Home  /  Wisata Bali  / Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan

Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan


Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan

Dengan latar belakang tanah perbukitan yang hijau, terdapat sebuah pantai indah yang siap untuk memberikan kegembiraan bagi para wisatawan. Pantai tersebut dikenal dengan nama Labuhan Amuk.

Meski demikian, pantai yang berlokasi diantara Pantai Padang Bai dan obyek wisata Candidasa ini kurang begitu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Mungkin karena tempatnya yang jauh dari jalan raya membuat hampir semua wisatawan melewatkan kesempatan untuk singgah di pantai ini.

Jalan menuju ke lokasi Pantai Labuhan Amuk beraspal dan cukup lebar. Begitu sampai di tepi pantai wisatawan akan disambut dengan bentangan pasir yang berwarna putih keabuan, tersapu oleh air laut yang berwarna biru.

pantai labuhan amukDi satu sisi wisatawan dapat melihat sebuah dermaga milik PT. Pertamina, di sisi lain tampak deretan perahu nelayan yang tersusun rapi di bibir pantai.

Bersantai di pinggir pantai bersama keluarga atau teman dapat memberikan sebuah suasana yang tenang, damai, dan nyaman.

Rasa lelah akibat dari aktivitas rutin sehari-hari secara perlahan mulai hilang. Hembusan ramah angin pantai seakan menutupi teriknya sinar matahari.

Walaupun tidak seramai pantai Kuta, namun fasilitas di tempat wisata ini cukup lengkap. Tersedia fasilitas untuk melakukan aktivitas olahraga air seperti diving, snorkeling, banana boat, dan donat boat.

Aktivitas diving dan snorkeling di Pantai Labuhan Amuk tidak kalah menyenangkan dibandingkan dengan beberapa tempat wisata bahari yang ada di Pulau Bali. Lokasi pantai yang berada pada sebuah teluk menyebabkan air laut di pantai ini relatif tenang, sehingga sangat tepat bagi para wisatawan yang baru pertama kali melakukan kegiatan diving dan snorkeling.

Aneka terumbu karang yang indah dan beberapa jenis ikan tropis yang cantik akan menghiasi detik demi detik kegiatan tersebut.

Selain itu, bagi wisatawan yang tidak menguasai olahraga diving, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas menyelam dengan menggunakan kapal selam.

kapal selam odyssey di bali

Tidak hanya orang dewasa, anak-anak dan balita bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut di obyek wisata ini. Kapal selam tersebut diberi nama Odyssey Submarine.

Odyssey Submarine diproduksi oleh Victoria Machinery Depot Co. Ltd. Dengan berat sekitar 72,6 ton kapal ini bisa menjelajahi lautan hingga pada kedalaman 35 meter.

Kapasitas angkut kapal Odyssey Submarine maksimum 36 orang. Dengan fasilitas pendingin udara, selama 45 menit para wisatawan bisa dengan nyaman menikmati keindahan kehidupan laut pada sisi kiri dan kanan kapal.

Kapal selam dengan panjang 17 meter dan tinggi 5,4 meter ini, memiliki badan yang cukup lebar yaitu sekitar 4 meter.

interior kapal selam odyssey

Bagi wisatawan yang ingin mencoba fasilitas ini, terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi, seperti : sebelum masuk ke dalam kapal akan dilakukan penimbangan berat badan termasuk juga penimbangan barang bawaan, dan para wisatawan dilarang makan, minum, dan merokok selama berada di dalam kapal. Kapal ini juga tidak menyediakan fasilitas toilet.

Odyssey Submarine Bali adalah 1 dari 2 kapal sejenis yang beroperasi di dunia. Selain di Bali, kembaran kapal selam ini beroperasi di Maui Hawai. Bagi wisatawan yang ingin merasakan kenikmatan berada di dalam kapal selam sembari manyaksikan keindahan kerajaan laut di pantai timur Pulau Bali, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 550.000.

kapal selam odyssey

Bagi anak-anak dengan usia 5-12 tahun dikenakan tarif sebesar Rp 380.000, dan untuk balita cukup membayar seharga 110 ribu rupiah. Selain itu, tersedia paket untuk keluarga seharga Rp 1.680.000.

Wisatawan dapat membeli tiket tersebut di beberapa agen wisata yang ada di Pulau Bali. Harga tersebut telah termasuk biaya transportasi (antar jemput di penginapan), makan siang, welcome drink, sertifikat menyelam, dan lain-lain.

Transportasi Menuju ke Pantai Labuhan Amuk

Pantai Labuhan Amuk berlokasi di desa Antiga, kec. Manggis, kabupaten Karangasem. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor sebagai alat transportasi yang nyaman untuk menuju ke Pantai Labuhan Amuk. Harga sewa mobil di Bali mulai dari Rp 200.000/hari, sedangakan harga sewa motor sekitar Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan bisa mengambil sebuah paket wisata yang menjadwalkan kunjungan ke obyek wisata Labuhan Amuk. Biasanya agen perjalanan akan membawa wisatawan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang menarik di Pulau Bali.

Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi wisatawan karena dalam sekali perjalanan bisa menikmati beberapa obyek wisata.

Tarif parkir mobil di tempat wisata ini sebesar Rp 5.000/mobil, dan tidak ada biaya tambahan untuk masuk ke lokasi pantai.

Penginapan

Umumnya wisatawan akan mencari penginapan di obyek wisata Candidasa dan pantai Padang Bai. Di tempat tersebut telah tersedia beberapa penginapan mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Saran

  1. Panasnya sinar matahari dapat merusak kulit, oleh karena itu jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  2. Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat wisatawan merasa lebih nyaman selama berada di pantai.
  3. Untuk mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan dapat menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya.
  4. Pantai Labuhan Amuk berada di dekat pantai Padang Bai, sebuah pantai pelabuhan tempat bersandarnya kapal ferry yang melayani penyebrangan dari Pulau Bali ke Pulau Lombok.

Keistimewaan dari tempat wisata ini adalah tersembunyi 2 buah pantai yang menawarkan keindahan hamparan pasir putih. Kedua pantai tersebut yaitu pantai Padang Kurungan (Blue Lagoon) dan pantai Bias Tugel.

Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke pantai tersebut.

Pantai Labuhan Amuk bersembunyi dibalik kebesaran nama Candidasa dan Padang Bai, meskipun begitu obyek wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung.

Di sekitar pantai telah berdiri warung makan yang menyajikan aneka menu makanan dan minuman untuk para wisatawan. Makan siang di pinggir pantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda akan semakin melengkapi suasana liburan di Pantai Labuhan Amuk.

Please Share :

Related Post


Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Setelah berkunjung ke Danau Beratan yang menyajikan pesona alam yang…

Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam
Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Amed adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah timur pulau…

Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali
Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali

Bagi wisatawan yang mempunyai keinginan untuk berwisata ke pantai yang…

Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset
Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu terletak di ujung pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *