Home  /  Wisata Lombok  / Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional

Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional


Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional

Liburan ke Pulau Lombok mungkin tidak akan cukup hanya dalam 1 atau 2 hari. Sebab disana wisatawan akan dimanjakan dengan aneka obyek wisata alamnya yang indah. Di kawasan selatan pulau ini, terdapat beberapa obyek wisata pantai seperti Pantai Kuta, Pantai Selong Belanak, Pantai Semeti, Pantai Mawun, dan lain-lain.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan sedikit ulasan mengenai Pesona Pantai Mawi Lombok yang merupakan salah satu surga bagi para peselancar profesional.

pesona-pantai-mawi-lombokPantai Mawi merupakan salah satu pantai yang lokasinya tersembunyi di balik perbukitan. Perpaduan antara bukit dan pantai adalah ciri khas dari pantai selatan Pulau Lombok.

Kondisi lingkungan tersebut sangat diminati oleh para wisatawan yang mendambakan suasana pantai yang indah dan masih alami.

Pesona Pantai Mawi tidak hanya karena hamparan pasir putihnya yang seperti merica dan dikelilingi oleh bukit hijau sehingga terasa sejuk di mata, namun ombak di kawasan perairan Pantai Mawi sungguh menggairahkan bagi mereka yang senang berselancar.

Oleh karena itu, pantai ini lebih didominasi oleh turis asing yang sangat menggemari olahraga air tersebut.

Beberapa aktivitas yang menyenangkan di Pantai Mawi Lombok adalah :

1. Berselancar

Aktivitas utama di pantai ini adalah berselancar, karena ombak di Pantai Mawi sangat menantang untuk aktivitas surfing. Bagi Anda yang belum mahir berselancar, pantai ini kurang tepat untuk dijadikan tempat belajar.

para-surfer-di-pantai-mawi

Sebaiknya Anda mengunjungi Pantai Selong Belanak dimana ombaknya lebih bersahabat. Pada bulan Mei hingga bulan Oktober adalah saat yang tepat untuk merasakan sensasi ombak terbaik di Pantai Mawi.

2. Bersantai

Hampir sama dengan beberapa pantai lainnya di selatan Pulau Lombok, Pantai Mawi juga menawarkan suasana alam pantai yang indah sehingga cocok sebagai tempat untuk bersantai.

Lokasinya yang berada di balik bukit hijau akan membuat suasana pantai terkesan lebih teduh dan asri. Memandang ke tengah laut, terbentang luas warna biru dari Samudra Hindia.

Hembusan angin pantainya yang bersahabat, dapat membuat Anda tenggelam dalam tidur.

3. Naik ke atas bukit

Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan pesona keindahan pantai secara keseluruhan, cobalah untuk naik ke atas bukit. Di balik bukit-bukit tersebut terdapat sisi lain dari Pantai Mawi. Bahkan, Anda juga bisa melihat keindahan dari Pantai Semeti.

kegiatan-berselancar-di-pantai-mawi

Transportasi menuju ke Pantai Mawi Lombok

pantai-mawiPantai Mawi berlokasi di Desa Mekar Sari, Kab. Lombok Tengah. Jarak antara obyek wisata ini dengan Bandar Udara Internasional Lombok adalah sekitar 16 km.

Jika wisatawan berangkat dari Pantai Selong Belanak, dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk tiba dilokasi pantai dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Sampai saat ini belum ada angkutan umum yang bisa Anda manfaatkan untuk menuju ke Pantai Mawi.

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke pantai ini dan juga ke beberapa pantai yang berada di kawasan Mandalika Resort, sebaiknya menyewa mobil atau motor, atau ikut di dalam paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen wisata di Pulau Lombok.

Selama di perjalanan, bagi wisatawan yang memakai motor atau menyetir mobil sendiri, selain menggunakan bantuan GPS Anda juga harus rajin bertanya kepada penduduk setempat.

Harga sewa mobil di Pulau Lombok kurang lebih Rp 600.000/10 jam. Namun, harga tersebut sudah termasuk jasa sopir dan biaya untuk membeli bahan bakar.

Sedangkan harga sewa motor selama satu hari adalah sebesar Rp 50.000. Jika wisatawan berwisata ke Lombok lebih dari 3 orang, lebih baik menyewa mobil + sopir sehingga perjalanan wisata Anda akan lebih menyenangkan.

Di pintu masuk kawasan wisata ini, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 untuk motor dan Rp 20.000 bagi yang membawa mobil.

Namun, harga tersebut khusus bagi wisatawan asing, turis domestik hanya membayar setengah dari harga yang ditetapkan.

Fasilitas Pantai Mawi Lombok

Pantai Mawi belum dikelola secara profesional. Di tepi pantai hanya terdapat pondok-pondok sederhana untuk berteduh dan beberapa pedagang minuman dengan menu andalannya yaitu es kelapa muda.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan, terdapat beberapa homestay dan hotel berbintang di kawasan Pantai Kuta Lombok, Kota Praya dan juga di Kota Mataram.

Jika Anda ingin berwisata di wilayah utara atau selatan Pulau Lombok, sebaiknya menginap di Kota Mataram.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Kuta Indah Hotel
  2. Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel
  3. Aerotel Mandalika Praya Lombok
  4. Arianz Hotel
  5. Grand Hotel Lombok
  6. Hotel Santika Mataram
  7. Lombok Raya Hotel

Saran

  1. Jangan lupa untuk melindungi kulit Anda dari bahaya sinar ultraviolet matahari dengan menggunakan krim tabir surya.
  2. Menggunakan kacamata hitam, selain akan membuat Anda tampil beda juga dapat melindungi mata dari sinar matahari, sehingga aktivitas bersantai menjadi lebih nyaman.
  3. Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, Anda bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya.
  4. Agar pesona pantai ini dapat bertahan selamanya, wisatawan harus menjaga kebersihan pantai, jangan membuang sampah makanan dan minuman sembarangan.
  5. Setelah dari Pantai Mawi, lanjutkan perjalanan Anda menuju ke Pantai Semeti. Pantai yang juga dikenal karena memiliki akuarium alam, berlokasi tidak jauh dari Pantai Mawi.
Please Share :

Related Post


Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia
Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia yang berlokasi…

Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung
Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung

Obyek wisata Tanjung Perak dan Tanjung Cina Lombok mempunyai nama…

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang
Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan…

Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel
Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Di wilayah Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, terdapat dua buah…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *