Home  /  Wisata Bali  / Pantai Padang Bai Menyembunyikan Keindahan Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon

Pantai Padang Bai Menyembunyikan Keindahan Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon


Pantai Padang Bai Menyembunyikan Keindahan Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon

Padang Bai, sebuah pantai pelabuhan tempat bersandarnya kapal ferry yang melayani penyebrangan dari Pulau Bali ke Pulau Lombok. Keistimewaan dari tempat wisata ini adalah di dekatnya tersembunyi 2 buah pantai yang menawarkan keindahan hamparan pasir putih. Kedua pantai tersebut diberi nama Pantai Padang Kurungan (Blue Lagoon) dan Pantai Bias Tugel.

Namun, sampai saat ini para wisatawan lebih sering menyebut kedua pantai tersebut dengan nama Pantai Padang Bai. Mungkin disebabkan karena jalur utama untuk menuju ke kedua pantai tersebut sama dengan jalur untuk menuju ke pelabuhan Padang Bai.

pantai padang baiSekilas Cerita Tentang Pantai Padang Bai

Dahulu Padang Bai lebih dikenal dengan nama Teluk Padang, dan telah lama digunakan sebagai pelabuhan kapal laut.

Pergantian nama tersebut adalah akibat dari pengaruh bahasa Belanda.

Pantai Padang Bai berlokasi di desa Padang Bai, kec. Manggis, kabupaten Karangasem, Bali.

Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, maka membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dengan jarak kurang lebih 50 km melalui Jl. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Pantai Bias Tugel

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Bias Tugel, sebelum masuk ke dalam pelabuhan Padang Bai wisatawan akan berjumpa dengan perempatan, lalu wisatawan harus belok ke arah kanan.

Setelah memarkir kendaraan, perjalanan akan dilanjutkan dengan melewati jalan setapak di pinggir pantai, naik turun melintasi bukit-bukit kecil, dan melewati batu karang yang berukuran besar. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit.

Begitu terbebas dari segala rintangan, wisatawan akan disambut dengan sebuah pesona alam pantai yang sangat indah.

pantai bias tugel

Hamparan pasir putih menghiasi setiap pelataran pantai, deburan ombak seakan memainkan air laut yang begitu jernih, dan tebalnya pasir terasa lembut di kaki. Suasana di Pantai Bias Tugel tidak begitu ramai sehingga memberikan kesan private.

Bias Tugel memiliki arti pasir terpotong, karena pantai ini diapit oleh 2 buah batu karang yang berukuran besar. Kondisi alam ini sangat menguntungkan bagi kehidupan flora dan fauna yang berada di dalam laut. Mereka dapat terlindungi dari bahaya kepunahan. Oleh karena itu, tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit untuk aktivitas diving dan snorkeling.

Selain kedua aktivitas tersebut, berenang di pantai ini juga tidak kalah menyenangkan. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman berada di perairan tepi pantai. Bersama keluarga menikmati kesegaran air laut Pantai Bias Tugel.

Selain itu, wisatawan juga bisa bermain pasir bersama anak-anak, berkreasi untuk membangun sebuah istana pasir.

Dengan panjang garis pantai sekitar 200 meter, Pantai Bias Tugel mampu memberikan pesona keindahan alam yang menawan. Hijau pepohonan khas pinggir pantai bisa dimanfaatkan bagi wisatawan untuk berteduh, bersantai sembari menikmati kesejukan angin pantai.

Ketika rasa lapar mulai menghampiri, wisatawan tidak perlu khawatir, karena di tepi pantai telah berdiri beberapa warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman ringan. Setidaknya dapat mengatasi rasa lapar dan menghilangkan rasa haus seketika.

Pantai Padang Kurungan atau Blue Lagoon

Pantai Padang Kurungan lebih dikenal dengan nama Blue Lagoon. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Bias Tugel. Ketika wisatawan bertemu dengan perempatan sebelum masuk ke pelabuhan Padang Bai, jika ingin menuju ke Pantai Blue Lagoon maka wisatawan harus berbelok ke arah kiri.

Begitu sampai di lokasi, wisatawan akan melihat sebuah panorama pantai yang menawan. Sebuah pantai yang bersih dihiasi dengan hamparan pasir bewarna putih. Air lautnya jernih bewarna biru kehijauan dan tampak relatif santai ketika menyapu bibir pantai.

pantai blue lagoon

Walaupun pasir Pantai Blue Lagoon sama putihnya dengan pasir Pantai Bias Tugel, namun jika diperhatikan butiran-butiran pasirnya lebih besar dibandingkan dengan butiran pasir di Pantai Bias Tugel. Sebuah perbedaan yang justru menjadi daya tarik bagi kedua pantai tersebut.

Ketenangan dan kenyamanan suasana pantai, menarik minat para wisatawan untuk bersantai di atas pasir putih sembari menikmati sinar mentari dan merasakan hembusan ramah angin pantai. Ada juga beberapa dari mereka yang asyik berenang di tepi pantai bersama keluarga maupun teman.

Pantai Blue Lagoon juga menyimpan sebuah pesona kehidupan bawah laut yang menawan. Kegiatan diving ataupun snorkeling adalah suatu hal yang lazim dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung. Aneka terumbu karang dan ikan tropis yang unik dapat wisatawan temukan di lokasi wisata ini.

Bagi wisatawan yang belum pernah melakukan kegiatan menyelam, di tempat ini tersedia jasa pelatihan diving bagi pemula. Wisatawan dapat memanfaatkannya agar bisa menyaksikan secara langsung keindahan biota laut Pantai Blue Lagoon yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Di sebelah timur Pantai Blue Lagoon terdapat sebuah pura yang bernama Pura Silayukti. Pura ini merupakan salah satu pura besar di provinsi Bali. Jika wisatawan ingin berkunjung ke pura tersebut, wisatawan akan melalui jalan beraspal di pinggir pantai.

Beberapa fasilitas penunjang pariwisata telah hadir di tempat wisata ini. Penginapan-penginapan siap untuk menyambut kedatangan para wisatawan. Mereka menawarkan harga yang bervariasi, bergantung dari fasilitas yang diberikan oleh masing-masing penginapan.

Restoran ataupun warung makan telah menyediakan aneka hidangan makanan dan minuman yang lezat, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan ketika lapar dan dahaga menyerang.

Penginapan di Obyek Wisata Pantai Padang Bai

Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat obyek wisata Pantai Padang Bai, telah tersedia beberapa pilihan penginapan dengan variasi standar harga.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Padang Bai Beach Resort

Jl. Pantai Silayukti, Padang Bai, Bali.

  1. Beji Bay Resort

Jl. Raya Silayukti, Padang Bai, Bali.

  1. Topi Inn

Jl. Pantai Silayukti, Padang Bai, Bali.

  1. Bloo Lagoon Village

Jl. Pantai Silayukti, Padang Bai, Bali.

Pantai Padang Bai adalah salah satu obyek wisata pantai yang menarik di Pulau Bali. Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Bali, persiapkan waktu anda untuk menikmati keindahan dari tempat wisata ini.

Please Share :

Related Post


Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali
Desa Kamasan – Desa Yang Memiliki Aneka Hasil Karya Seni di Bali

Desa Kamasan merupakan sebuah desa yang hanya berjarak sekitar 4…

Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara
Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara

Devdan Show, sebuah pertunjukan spektakuler yang menyajikan hiburan yang sarat…

Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali
Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali

Berlibur ke Pulau Bali merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan.…

Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali
Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali

Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura penting di Pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *