jernihnya air laut pantai iboih

Suasana malam di Pantai Iboih juga tidak kalah menariknya. Keheningan yang jauh dari hiruk pikuk kota, disertai dengan lembutnya hembusan angin pantai, dapat menciptakan nuansa alam yang tenang dan damai. Bermalam di pantai ini akan memberikan sebuah relaksasi alam yang dapat menghilangkan rasa penat akibat dari rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Transportasi Menuju Pantai Iboih

Pantai Iboih berlokasi di Kecamatan Sukakarya, Kelurahan Iboih, Kota Sabang. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, wisatawan bisa menyewa mobil atau motor. Selain itu, anda juga bisa menggunakan transportasi umum.

Jika wisatawan berangkat dari kota Sabang, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menuju ke Pantai Iboih. Di sepanjang perjalanan, akan terlihat keindahan panorama alam Pulau Weh yang terasa sejuk di mata.

Penginapan Di Sekitar Pantai Iboih

Penginapan di sekitar Pantai Iboih tidak seperti hotel berbintang. Penginapan di sini terlihat sederhana, alami, nyaman dan juga bersih. Fasilitas kamar mandi berada di luar dari kamar tidur. Awalnya, penginapan ini adalah rumah penduduk. Lalu mereka mengelola tempat tersebut agar layak untuk dijadikan sebagai sebuah penginapan. Harga penginapan di tempat wisata ini relatif murah, sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Souvenir

Bagi wisatawan yang ingin berbelanja aneka souvenir khas pulau Weh, telah tersedia beberapa tempat di Pantai Iboih yang menjual produk-produk tersebut. Souvenir khas di pulau ini antara lain : T-Shirt dan aneka kerajinan dari batok kelapa, kayu dan kerang.

Menyantap Makanan Laut Sembari Memandang Jernihnya Air Laut Pantai Iboih

Jika dibandingkan dengan pantai Gapang, jenis makanan di Pantai Iboih tidak begitu banyak variasinya. Namun, di pantai ini telah tersedia beberapa restoran yang biasanya menjadi satu dengan penginapan. Restoran tersebut mampu untuk menyajikan aneka makanan laut (seafood) yang lezat.

Menyantap makanan laut sembari memandang jernihnya air laut Pantai Iboih akan memberikan kesan yang berbeda bagi para wisatawan. Tenangnya ombak menciptakan suasana sunyi yang romantis.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang khawatir kulitnya terbakar akibat dari sinar matahari, maka disarankan menggunakan sunblock.
  2. Persiapkan pakaian renang bagi wisatawan yang ingin berenang di Pantai Iboih yang dangkal dan berombak tenang.
  3. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  4. Agar tidak terlalu merasa kepanasan pada saat berada di pantai, pakailah topi atau membawa payung.
  5. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan pantai ini sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata.
  6. Akan lebih baik jika membawa kotak P3K, sehingga apabila kaki tergores oleh batu karang bisa langsung diobati.
  7. Di kota Sabang tidak banyak terdapat SPBU, jadi bagi wisatawan yang menyewa mobil atau motor, pastikan jumlah bahan bakar kendaraan cukup. Jika dalam keadaan darurat, biasanya tersedia tempat yang menjual bahan bakar atau minyak di pinggir jalan.

Baca : Danau Aneuk Laot

Jernihnya air laut Pantai Iboih, ombaknya yang tenang, dan dangkal perairannya membuat setiap wisatawan yang berkunjung memanfaatkannya untuk berenang di tepi pantai. Keceriaan dan kegembiraan ini sungguh sangat didambakan oleh mereka.

Setelah lelah berenang, duduk santai di sebuah restoran sembari menikmati kelezatan seafood dan hangatnya kopi Aceh, akan membuat suasana hati menjadi semakin bahagia.

Please Share :

Related Post


Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang
Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa…

Amanzi Waterpark Palembang – Bermain Air Bersama Keluarga
Amanzi Waterpark Palembang – Bermain Air Bersama Keluarga

Amanzi Waterpark – salah satu wahana air di Kota Palembang…

Indahnya Pantai Anoi Itam
Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam…

Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane
Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *