Home  /  Wisata Bali  / Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan

Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan


Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut dan tergolong dalam hewan yang pintar. Berdasarkan penelitian para ilmuwan, tercatat ada sekitar 40 jenis lumba-lumba di dunia ini. Salah satu dari beberapa jenis hewan tersebut, dapat wisatawan saksikan di Pantai Lovina.

Pantai Lovina adalah pantai pasir hitam yang berlokasi di pesisir utara Pulau Bali. Pantai ini sering dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal ini dikarenakan di pantai pasir hitam yang eksotis ini, wisatawan dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba liar yang sedang bermain bersama kelompoknya di tengah laut.

pesona pantai lovinaBiasanya lumba-lumba muncul di perairan Pantai Lovina pada saat pagi hari, yaitu antara jam 6 sampai dengan jam 9 WITA.

Oleh karena itu, wisatawan setidaknya telah berada di Pantai Lovina sebelum jam 6 pagi agar dapat lebih lama menonton pertunjukan lumba-lumba liar di habitatnya.

Sembari menikmati atraksi lumba-lumba bersama dengan teman-temannya, wisatawan juga bisa menikmati keindahan perairan di sekitar Pantai Lovina yang masih alami dan menawan.

Di tepi pantai telah tersedia beberapa perahu tradisional nelayan yang dapat disewa dengan harga yang bervariasi. Umumnya setiap wisatawan akan dikenakan biaya sekitar Rp 60.000/orang. Satu perahu bisa dimuati antara 4 hingga 5 orang.

Dengan menyewa perahu tersebut, wisatawan bisa berlayar menuju ke tengah laut dengan jarak sekitar 1 km dari tepi pantai. Nelayan setempat telah mengetahui lokasi yang tepat dimana hewan mamalia laut ini sering bermunculan.

Di sana wisatawan akan menyaksikan puluhan lumba-lumba yang sedang berenang maupun melompat ke atas permukaan air. Biasanya pertunjukan lumba-lumba liar ini akan berlangsung selama kurang lebih 3 jam.

pantai lovinaIni merupakan sebuah pengalaman yang sangat berkesan bagi wisatawan. Bersama dengan teman ataupun keluarga menyaksikan kehidupan mereka di alam bebas yang saat ini mulai terancam kelangsungan hidupnya.

Memang tidak ada jaminan bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pantai Lovina akan berjumpa dengan lumba-lumba. Hal ini sangat dipengaruhi oleh faktor cuaca. Biasanya lumba-lumba akan bermunculan pada saat cuaca cerah.

Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, umumnya pada bulan April hingga bulan Oktober adalah saat yang tepat untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba liar di Pantai Lovina.

Selain itu, di tepi pantai wisatawan bisa menikmati keindahan alamnya yang menawarkan bentangan pasir hitam yang berpadu dengan buih-buih putih pecahan ombak laut. Ombaknya yang relatif tenang, membuat beberapa wisatawan tertarik untuk bermain air di tepi pantai.

Jika wisatawan menyukai keindahan sunrise dan sunset, di Pantai Lovina kedua peristiwa alam tersebut dapat dinikmati oleh setiap pengunjung. Keindahannya tidak kalah jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya di Pulau Bali.

Perairan Pantai Lovina juga menyimpan sebuah pesona alam bawah laut yang menawan. Kerajaan lautnya yang masih alami sangat layak untuk dijelajahi bagi wisatawan yang menyukai olahraga air seperti diving dan snorkeling.

sunrise di pantai lovina

Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan terumbu karang dan aneka ikan hias yang berada di perairan pantai.

Suasana malam hari di tepi Pantai Lovina tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Jimbaran. Beberapa cafe telah berdiri di sekitar pantai. Mereka telah meyediakan aneka makanan dan minuman khas wisata Lovina yang sangat layak untuk dinikmati oleh para wisatawan.

Sembari menyantap hidangan makan malam yang lezat, wisatawan akan dihibur dengan pertunjukan live music di samping sebuah pantai yang memiliki pesona indah dan menawan.

Transportasi Menuju ke Pantai Lovina

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Lovina, pantai ini berlokasi di Desa Kalibukbuk, Kab. Buleleng, Bali, sekitar 10 km di sebelah barat Kota Singaraja (Ibukota Kabupaten Buleleng).

Jika wisatawan berangkat dari Kota Denpasar, untuk menuju ke Lovina wisatawan harus menempuh jarak sekitar 90 km dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Setidaknya ada 3 rute untuk menuju ke tempat wisata ini dari Kota Denpasar, yaitu :

  1. Wisatawan bisa melalui dataran tinggi Bedugul, lalu menuju ke Seririt hingga akhirnya tiba di kawasan wisata Lovina.
  2. Wisatawan melewati jalan raya Bedugul menuju ke Kota Singaraja lalu sampai di lokasi wisata Lovina.
  3. Wisatawan bisa menuju ke wisata Lovina melalui jalur ke Gilimanuk.

Apabila wisatawan menuju ke Lovina melalui Gilimanuk, kondisi jalan yang akan dilalui relatif datar, namun lebih jauh jika dibandingkan dengan rute 1 dan 2 yang menyajikan jalan yang naik turun dan berkelok-kelok.

Alat transportasi yang paling nyaman untuk menuju ke Pantai Lovina adalah dengan mengendarai mobil, baik mobil pribadi atau mobil sewaan. Akan tetapi, jika wisatawan ingin mencoba naik angkutan umum untuk menuju ke Lovina, wisatawan bisa mencoba untuk naik bemo dari Pasar Kuta menuju ke Terminal Tegal di Kota Denpasar.

Dari terminal ini, perjalanan dilanjutkan menuju ke Terminal Ubung. Di Terminal Ubung, telah tersedia bus yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke wisata Lovina.

Fasilitas Pantai Lovina

Pantai Lovina telah dikelola secara profesional, sehingga di tempat wisata ini telah tersedia beberapa fasilitas umum yang dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Lokasi untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia jasa sewa perahu dan alat untuk snorkeling.
  3. Telah berdiri beberapa penginapan dari kelas melati hingga hotel berbintang di dekat kawasan wisata Lovina.
  4. Bagi wisatawan yang ingin mencoba kelezatan makanan di tepi pantai, telah tersedia beberapa cafe yang menawarkan aneka makanan dan minuman.

Penginapan

Jika wisatawan ingin beristirahat di penginapan yang dekat dengan Pantai Lovina, telah berdiri beberapa penginapan dengan variasi standar harga.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Agus Homestay Lovina

Jl. Seririt-Singaraja, Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Bali Lovina Beach Cottages

Pantai Lovina, desa Kaliasem, Buleleng, Bali.

  1. Hotel Cempaka Lovina

Jl. Lovina-Kalibukbuk, Buleleng, Bali.

  1. Padmasari Resort Lovina

Jl. Raya Seririt, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Hotel Bali Taman Lovina

Jl. Raya Lovina, Tukadmungga, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Dolphin Beach Bali

Jl. Raya Singaraja-Seririt, Buleleng, Bali.

  1. Puri Saron Beach Hotel

Jl. Raya Pemaron, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Sunari Beach Resort

Jl. Lovina, Singaraja, Buleleng, Bali.

  1. Aneka Lovina Villas and Spa

Jl. Kalibukbuk, Seririt, Buleleng, Bali.

  1. Lovina Beach Hotel

Pantai Lovina, Buleleng, Bali.

  1. The Lovina Bali

Jl. Mas Lovina, Buleleng, Bali.

  1. Gino Feruci Lovina

Jl. Laviana, Lovina, Buleleng, Bali.

Saran

  1. Udara di sekitar pantai yang panas dapat membuat kulit seperti terbakar, oleh karenanya wisatawan jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  2. Selama berlibur di Kabupaten Buleleng, wisatawan dapat mengunjungi sebuah danau yang menawarkan keindahan panorama alam dengan suasana yang sejuk dan menyegarkan. Nama danau tersebut adalah Danau Tamblingan.
Please Share :

Related Post


Aneka Tempat Wisata Anak-Anak Selama di Bali
Aneka Tempat Wisata Anak-Anak Selama di Bali

Berlibur bersama anak-anak ke Pulau Dewata merupakan sebuah hadiah yang…

Pantai Seminyak – Wisata Mewah di Pulau Bali
Pantai Seminyak – Wisata Mewah di Pulau Bali

Seminyak, salah satu tempat wisata di pulau Bali yang memberikan…

Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan
Pantai Labuhan Amuk – Aktivitas Wisata Bahari Yang Menyenangkan

Dengan latar belakang tanah perbukitan yang hijau, terdapat sebuah pantai…

Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali
Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali

Bagi wisatawan yang mempunyai keinginan untuk berwisata ke pantai yang…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *