Home  /  Wisata Lombok  / Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok

Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok


Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok

Pantai Kuta? Sebagian orang akan langsung teringat dengan keindahan Pantai Kuta di Pulau Bali yang telah dikenal hingga ke mancanegara sejak puluhan tahun yang lalu. Akan tetapi, ternyata di Pulau Lombok juga mempunyai pantai indah berpasir putih dengan nama yang sama.

Saat ini, Pantai Kuta Lombok juga sudah tak asing lagi di kalangan wisatawan. Bahkan hotel berkelas seperti Novotel berdiri dengan megah di dekat areal Pantai Kuta dan hanya terpisah jarak sekitar 1 km.

pantai-kuta-lombokPesona keindahan Pantai Kuta Lombok dapat Anda nikmati mulai dari pagi hari hingga sore hari dengan tenang dan nyaman karena pengunjungnya belum begitu banyak.

Biasanya Pantai Kuta Lombok akan ramai dikunjungi pada saat hari libur atau peak season. Di hari kerja, tempat wisata ini tidak begitu ramai sehingga suasana pantai terkesan private.

Lingkungan pantai selalu terjaga kebersihannya. Hamparan pasir putih yang menghiasi pantai tampak berkilauan terkena cahaya matahari. Di pinggir pantai terdapat bukit hijau yang sejuk dimata. Namun, jika Anda berkunjung pada saat musim kemarau, bukit hijau tersebut sedikit berkurang keindahannya.

Ketika Anda berjalan di tepi pantai tanpa menggunakan alas kaki, pasir di pantai ini berbeda dengan pasir di Pantai Gerupuk. Butiran pasirnya lebih besar seperti merica.

Oleh karena itu, Pantai Kuta Lombok terkadang disebut dengan nama Pantai Merica. Penduduk setempat meyakini bahwa pasir berbentuk merica ini adalah sarang Nyale. Ritual berburu cacing laut (Bau Nyale), selain dirayakan di Pantai Seger, ritual tersebut juga dilakukan di pantai ini.

liburan-ke-pantai-kuta-lombok

Pesona keindahan pantai akan menampilkan sisi kecantikan yang berbeda ketika dilihat dari atas bukit. Hamparan pasir putihnya berbaur dengan air laut yang berwarna biru muda kehijauan. Semakin ke tengah warna dari air laut tersebut akan semakin tampak biru.

Beberapa kegiatan yang menyenangkan selama berada di Pantai Kuta Lombok yaitu :

1. Bersantai

Sebagian wisatawan yang berkunjung ke pantai, bertujuan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alamnya.

Di pantai ini, Anda bisa bersantai dengan tenang tanpa ada banyak orang yang lalu lalang dihadapan Anda. Panorama alamnya memadukan antara bukit hijau dan keindahan pantai pasir putih yang menawan diiringi dengan hembusan ramah angin pantai.

Nuansa alam seperti ini sangat tepat sebagai tempat untuk bersantai.

2. Bermain air

Bermain air atau berenang di kawasan perairan pantai sungguh sangat menyenangkan. Air lautnya dapat menyejukkan suasana pantai yang panas.

Pantai Kuta Lombok cukup dangkal dengan ombaknya yang relatif tenang sehingga aman untuk bermain air di pantai ini.

pesona-pantai-kuta-lombok

3. Snorkeling

Pesona keindahan pantai juga dapat disaksikan pada kehidupan bawah lautnya yang menawan. Aneka biota laut cantik di tepi perairan pantai ini dapat membuat Anda betah berlama-lama melakukan kegiatan snorkeling.

4. Berselancar

Walaupun ombak di tepi pantainya relatif tenang, namun beberapa meter dari pinggir pantai memiliki ombak yang asyik untuk berselancar. Umumnya wisatawan asing sangat menyukai berselancar di Pantai Kuta Lombok.

5. Bermain jet ski dan banana boat

Bagi wisatawan yang ingin mencoba untuk bermain jet ski dan banana boat, hotel Novotel telah menyediakan fasilitas untuk permainan tersebut.

6. Menikmati keindahan matahari tenggelam

Pantai ini juga mampu untuk menyajikan fenomena alam yang indah di sore hari. Keindahan sunset di pantai ini sangat layak untuk disaksikan dan diabadikan.

sunset-di-pantai-kuta-lombok

Di kawasan pantai ini juga terdapat beberapa pedagang yang menjual aneka cinderamata khas Lombok seperti gelang, manik-manik, dan songket Sasak. Harganyapun relatif murah dan bisa ditawar.

Jika Anda ingin membeli songket Sasak, jangan ragu untuk menawarnya hingga separuh harga.

Transportasi Menuju Ke Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok berlokasi di Desa Kuta, Kab. Lombok Tengah.

Obyek wisata ini memiliki jarak sekitar 56 km dari kota Mataram dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Namun, apabila wisatawan berangkat dari Bandar Udara Internasional Lombok, pantai yang indah ini hanya berjarak sekitar 20 km.

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke obyek wisata Lombok ini, dari kota Mataram Anda bisa menggunakan angkutan umum, menyewa mobil, motor, atau menggunakan jasa agen wisata.

Jika Anda memilih untuk menggunakan angkutan umum, dari Kota Mataram pilihlah angkutan dengan jurusan Mataram-Sengkol. Setelah tiba di Sengkol dapat melanjutkan angkutan umum dengan jurusan Sengkol-Kuta.

Apabila Anda ingin menyewa mobil, harga sewa mobil di Pulau Lombok dan sudah termasuk bensin serta jasa sopir adalah Rp 600.000/10 jam. Sedangkan harga sewa motor sebesar Rp 50.000/hari.

Ketika wisatawan akan masuk ke lokasi pantai, akan dikenakan tarif sebesar Rp 10.000/mobil.

Fasilitas Pantai Kuta Lombok

Obyek wisata ini telah dikelola dengan baik. Di lokasi wisata ini telah tersedia beberapa fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Areal untuk parkir kendaraan.
  2. Telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar kelas.
  3. Beberapa warung makan yang menyajikan aneka menu mulai dari makanan dan minuman sederhana hingga berkelas.
  4. Kamar mandi atau toilet dengan tarif sebesar Rp 3000.
  5. Jasa persewaan jet ski dan banana boat yang telah dipersiapkan oleh Novotel.
  6. Beberapa fasilitas umum lainnya yang tidak jauh dari pantai seperti Masjid, ATM, angkutan umum, dan lain-lain.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di kawasan wisata Pantai Kuta Lombok, telah tersedia beberapa hotel dengan berbagai standar harga dan juga kelas.

Beberapa hotel terkenal di tempat wisata ini adalah Novotel Coralia Lombok, Bungalows Cockatoo, dan Kuta Indah Lombok.

Saran

  1. Jangan lupa untuk membawa krim tabir surya, topi dan kacamata hitam agar Anda lebih nyaman selama berada di tepi pantai.
  2. Terkadang pedagang di tepi pantai sedikit memaksa ketika menawarkan dagangan mereka. Oleh karena itu, jika Anda tidak tertarik jangan pernah mencoba untuk bertanya atau melihat-lihat barang dagangannya.

Umumnya mereka yang menjual gelang dan manik-manik adalah anak-anak kecil. Jika terpaksa, Anda bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 10 ribu untuk 2 buah gelang atau cukup memberikan uang cuma-cuma sebesar Rp 1000 kepada anak tersebut agar Anda lebih nyaman selama berada di pantai.

  1. Jika Anda menggunakan angkutan umum dan tidak ada keinginan untuk menginap di kawasan Pantai Kuta, sebaiknya sebelum jam 3 sore Anda harus segera meninggalkan lokasi pantai. Karena angkutan umum di tempat wisata ini akan sulit ditemui jika lebih dari jam 3 sore.
  2. Selama Anda masih berada di wilayah selatan dari Pulau Lombok atau di dalam kawasan Mandalika Resort, sempatkan diri untuk mengunjungi beberapa obyek wisata alam yang lainnya.

Salah satu obyek wisata tersebut adalah Pantai Selong Belanak yang berlokasi di Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kab. Lombok Tengah.

Please Share :

Related Post


Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak
Kehidupan Masyarakat Desa Sade – Desa Tradisional Suku Sasak

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan keluarga atau teman akan…

Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok
Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang indah dan telah berumur…

Pesona Pantai Senggigi – Wisata Pantai di Pulau Lombok
Pesona Pantai Senggigi – Wisata Pantai di Pulau Lombok

Pesona Pantai Senggigi telah terkenal hingga ke mancanegara. Obyek wisata…

Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi
Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi

Setelah berwisata di beberapa pantai yang berada di bagian Utara…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *