Home  /  Wisata Jawa  / 10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta

10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta


10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta

Sedang berlibur ke Yogya? Atau ada rencana untuk berwisata ke sana? Bagi wisatawan yang ingin pergi berwisata ke Yogyakarta, rencanakanlah untuk berkunjung ke 10 pantainya yang menawan.

Berikut 10 Pantai Menawan di Yogyakarta:

pantai parangtritis1. Senja Romantis di Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu tujuan wisata favorit saat mengunjungi Yogyakarta.

Pemandangan sunset di pantai ini sungguh mempesona.

Apalagi mitos Nyai Roro Kidul yang dipercaya masyarakat bersemayam di Laut Selatan dan Parangtritis adalah gerbang menuju dunia gaib tersebut sehingga menambah kemisteriusan tempat ini.

Akses Menuju Parangtritis

Pantai ini berjarak sekitar 27 kilometer dari kota Jogja dan sangat mudah dijangkau. Wisatawan dapat menggunakan mobil pribadi atau bus kota.

Jika Anda memilih angkutan umum, datanglah ke terminal Giwangan. Ada dua pilihan rute, yaitu Imogiri – Siluk atau Kretek. Rute Imogiri – Siluk lebih jauh namun memanjakan mata Anda dengan pemandangan makam raja-raja di Imogiri dan bukit kapur yang indah.

Bila Anda ingin perjalanan yang lebih singkat gunakan rute Kretek.

Harga Tiket dan Fasilitas

Biaya masuk ke pantai hanya Rp 3.000,-. Dan waktu yang paling tepat untuk mendatangi pantai ini adalah senja hari.

Selain menikmati pemandangan pantai, di sini pengunjung dapat menyewa bendi atau kuda untuk menyusuri garis pantai. Ada pula persewaan ATV untuk menaklukan bukit-bukit pasir di Parangtritis, cukup dengan membayar Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- persetengah jam.

Di saat tertentu sering sekali diadakan event festival layang-layang. Hal ini karena didukung oleh faktor alam dimana angin di Parangtritis berhembus cukup kencang, sehingga ideal untuk menerbangkan layang-layang.

Namun ombak besar Pantai Parangtritis cukup berbahaya, jadi bagi wisatawan yang ingin berenang, sangat tidak disarankan.

Untuk fasilitas umum lainnya seperti toilet dan rumah makan sangat banyak tersedia di pinggir pantai. Kios-kios pedagang cinderamata juga banyak berjejer di dekat tempat parkir. Jika ingin membeli souvenir, jangan ragu untuk menawar harga.

pantai depok2. Pantai Depok

Jika berbicara tentang pantai di Yogyakarta, yang terlintas pertama kali pastilah pantai Parangtritis.

Tapi apakah Anda sudah tau mengenai pantai Depok?

Pantai Depok terkenal akan hasil lautnya yang melimpah. Sehingga, selain terkenal sebagai tempat wisata, pantai ini juga terkenal dengan wisata kuliner akan ikan hasil laut.

Jenis ikan seperti ikan kerapu, cumi, kakap putih, kepiting, kakap merah, ikan pari, dan ikan laut lainnya bisa Anda makan secara segar.

Warung yang ada di pinggiran pantai ini biasanya menghadap ke laut, sehingga selain memanjakan perut, Anda juga akan memanjakan mata. Agar tidak mengantri panjang, usahakan datang di pagi hari ya.

Fasilitas yang ditawarkan adalah toilet, warung makan, dan kamar mandi, juga mushola. Ada juga persewaan APV, aerodinamika, dan juga paralayang.

Biaya masuk untuk motor adalah Rp 2.000, Rp 5.000 per mobil, dan setiap pengunjung wajib membeli tiket masuk seharga Rp 5.000,00 per orang.

Untuk kendaraan pribadi, rute yang bisa digunakan yaitu menuju ke arah Parangtritis. Sebelum loket Parangtritis, belok kanan dan mengikuti petunjuk yang ada.

Sedangkan bagi yang ingin naik kendaraan umum, naiklah bis tujuan Jogja ke Tempel, kemudian transit ke jurusan Parangtritis, dan berhenti di depan loket masuk Parangtritis. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau naik ojek sampai ke Pantai Depok.

pantai parangkusumo3. Nikmati Pesona Mistis Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo termasuk salah satu pantai yang dipercaya oleh warga sekitar sebagai lokasi keramat.

Pantai yang terletak di Bantul, Yogyakarta ini dianggap sebagai jalan tol ke pintu gerbang Keraton Laut Selatan yang dikuasai oleh Nyi Roro Kidul.

Ritual-ritual yang memerlukan laut sebagai perantaranya biasa dilakukan di Pantai Parangkusumo, karena pantai ini adalah sebagai simbol kekuasaan.

Pantai Parangkusumo memiliki jarak sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Di sepanjang jalan mendekati pantai akan terlihat banyak penjual bunga dan juga kemenyan yang sudah dibakar.

Pengalaman perjalanan ini tentu akan memiliki suasana berbeda jika dibandingkan dengan pantai lainnya.

Salah satu daya tarik dari pantai ini yaitu batu cinta. Batu cinta dipercaya sebagai salah satu batu yang dapat mengabulkan permintaan. Batu ini juga diyakini dapat membantu meringankan beban berat yang sedang dihadapi.

Harga tiket masuknya cukup murah, yaitu sekitar Rp 3.000,00 rupiah saja. Sedangkan untuk transportasi, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum ke arah Parangtritis, dengan biaya sekitar Rp 15.000,00.

pantai menawan di yogyakarta4. Pantai Baron nan Eksotis

Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai ini sering kali didatangi tidak hanya oleh wisatawan dalam negeri, namun ada kalanya wisatawan mancanegara juga berkunjung ke Pantai Baron.

Ada banyak sekali hal yang dapat Anda nikmati ketika berada di pantai ini, seperti menikmati pemandangan pantainya yang indah, merasakan kelezatan makanan laut yang dapat dimasak secara langsung, hingga berenang di bibir pantai.

Bagi Anda yang menyukai wisata kuliner terutama yang berhubungan dengan ikan laut, ini tentu akan menjadi kegiatan yang menarik. Wisatawan dapat memilih sendiri aneka ikan yang dijajakan oleh para nelayan, dan kemudian dapat Anda masak di beberapa restoran yang berada di lokasi ini.

Aneka fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Baron cukup lengkap, dimana parkir yang disediakan cukup luas, tersedia juga restoran, penginapan, tempat camping, bahkan ada juga tempat untuk memancing.

Harga tiket masuk

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Baron tidak terlalu mahal, hanya dengan Rp 4.000 maka Anda dapat memasuki wilayah ini.

Transportasi

Untuk masalah transportasi, Anda dapat menggunakan kendaraan umum dari Tugu menuju ke terminal Giwangan yaitu dengan cara naik TransJogja jurusan 1A hingga ke shelter Bandara Adi Sucipto.

Kemudian wisatawan dapat pindah jalur menggunakan bus 2B menuju ke terminal Giwangan. Untuk masalah ongkos, Anda hanya perlu mengeluarkan Rp 3.000.

Dari Giwangan wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke daerah Wonosari, dan selanjutnya menggunakan minibus menuju Pantai Baron.

pantai indrayanti5. Indahnya Pantai Indrayanti

Nama Pantai Indrayanti sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal atau disingkat menjadi pantai Pulsa.

Ini adalah salah satu pantai menarik yang ada di wilayah Gunung Kidul.

Pantai ini dinamakan Indrayanti, karena itu adalah nama salah satu restoran yang ada di wilayah ini.

Pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi ini, memiliki bentangan pasir putih, dan beberapa gunung karang yang tentunya dapat Anda jadikan sebagai salah satu tempat wisata yang menyenangkan.

Selain itu, tempat wisata di Yogyakarta ini juga memiliki nuansa biru laut yang sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Indrayanti cukup lengkap, bagi Anda yang menyukai olahraga air dapat menyewa Jet Ski.

Jika Anda hanya ingin menikmati suasana pantai, namun tidak ingin merasakan panasnya sinar mentari, maka wisatawan dapat beristirahat di gazebo yang terletak di beberapa tempat di sepanjang garis pantai.

Harga tiket

Mengunjungi wisata Pantai Indrayanti tidak akan mengeluarkan dana yang terlalu mahal, Anda hanya perlu membayar tiket perorangan.

Untuk 1 tiket masuk perorangan seharga Rp 10.000, sedangkan untuk parkir motor maka harga sewanya Rp 4.000, sedangkan untuk mobil Rp 15.000.

Transportasi

Jika wisatawan hendak berkunjung ke pantai ini, Anda dapat menggunakan bus Jogja – Wonosari dengan ongkos sekitar Rp 7.000, kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan umum ke Pantai Indrayanti.

Apabila wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, maka Anda dapat mengikuti jalur ke arah Imogiri Barat, Panggang, Saptosari, Pantai Baron, Pantai Kukup,Tepus, Pantai Kranal hingga ahirnya sampai ke Pantai Indrayanti.

pantai pok tunggal6. Keperawanan Pantai Pok Tunggal

Mengunjungi Pantai Pok Tunggal memang sedikit sulit, karena Anda harus menyusuri 2 bukit karang dengan jalan yang berliku-liku.

Namun semua perjuangan wisatawan akan terbayar ketika Anda sudah berada di Pantai Pok Tunggal yang cantik dan ekotis ini.

Wisatawan akan mendapatkan pemandangan hamparan pasir yang berwarna putih, ombak yang berwarna biru terang, dan yang lebih menarik adalah adanya beberapa tanaman yang tumbuh di bibir pantai.

Pantai ini dikelilingi oleh tebing karang yang cukup tinggi bahkan hingga 50 meter. Hal menarik lainnya adalah pantai ini memiliki sumber air tawar!

Selain itu, pantai yang indah ini memiliki pesona sunset yang menawan. Melihat matahari terbenam di bibir pantai tentu akan sangat menarik, dan menimbulkan kesan tersendiri di hati.

Fasilitas

Walaupun pantai ini masih tergolong pantai perawan, namun itu tidak akan mengurangi kenyamanan Anda untuk menikmati pantai Pantai Pok Tunggal.

Wisatawan dapat menyewa penginapan di beberapa rumah warga atau Anda dapat menyewa tenda yang disediakan oleh warga. Harga tenda yang disewakan berkisar Rp 60.000.

Harga tiket

Pantai Pok Tunggal masih terbilang baru, sehingga belum ada harga tiket masuk.

Namun jika Anda berkunjung dengan menggunakan kendaraan pribadi/rental, maka hanya akan dikenakan tarif parkir. Untuk motor dikenakan tarif Rp 2.000, untuk mobil Rp 5.000, sedangkan untuk minibus dikenakan Rp 15.000.

Transportasi

Jika Anda hendak mengunjungi pantai yang cantik ini, maka wisatawan hanya perlu pergi ke arah timur dari Pantai Indrayanti. Pantai Pok Tunggal berjarak sekitar 2 km dari pantai Indrayanti.

pantai sepanjang7. Pantai Sepanjang  Intepretasi Pantai Kuta Tempo Dulu

Pantai Sepanjang terkenal sebagai Pantai Kuta tempo dulu.

Hal ini mengingat betapa indahnya Pantai Kuta pada saat itu.

Pasir putih yang bersih, ombak yang tidak terlalu besar, dan karang-karang kecil yang tentunya menarik untuk dilihat.

Pemberian nama Sepanjang pada pantai ini dikarenakan kondisi geografisnya yang memiliki garis pantai paling panjang diantara pantai yang ada di wilayah Gunung Kidul.

Pantai ini masih sangat asri, dan belum tercemar oleh berbagai polusi dan juga pencemaran lainnya. Penduduk setempat di daerah ini cukup piawai dalam membuat berbagai kerajinan yang terbuat dari cangkang kerang.

Mengunjungi Pantai Sepanjang akan memberi kesempatan kepada Anda untuk dapat membawa oleh-oleh yang menarik dari bahan kerang. Ada banyak sekali ragam dari kerajinan tersebut, seperti kalung, ikat pinggang, dan berbagai macam pernak-pernik lainnya.

Fasilitas

Walaupun masih terbilang pantai baru, namun untuk masalah fasilitas yang berada di Pantai Sepanjang sudah tergolong memadai. Di lokasi wisata ini sudah terdapat rumah makan dan juga beberapa penginapan.

Tiket

Untuk memasuki wilayah Pantai Sepanjang, Anda hanya perlu membayar Rp 4.000 saja. Dengan demikian maka Anda akan dapat menikmati pemandangan pantai yang disebut sebagai Pantai Kuta tempo dulu.

Transportasi

Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan tidak akan kesulitan, karena jalurnya sama seperti menuju ke pantai Baron.

Dengan menggunakan teknologi GPS yang ada saat ini, tentunya Anda tidak akan mengalami masalah ketika akan mengunjungi Pantai Sepanjang. Bila diperlukan, jangan segan untuk bertanya kepada penduduk lokal.

pantai ngobaran8. Keindahan Pantai Ngobaran yang Masih Asri

Berkunjung ke Pantai Ngobaran tentunya tidak seperti wisata ke pantai yang pernah wisatawan kunjungi di Yogyakarta.

Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan pantai, dan pasir pantai yang berwarna putih, karena Anda juga akan disuguhkan oleh sebuah candi pemujaan unik.

Tidak sembarang orang dapat memasuki candi tersebut, namun wisatawan masih dapat berfoto dengan beberapa patung yang berada di sekitar lokasi candi tersebut.

Daerah ini memang dipenuhi dengan karang, sehingga tidak heran jika wilayah ini mempunyai ombak yang cukup besar. Namun, karang yang ada di pinggir pantai cukup indah untuk dinikmati.

Ada beberapa makhluk laut yang terjebak di karang tersebut, pastinya akan mengingatkan wisatawan dengan kondisi yang sama di Pantai Semeti Lombok.

Sebagai catatan, pada saat berada di pantai ini maka Anda tidak boleh lepas dari sandal, agar kaki aman dari beberapa karang yang mungkin saja menusuk kaki.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Pantai Ngobaran memang belum lengkap, namun tetap dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Belum adanya penginapan, membuat para wisatawan hanya dapat mengunjungi lokasi pantai pada siang hari. Anda tidak perlu merasa khawatir jika hendak ke kamar mandi, karena  di lokasi pantai ini sudah tersedia kamar mandi dan juga tempat ibadah.

Tiket

Untuk mengunjungi Pantai Ngobaran wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3.000, dengan demikian maka Anda akan dapat mengunjungi 2 pantai sekaligus, yaitu Pantai Ngrenehan dan juga Pantai Ngobaran.

Transportasi

Menuju Pantai Ngobaran dapat diakses dari 2 jalur, yaitu Lanud Gading dan Kota Wonosari.

Jika wisatawan berada di Lanud Gading, maka Anda dapat pergi ke arah Pageran Gading, Playen, Paliyan, Trowono, Sapotosari hingga menuju ke Pantai Ngobaran.

Namun, apabila Anda berada di Kota Wonosari, maka wisatawan dapat pergi ke arah Paliyan, Trowono kemudian sampai ke Pantai Ngobaran.

pantai glagah9. Pantai Indah Berpasir Hitam, Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan salah satu pantai yang terletak di daerah Kulon Progo, Yogjakarta.

Pantai ini memiliki pasir hitam dan tidak berkarang yang terhubung langsung dengan laut selatan.

Fasillitas yang bisa didapatkan di Pantai Glagah ini antara lain memanfaatkan kapal wisata yang tersedia di pinggir pantai. Selain kapal, tidak ada salahnya mencoba permainan ATV atau juga motorcross dengan rekan atau sanak saudara Anda.

Selain itu, ada juga fasilitas perkemahan dan kebun buah naga yang bisa wisatawan nikmati. Sehingga jangan lupa untuk mampir dan merasakan lezatnya jus buah naga yang disediakan di sini ya.

Bagi yang melakukan wisata bersama keluarga dan anak-anak, Anda bisa memanfaatkan persewaan yang tersedia untuk mengelilingi pinggiran pantai.

Selain itu, jika wisatawan membawa serta anak yang masih kecil, tidak perlu khawatir, karena tersedia fasilitas kolam renang berukuran kecil yang dibuat khusus untuk anak-anak. Atau wisatawan juga bisa mengajak anak-anak untuk ikut memancing, karena ada banyak tempat pemancingan yang bisa dimanfaatkan di kawasan wisata ini.

Disamping itu, terdapat juga objek wisata berjenis laguna yang masih termasuk kawasan Pantai Glagah.

Berbagai fasilitas lengkap di Pantai Glagah seperti penginapan, memancing, warung makan, toilet, wisata outbond, dan juga perahu sewa, akan membuat setiap pengunjung merasa senang.

Biaya masuk Pantai Glagah juga sangat murah yaitu berkisar antara Rp 2000,00 sampai dengan Rp 7.000,00 tergantung dari jenis kendaraan yang Anda gunakan. 

Baca : Museum Sonobudoyo

pantai wediombo10. Yuk Ke Pantai Wediombo

Apakah Anda sedang mencari lokasi untuk berlibur tahun ini?

Jika Anda berencana sedang membuat perjalanan liburan ke kota Jogja, tidak ada salahnya mencoba wisata pantai yang satu ini. Pantai Wediombo terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Meskipun pantai ini tidak seluas Pantai Parangtritis, tapi pantai ini wajib dikunjungi.

Daya tarik dari pantai ini adalah pada karang yang ada. Ya, Pantai Wediombo termasuk dalam daftar pantai berkarang. Namun hal ini justru menjadi daya tarik karena batu karang yang ada biasa dipakai untuk memancing ikan-ikan kecil yang berada di sekitar karang, misalnya ikat panjo yaitu ikan lokal yang kerap ditangkap di sini.

Jika membawa anak kecil adalah salah satu alasan bagi wisatawan untuk menghindari wisata pantai karena takut anak Anda terbawa arus pantai. Akan tetapi, berbeda dengan Pantai Wediombo dimana Anda tidak perlu terlalu khawatir.

Beberapa bagian dari pantai Wediombo ini dikelilingi oleh batu-batuan besar, dan air laut sering masuk ke antara batuan tersebut. Sehingga akan membentuk seperti kolam renang. Oleh karena itu, wisatawan tidak perlu khawatir akan ombak besar, karena ombak akan terpecah di bebatuan ini.

Untuk mencapai Pantai Wediombo, Anda bisa memanfaatkan jalur Yogyakarta –Wonosari kemudian lanjut ke Semanu dan Wediombo. Sudah ada banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan wisatawan menuju Wediombo.

Namun jika Anda masih ragu, jangan malu bertanya pada warga sekitar ya.

Please Share :

Related Post


8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan
8 Obyek Wisata Di Pasuruan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Pasuruan

Terletak di Provinsi Jawa Timur, Kota Pasuruan berada di jalan…

Museum Keraton Yogyakarta
Museum Keraton Yogyakarta

Museum merupakan salah satu tempat yang banyak dipilih baik untuk…

6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto
6 Obyek Wisata Di Mojokerto Yang Patut Dikunjungi – Wisata Mojokerto

Mojokerto adalah salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terkenal…

Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya
Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya

Tugu Yogya adalah monumen kota yang paling terkenal di Yogyakarta.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *