Home  /  Wisata Bali  / Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali

Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali


Pantai Kusamba – Keindahan Pesona Pantai Pasir Hitam di Bali

Pantai Kusamba merupakan sebuah pantai yang masih alami dan memiliki pasir yang berwarna hitam. Dikenal dengan nama Pantai Kusamba karena lokasinya yang berada di dalam wilayah Desa Kusamba.

Liburan ke tempat wisata ini bersama dengan keluarga sungguh sangat menyenangkan. Disamping itu, tempat wisata yang indah ini berdekatan dengan obyek wisata Pura Goa Lawah.

pantai kusambaPantai Kusamba tidak seramai Pantai Padang Padang ataupun Pantai Nusa Dua. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan, baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri.

Di sini mereka bisa menemukan sebuah pantai yang akan memberikan ketenangan dan kenyamanan. Pasir hitamnya yang eksotis terlihat begitu cantik dan semakin menawan ketika tersapu oleh biru laut ombak pantai.

Lokasi wisata ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai salah satu tempat bersantai yang menyenangkan di pulau Bali.

Selain itu, di pantai ini wisatawan dapat melihat deretan perahu nelayan yang tersusun rapi di tepi pantai. Hal ini disebabkan karena sebagian penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan.

Teknik penangkapan ikan yang mereka terapkan merupakan warisan dari nenek moyang. Masih tradisional namun ramah lingkungan, sehingga mereka ikut menjaga dan melestarikan kehidupan laut di perairan dekat Pantai Kusamba.

Tidak hanya dimanfaatkan untuk menangkap ikan di laut, perahu-perahu tersebut juga dimanfaatkan untuk mengirim beberapa kebutuhan pokok seperti beras dan buah ke Pulau Nusa Penida.

Nusa Penida adalah pulau kecil yang tandus dan berdekatan dengan Pantai Kusamba. Walaupun tandus, akan tetapi pulau ini terkenal dengan wisata baharinya yang menawarkan panorama alam kerajaan laut yang sangat indah.

pantai kusamba bali

Selain ke Nusa Penida, mereka juga mengirim beberapa barang ke Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata bahari di ketiga pulau ini, wisatawan bisa menyewa perahu tradisional nelayan untuk menuju ke sana.

Penduduk setempat juga berprofesi sebagai petani garam tradisional. Setiap pagi sebelum matahari bersinar terang, mereka pergi ke pantai untuk mengambil air laut menggunakan sebuah alat yang terbuat dari pelepah nira.

Kemudian air laut tersebut akan disiramkan di atas sebuah lahan pasir secara merata. Kegiatan ini akan berlangsung secara berulang-ulang hingga semua pasir basah oleh air laut.

Proses pembuatan garam ini sangat tergantung pada panasnya sinar matahari. Semakin terik sinar matahari akan membuat pasir dan air laut tercampur dengan lebih baik.

Lalu, campuran tersebut akan dikumpulkan di dalam sebuah tempat yang terbuat dari bambu, dan dari bilah bambu tersebut akan mengalir tetesan-tetesan air yang akan ditampung di sebuah wadah yang telah dilengkapi dengan sebuah sistem penyaringan sederhana.

pesona pantai kusamba

Tahap terakhir dari proses pembuatan garam adalah menjemur kembali air yang telah berhasil ditampung di atas lembaran-lembaran karet hitam agar dapat menghasilkan butiran-butiran kristal garam. Sebuah proses yang panjang dan semuanya dapat disaksikan di Pantai Kusamba.

Beberapa wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kusamba sangat tertarik untuk melihat secara langsung kegiatan para petani garam, terutama wisatawan luar negeri.

Para petani dengan ramah akan menjelaskan kepada wisatawan proses pembuatan garam yang telah mereka terapkan selama puluhan tahun. Sesuatu hal yang langka dimana mungkin tidak pernah mereka lihat di tempat tinggalnya.

Bagi wisatawan yang gemar menyantap ikan laut, di dekat pantai terdapat sebuah pasar ikan yang menjual aneka jenis ikan segar hasil dari tangkapan penduduk setempat. Wisatawan bisa mencoba untuk membeli beberapa ekor ikan segar dengan harga yang terjangkau. Biasanya kegiatan di pasar ini dimulai dari jam 9 pagi.

Transportasi Menuju ke Pantai Kusamba

Pantai Kusamba berada di Desa Kusamba, Dawan, kabupaten Klungkung, Bali. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 32 km dari pusat kota Denpasar atau kurang lebih 45 km dari bandara Ngurah Rai.

Wisatawan bisa menggunakan moda transportasi darat seperti mobil dan motor. Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil, di pulau Bali telah tersedia beberapa jasa rental mobil yang menawarkan harga yang kompetitif.

Tentunya harga tersebut sangat tergantung dengan jenis dan tahun pembuatan mobil, serta kondisi dari mobil tersebut. Sebagai gambaran bagi para wisatawan, harga sewa mobil dimulai dari Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa memanfaatkan sebuah paket wisata yang banyak ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan di Bali. Wisatawan harus selektif dalam memilih, agar mendapatkan paket wisata yang menarik dengan biaya yang murah. Pastikan dalam paket tersebut ada kunjungan ke Pantai Kusamba.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat Pantai Kusamba, telah tersedia beberapa penginapan pada obyek wisata ini.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Puri Pondok Dawa Villa

Pondok Dawa, Desa Pesinggahan, Klungkung, Bali.

  1. Lihat Sawah 1 Guesthouse

Banjar Tabola, Klungkung, Bali.

  1. Balinese House Package

Desa Timuhun, Klungkung, Bali.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencari penginapan di dekat obyek wisata Candidasa yang berlokasi di kabupaten Karangasem. Jarak antara Pantai Kusamba dengan Candidasa adalah sekitar 18 km.

Beberapa penginapan tersebut antara lain :

  1. Hotel Rishi Candidasa Beach

Jl. Candidasa, Karangasem, Bali.

  1. Le 48, Zen & Happy Resort

Jl. Raya Candidasa, Karangasem, Bali.

  1. Lotus Bungalows

Jl. Raya Candidasa, Manggis, Karangasem, Bali.

  1. The Bali Shangrila Beach Club

Jl. Puri Bagus, Candi Dasa, Karangasem, Bali.

  1. Bali Palms Resort

Jl. Raya Candidasa, Manggis, Karangasem, Bali.

  1. Candi Beach Resort and Spa

Pantai Mendira, Candi Dasa, Karangasem, Bali.

Fasilitas Pantai Kusamba

Pihak pengelola obyek wisata Pantai Kusamba telah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk menyambut kedatangan para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia areal yang cukup luas untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia beberapa warung makan atau restoran yang menyajikan aneka makanan dan minuman khas pantai.
  3. Bagi wisatawan yang ingin berwisata bahari, ada beberapa pihak di pantai ini yang menawarkan jasa untuk menyewa perahu nelayan.
  4. Tersedia toilet atau kamar mandi umum.

Saran

  1. Panasnya cuaca di pantai dapat menyebabkan kulit menjadi seperti terbakar. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan sunblock.
  2. Jika wisatawan ingin membeli ikan hasil tangkapan nelayan setempat, usahakan datang pada saat pasar baru dibuka, karena pada saat itu tersedia banyak pilihan aneka ikan laut yang masih segar.
  3. Pantai Kusamba berlokasi tidak jauh dari Desa Kamasan. Sebuah desa yang terkenal dengan hasil karya seninya. Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat tersebut.
Please Share :

Related Post


Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Setelah berkunjung ke Danau Beratan yang menyajikan pesona alam yang…

Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali
Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali

Lempuyang adalah sebuah kata dalam bahasa Jawa, namun dalam bahasa…

Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali
Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali

Siapa yang tak mengenal kerajinan perak asal Kotagede,Yogyakarta. Di Bali…

Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali
Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran berlokasi di kabupaten Bangli. Kondisi alamnya yang berada…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *