Home  /  Wisata Lombok  / Keindahan Pantai Pink Di Pulau Lombok – Pesona Pantai Yang Unik

Keindahan Pantai Pink Di Pulau Lombok – Pesona Pantai Yang Unik


Keindahan Pantai Pink Di Pulau Lombok – Pesona Pantai Yang Unik

Sungguh indah wisata pantai di Indonesia. Salah satu keindahan tersebut berada di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Pantai Tangsi itulah nama sebenarnya dari obyek wisata ini.

Namun, hampir setiap wisatawan lebih mengenal tempat wisata tersebut dengan nama Pantai Pink. Hal ini disebabkan karena pasir pantainya yang berwarna merah muda atau  Pink. Namun, terkadang pantai yang indah ini tidak memancarkan warna pink.

pink-beachKeindahan Pantai Pink di Pulau Lombok telah terkenal hingga ke mancanegara. Pantai ini termasuk dalam satu dari tujuh pantai di dunia yang mempunyai pasir berwarna merah muda.

Akan tetapi, Pantai Pink di Pulau Lombok bukanlah satu-satunya di Indonesia.

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur sekitar 30 menit perjalanan laut dari Pulau Komodo juga terdapat sebuah pantai yang berwarna pink.

Sampai dengan saat ini, belum dapat diketahui secara pasti penyebab Pantai Pink di Pulau Lombok memiliki pasir yang berwarna merah muda. Ada sebagian pendapat yang menyatakan bahwa warna pink tersebut akibat dari perpaduan antara pasir putih dan serpihan karang berwarna merah.

Terkadang karang tersebut dapat ditemukan di areal pantai. Namun ada  juga yang berpendapat bahwa warna pink tersebut berasal dari hewan mikroskopik yang memproduksi warna pink kemerahan. Hewan tersebut bernama foraminifera.

Apapun penyebab warna pink pada pasir di pantai ini, yang pasti keindahan Pantai Pink di Pulau Lombok memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga mereka berkeinginan untuk berekreasi ke tempat wisata ini.

karang-merah

Jauhnya perjalanan dari Kota Mataram dan sebagian kondisi jalannya yang rusak/bergelombang tidak menyurutkan semangat mereka untuk menuju ke pantai ini. Perjalanan tersebut dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Panorama alam hutan dan perkebunan akan menemani hampir di sepanjang waktu.

Setelah sampai di tepi pantai, rasa lelah selama di perjalanan akan segera hilang. Panorama Pantai Pink tidak hanya seperti dalam sebuah gambar. Pantai ini benar-benar indah dan unik.

Air lautnya jernih berwarna biru kehijauan dan ombaknya relatif kecil, sehingga anak-anak akan lebih nyaman untuk berenang atau bermain air di tepi pantai. Selain berenang wisatawan juga bisa melakukan aktivitas snorkeling.

Biota laut di perairan Pantai Pink sangat layak untuk dijelajahi. Namun, wisatawan harus membawa sendiri peralatan snorkeling tersebut.

keindahan-pantai-pink-di-pulau-lombokPantai yang tersembunyi ini terkesan sunyi dan private. Bersantai di tepi pantai yang mampu untuk memberikan ketenangan tentunya akan sangat menyenangkan.

Selain itu, Pantai Pink dikelilingi oleh bukit kecil atau tebing yang cukup tinggi. Panorama alam pantai akan terlihat lebih mempesona jika dilihat dari atas bukit.

Duduk santai di atas bukit sembari merasakan hembusan angin pantai dapat menghilangkan rasa lelah dan membuat suasana berlibur menjadi semakin bermakna.

Tidak hanya itu saja, di areal Pantai Pink terdapat sebuah goa buatan dan meriam kuno peninggalan bangsa Jepang. Sepertinya, pada saat itu goa tersebut dijadikan sebagai tempat peristirahatan dan persembunyian mereka.

Bagi wisatawan yang sedang berlibur di kawasan wisata ini, selain menikmati keindahan Pantai Pink, berkunjung ke goa bersejarah tersebut akan memberikan sebuah kenangan tersendiri.

Perahu-perahu tradisional nelayan yang berada di pinggir pantai dapat disewa oleh wisatawan. Bersama dengan nelayan setempat mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di dekat perairan Pantai Pink akan melengkapi suasana liburan di tempat wisata ini.

Transportasi Menuju ke Pantai Pink Lombok

Pantai Pink atau Pantai Tangsi berlokasi di desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur. Untuk menuju ke obyek wisata Lombok ini wisatawan tidak bisa menggunakan angkutan umum.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi sebaiknya menyewa mobil atau motor. Harga sewa mobil selama 10 jam adalah sekitar Rp 600.000.

Harga tersebut telah termasuk bensin dan jasa sopir. Sedangkan harga sewa motor di Pulau lombok yaitu sekitar Rp 50.000/hari.

Untuk menuju ke lokasi pantai dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 80 km dari Kota Mataram.

Jalan yang harus dilalui untuk mencapai Pantai Pink sama dengan jalur untuk menuju ke Tanjung Ringgit. Jarak antara kedua tempat wisata yang indah ini kurang dari 1 km.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Mataram, wisatawan akan bertemu dengan jalan yang tidak terlalu besar dan bergelombang.

Panjang jalan tersebut adalah sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Sebelum wisatawan sampai di Pantai Tanjung Ringgit akan terlihat sebuah tulisan di tepi jalan “Pantai Pink 50m”.

Meski demikian, kondisi jalan yang kurang baik menyebabkan beberapa agen perjalanan menolak untuk berkunjung ke pantai ini.

Namun wisatawan tidak perlu merasa khawatir karena ada agen perjalanan yang bersedia mengantarkan kita untuk menuju ke pantai tersebut, yaitu Ezy Trekking And Tour.

Setelah berkomunikasi dengan mbak Resti melalui nomor hp 0856 4962 7200, impian kami untuk berlibur ke Pantai Tangsi/Pink bisa terwujud.

Fasilitas Pantai Pink

Saat ini, telah ada fasilitas umum yaitu beberapa warung makan yang berlokasi di pinggir pantai.

Walaupun tampak sederhana, namun warung tersebut cukup nyaman untuk digunakan sebagai tempat untuk bersantai sembari melepaskan rasa lapar serta dahaga.

Selain itu, pantai yang masih sepi dan alami ini juga dilengkapi dengan fasilitas jasa sewa perahu nelayan.

Penginapan di Pantai Tangsi/Pink

Umumnya wisatawan yang berlibur di Pulau Lombok mencari penginapan di kawasan wisata Pantai Kuta, Senggigi, Kota Mataram, dan Gili Trawangan.

Namun, bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat lokasi Pantai Pink, hanya ada 1 penginapan yang berada di dekat tempat wisata ini dengan jarak sekitar 2 km.

Penginapan tersebut adalah Jeeva Beloam Beach Camp dengan alamat Jln. Tanjung Ringgit, Kec. Jerowaru, Kab. Lombok Timur.

Saran

  1. Jangan lupa untuk menggunakan sunblock agar dapat melindungi kulit dari teriknya sinar matahari.
  2. Sebaiknya wisatawan membawa makanan dan minuman secukupnya, dan sediakan kantong sebagai tempat sampah agar sisa makanan dan minuman tidak mengotori lingkungan pantai.
  3. Di wilayah Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur terdapat 5 buah tanjung yang menawan. Kelima tanjung tersebut adalah Tanjung Ringgit, Tanjung A’an, Tanjung Bloam, Tanjung Perak, dan Tanjung Cina. Tanjung Ringgit adalah tanjung yang paling dekat dengan Pantai Pink.

Oleh karena itu, wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Tanjung Ringgit.

Keindahan Pantai Pink di Pulau Lombok telah membuat beberapa wisatawan rela untuk melintasi jalan yang tidak mulus hanya untuk berlibur sembari membuktikan warna dari pasir di tempat wisata ini.

Semoga dalam waktu dekat prasarana dan akomodasi untuk berwisata ke Pantai Tangsi/Pink akan segera diperbaiki dan dibangun.

Please Share :

Related Post


Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi
Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Meskipun ada beberapa wisatawan yang telah mendengar tentang keindahan Pantai…

11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Pantai Indah Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Berwisata ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan. Pulau yang berada…

Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi
Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi

Setelah berwisata di beberapa pantai yang berada di bagian Utara…

Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok
Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok

Keindahan dari Pantai Surga Lombok mulai dikenal oleh para wisatawan.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *