Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya


Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dengan karakteristik tersendiri dan menawan. Salah satu dari obyek wisata tersebut adalah sebuah pantai di Kabupaten Aceh Jaya yang dikenal dengan nama Pantai Kuala Merisi.

Pantai Kuala Merisi merupakan sebuah pantai yang cantik, alami, dan belum begitu banyak pengunjungnya. Ketika wisatawan berada di sana bersama keluarga atau teman, maka Anda seakan-akan merasa bahwa pantai tersebut adalah pantai pribadi.

Pantai Kuala Merisi memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang bersih. Namun, ombak di pantai ini tidak begitu besar. Salah satu kegiatan yang menarik di tempat wisata ini adalah wisatawan bisa mencoba untuk menjelajahi panjangnya pantai  dengan cara berjalan kaki menelusuri tepi pantai.

Belaian ringan ombak pantai terasa dingin di kaki, lembutnya pasir putih disertai dengan hembusan ramah angin pantai akan membuat penjelajahan di tepi pantai menjadi sangat menyenangkan. Tanpa disadari wisatawan telah melakukan refleksi alam yang menyehatkan. Dengan refleksi ini diharapkan dapat memperlancar sistem peredaran darah dan juga bisa menghilangkan stres akibat dari beban pekerjaan.

pesona pantai kuala merisi

Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai di tepi pantai. Menggelar handuk sebagai alas tidur di atas kilauan pasir putih, sembari menikmati sejuknya angin pantai dan menatap birunya langit yang cerah. Pantai yang belum begitu ramai dikunjungi ini, akan menciptakan suasana yang tenang, nyaman, dan damai.

Ombak di Pantai Kuala Merisi tidak cocok untuk kegiatan surfing. Oleh karena itu, pantai ini merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di pantai dengan cara berenang bersama keluarga ataupun teman.

Beberapa fasilitas pendukung telah dibangun di tempat wisata ini. Wisatawan tidak perlu khawatir, karena telah tersedia fasilitas kamar mandi yang bisa digunakan untuk berbilas setelah berenang di tepi pantai. Sungguh sangat menyenangkan liburan di Pantai Kuala Merisi yang masih alami dan terkesan private.

Pesona lain yang akan dijumpai oleh para wisatawan di lokasi wisata ini adalah Anda jangan kaget jika bertemu dengan penduduk setempat yang berkulit putih, berambut pirang, dan bermata biru.

Mereka adalah keturunan dari prajurit Portugis yang pernah terdampar di pantai Kerajaan Daya pada abad ke-16. Kemudian para prajurit tersebut ditawan oleh raja setempat. Setelah beberapa waktu, prajurit- prajurit Portugis ini belajar agama Islam dan menikah dengan penduduk setempat.

pantai kuala merisi

Transportasi Menuju Ke Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi berlokasi di Kecamatan Kr. Sabee (Lamno), Kabupaten Aceh Jaya. Kabupaten Aceh Jaya merupakan wilayah pesisir yang berlokasi di wilayah pantai barat Indonesia dengan panjang garis pantai sekitar 160 km.

Untuk menuju ke sana wisatawan bisa menggunakan transportasi umum (bus) atau menyewa mobil. Lama perjalanan dari kota Banda Aceh menuju ke Calang (ibukota Kabupaten Aceh Jaya) adalah sekitar 3 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 149 km.

Akan tetapi, lokasi Pantai Kuala Merisi lebih dekat dibandingkan dengan kota Calang jika wisatawan berangkat dari kota Banda Aceh. Areal pantai yang terletak di Kecamatan Kr. Sabee ini, hanya berjarak sekitar 75 km dari kota Banda Aceh. Perjalanan tersebut dapat ditempuh sekitar 2 jam melalui perjalanan darat.

Penginapan

Untuk penginapan, wisatawan bisa mencari tempat tersebut di kota Banda Aceh. Di sana telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar harga.

Beberapa penginapan tersebut, diantaranya :

Hotel Bintang 1

  1. Hotel Rumoh PMI

Jl. Nyak Adam Kamil II, No 1 Kampong Ateuk, 23243 Banda Aceh

  1. Hotel Siwah

Jl. Twk. Muhammad Daudsyah No.18-20, 23122 Banda Aceh

  1. Hotel Diana

Jl. Tengku Hamzah Bendahara No 80, 23242 Banda Aceh

Hotel Bintang 2

  1. Hotel Sulthan International

Jl. Sulthan Hotel No.1 , 23122 Banda Aceh

  1. Permatahati Hotel and Convention Center

Jl. Rel Kereta Api no. 2, Meunasah Manyang, 23371 Banda Aceh

  1. Hotel 61 Banda Aceh

Jl. Tengku Panglima Polem No. 28, Banda Aceh

Hotel Bintang 3 – 4

  1. Hermes Palace Hotel

Jl. T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia

  1. The Pade Hotel

Jl. Soekarno Hatta No. 1, Desa Daroy Kameu, Kecamatan Kameu, Banda Aceh, Aceh 23352, Indonesia

Namun, jika wisatawan berkeinginan untuk menginap di kota Calang, berikut beberapa pilihan penginapan di kota Calang :

  1. Hotel Pantai Barat
    Desa Keutapang – Calang, Aceh Jaya.
  2. Hotel Khana
    Calang, Aceh Jaya.
  3. Losmen Singgahan
    Calang, Aceh Jaya.

Kuliner Di Pantai Kuala Merisi

Telah tersedia beberapa tempat yang menjual makanan dan minuman di sekitar Pantai Kuala Merisi. Wisatawan bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda dan kelezatan seafood khas Pantai Kuala Merisi.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang khawatir kulitnya terbakar akibat sinar matahari, maka disarankan menggunakan sunblock.
  2. Ombak Pantai Kuala Merisi tidak begitu besar sehingga aman untuk berenang. Bagi wisatawan yang ingin berenang, jangan lupa untuk membawa pakaian renang atau baju ganti.
  3. Penduduk Aceh mayoritas memeluk agama Islam, sebaiknya wisatawan memakai pakaian yang santai dan sederhana selama berlibur ke Provinsi Aceh.
  4. Menggunakan topi dan kacamata hitam, pastinya akan membuat wisatawan merasa lebih nyaman selama berada di lokasi pantai.
  5. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan Pantai Kuala Merisi sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata.
  6. Bagi wisatawan yang menyukai suasana tamasya air terjun, sekitar 54 km dari kota Banda Aceh terdapat obyek wisata air terjun yang menawan. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Lhoong.

Begitu menyenangkan berlibur ke Pantai Kuala Merisi. Pantai yang indah dan masih alami ini dapat menyajikan sebuah suasana pantai yang tidak begitu ramai. Pesona kecantikannya sama dengan Pantai Nusa Dua dan beberapa pantai indah lainnya di Bali.

Oleh karena itu, bagi wisatawan yang sedang berwisata ke Provinsi Aceh, jangan melewatkan kesempatan untuk bersantai di Pantai Kuala Merisi.

Please Share :

Related Post


Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Pada tahun 1022 H/1621 M, yaitu pada masa pemerintahan Sultan…

Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami
Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami

Sejak sebelum terjadinya tsunami sampai dengan saat ini, Pantai Lampuuk…

Museum Aceh
Museum Aceh

Pada tanggal 31 Juli 1915, yaitu pada zaman pemerintahan Hindia…

Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga
Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil yang berada di perairan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *