Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / 8 Pantai Indah Di Aceh – Wisata Pantai dan Bahari di Prov. Aceh

8 Pantai Indah Di Aceh – Wisata Pantai dan Bahari di Prov. Aceh


8 Pantai Indah Di Aceh – Wisata Pantai dan Bahari di Prov. Aceh

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dan menawan. Bagi anda yang sedang atau akan liburan ke Aceh, sediakanlah waktu untuk mengunjungi 8 pantai indah di Aceh tersebut.

Berikut 8 pantai indah di Aceh :

pantai anoi itam1. Pantai Anoi Itam

Pantai Anoi Itam adalah pantai yang memiliki pasir yang berwarna hitam. Pantai yang eksotis ini berada di pulau Weh.

Di dekat pantai Anoi Itam terdapat sebuah benteng peninggalan Jepang.

Selain menikmati suasana bermain di pinggir pantai, wisatawan juga bisa mengunjungi benteng peninggalan Jepang tersebut.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai Anoi Itam, jika berangkat dari kota Banda Aceh, maka harus melakukan perjalanan laut. Dari pelabuhan Ulee Lheue kota Banda Aceh wisatawan bisa menggunakan kapal ferry yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke pelabuhan Balohan (pulau Weh).

Perjalanan laut tersebut membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Selain kapal ferry, juga bisa menggunakan speed boat. Dengan menggunakan speed boat perjalanan ini akan lebih cepat. Dalam waktu sekitar 45 menit, wisatawan telah sampai di pulau Weh.

Lokasi pantai Anoi Itam berada di desa Anoi Itam. Jika wisatawan berangkat dari kota Sabang (kota terbesar di pulau Weh) atau berangkat dari pelabuhan Balohan, harus menempuh jarak sekitar 13 km. Dengan menyewa mobil atau motor, perjalanan untuk menuju ke pantai ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 25 menit.

pantai sumur tiga2. Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga berlokasi di kecamatan Ie Meulee, Sukajaya, kota Sabang, pulau Weh.

Pantai berpasir putih ini sangat tepat untuk dikunjungi bagi wisatawan yang menyukai aktivitas snorkeling, diving dan memancing.

Selain itu, bermain air atau bersantai di tepi pantai yang indah ini, merupakan sebuah kegiatan yang tidak kalah menyenangkan.

Untuk menuju ke pantai Sumur Tiga, wisatawan bisa menyewa mobil atau motor. Jika berangkat dari kota Sabang, hanya dalam waktu sekitar 15 menit, wisatawan telah sampai di pantai yang memiliki pesona sunrise yang menawan.

pantai gapang3. Pantai Gapang

Selama wisatawan berlibur di pulau Weh, wisatawan harus menyediakan waktu untuk berkunjung ke pantai Gapang.

Pantai yang indah ini menyimpan pesona alam bawah laut yang menawan.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai Gapang selain bersantai di tepi pantai adalah berenang, snorkeling, diving, power boat, dan jet ski.

Jika berangkat dari kota Sabang, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menuju ke pantai ini. Wisatawan bisa menggunakan transportasi umum atau menyewa kendaraan. Bagi wisatawan yang ingin menyewa kendaraan, telah tersedia jasa rental kendaraan di pelabuhan Balohan atau di penginapan-penginapan kota Sabang.

jernihnya air laut pantai iboih4. Pantai Iboih

Pantai Iboih menawarkan pesona alam pantai yang cantik, air lautnya tenang dan berwarna biru kehijauan.

Pesona keindahan kerajaan laut di perairan pantai Iboih telah terkenal hingga ke mancanegara.

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan snorkeling dan diving, pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk aktivitas tersebut.

Untuk menuju ke pantai Iboih, wisatawan bisa menyewa kendaraan atau menggunakan transportasi umum. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju ke pantai yang menawan ini adalah sekitar 45 menit dari kota Sabang.

indahnya pulau rubiah5. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah adalah salah satu pulau kecil yang masih termasuk di dalam wilayah kota Sabang. Jarak pulau ini dari kota Sabang sekitar 23,5 km.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau Rubiah, wisatawan bisa menyewa perahu dari pantai Iboih.

Harga sewa perahu bervariasi tergantung dari jenis dan ukurannya. Di tempat ini tersedia perahu yang dilengkapi dengan kotak kaca pada bagian bawah perahu (glass bottom boat). Tentunya harga sewa perahu kaca tersebut lebih mahal yaitu sekitar Rp 350.000/jam.

Selama berekreasi di pulau Rubiah, biasanya kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan adalah bersantai di tepi pantai, berenang atau bermain air, diving, dan snorkeling.

pesona pulau bangkaru6. Pulau Bangkaru

Pulau Bangkaru berada di wilayah kabupaten Aceh Singkil.

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga air seperti surfing, snorkeling dan diving, olahraga tersebut dapat dilakukan di pantai Amandangan, pulau Bangkaru.

Akan tetapi, sebuah pesona yang unik dari pulau ini adalah wisatawan bisa melihat 3 s.d. 5 ekor penyu yang bertelur di pantai Amandangan pada saat malam hari. Sebuah fenomena yang langka dan menyenangkan.

Jika ingin berkunjung ke pulau Bangkaru, wisatawan bisa menggunakan kapal ferry atau kapal tradisional yang berangkat dari pelabuhan desa Pulo Saruk. Moda transportasi laut tersebut akan mengantarkan wisatawan menuju ke pulau Balai.

Di pulau Balai, wisatawan harus mengeluarkan sejumlah uang kepada Yayasan Pulau Banyak agar mendapatkan izin untuk berlibur di pulau Bangkaru. Besarnya biaya tersebut tidak terlalu mahal, sesuai dengan paket wisata yang diberikan yaitu menginap 3 hari 2 malam, transportasi antar jemput, dan makan 3 kali sehari.

Pulau Bangkaru termasuk di dalam obyek wisata pantai indah di Aceh yang sayang jika tidak dikunjungi.

pantai lampuuk7. Pantai Lampuuk

Pantai lampuuk (lam-pu-uk) adalah sebuah pantai berpasir putih, airnya jernih, dan dikelilingi dengan rindangnya pohon pinus di sekitar pantai.

Aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang, berselancar, snorkeling, diving, dan bermain banana boat.

Pantai Lampuuk berada di kecamatan Lhoknga, kab. Aceh Besar.

Jika wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh, hanya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menempuh jarak kurang lebih 15 km.

pantai kuala merisi8. Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi berlokasi di kec. Jaya, kab. Aceh Jaya.

Jika berangkat dari kota Banda Aceh, wisatawan akan menempuh jarak sekitar 75 km, dalam waktu kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Kuala Merisi merupakan sebuah pantai yang indah dan masih alami. Pantai ini terkesan private karena belum banyak wisatawan yang mengunjunginya. Bersantai di tepi pantai yang tidak begitu ramai, tentunya akan memberikan sebuah suasana yang nyaman dan damai.

==>> Ingin tahu obyek wisata lainnya di Aceh, simak lebih lanjut di sini.

Itulah 8 pantai indah di Aceh yang wajib untuk dikunjungi. Sebenarnya masih ada beberapa pantai indah di Aceh yang masih tersembunyi.

Please Share :

Related Post


4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari
Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya merupakan taman hiburan baru yang…

Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga
Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga

Taman Kambang Iwak Palembang merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…

Indahnya Pantai Anoi Itam
Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *