Home  /  Wisata Bali  / Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali

Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali


Pantai Sanur – Pesona Sunrise di Timur Bali

Bagi wisatawan yang mempunyai keinginan untuk berwisata ke pantai yang memberikan pesona sunrise, Pantai Sanur merupakan salah satu pantai di pulau Bali yang akan memberikan nuansa indah di pagi hari.

Berjalan ataupun jogging di pagi hari menyusuri pasir putih pantai yang lembut, sembari menunggu terbitnya matahari, merupakan salah satu aktifitas yang sangat menyenangkan di Pantai Sanur.

sanur sunrisePantai sepanjang 3 km dengan panorama indah dan menawan, akan semakin terlihat indah ketika cahaya merah mulai secara perlahan menampakkan sinarnya.

Wisatawan juga bisa menyewa sepeda di pantai ini. Ada beberapa tempat yang menyediakan jasa sewa sepeda dengan tarif yang murah sekitar 5 ribu rupiah perjamnya.

Di pinggir pantai telah tersedia sejenis trotoar yang bisa digunakan bagi wisatawan untuk bersepeda maupun berjalan kaki.

Bersepeda menuju ke arah selatan melewati beberapa pantai lain yang dekat dengan tempat wisata ini yaitu pantai Sindhu, pantai Karang, dan pantai Semawang, selain wisatawan bisa menikmati panorama alam Pantai Sanur, hal ini tentunya baik bagi kesehatan.

Lelah bersepeda, wisatawan bisa beristirahat di bawah pohon yang rindang sembari menikmati sejuknya hembusan angin pantai. Di sekitar pantai juga terdapat warung-warung yang dengan cepat akan melayani para wisatawan yang membutuhkan makanan dan minuman.

pantai sanur

Semakin siang, suasana pantai akan semakin ramai, karena pantai ini merupakan tempat yang menyenangkan untuk berenang. Ombak di pantai ini tidak besar sehingga aman bagi wisatawan yang ingin bermain air di pinggir pantai.

Terdapat beberapa penahan ombak di Pantai Sanur yang membuat air laut menjadi lebih tenang. Penahan ombak itu sengaja dibangun untuk mencegah terjadinya abrasi yang dapat menggerus pasir pantai.

Pada ujung penahan ombak terdapat tempat untuk berteduh (bale bengong). Sangat nyaman bersantai di tempat ini sembari menikmati pesona alam Pantai Sanur.

cantiknya pantai sanur

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Pantai Sanur adalah seawalker, yaitu berjalan di dasar laut pada kedalaman 5-7 m. Wisatawan yang ingin menikmati seawalker, tidak harus memiliki keahlian menyelam ataupun bisa berenang.

Dengan menggunakan sebuah helm yang telah dirancang khusus untuk bernafas di dalam air, wisatawan bisa menikmati keindahan alam bawah laut Pantai Sanur. Sebelum menyelam, instruktur akan memberikan beberapa penjelasan sebagai panduan bagi wisatawan sebelum melakukan kegiatan ini.

keindahan pantai sanurKegiatan seawalker berlangsung selama 45 menit. Wisatawan dapat melihat aneka ikan hias, tumbuhan laut, dan juga terumbu karang yang cantik.

Wisatawan dapat berfoto-foto di dasar laut dengan latar belakang panorama indah alam bawah laut yang unik.

Biasanya pemandu wisata memiliki kamera khusus untuk berfoto di dalam air. Selama kegiatan pemandu/instruktur akan terus berada di dekat wisatawan, memberikan pengawasan dan menjaga keamanan para wisatawan.

Olahraga air lainnya yang dapat di lakukan di Pantai Sanur adalah snorkeling, diving, dll. Wisatawan juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berkeliling di kawasan wisata Sanur, atau mengunjungi pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Penida yang terlihat dari tepi pantai.

Di kawasan wisata Pantai Sanur terdapat sebuah museum yaitu museum Le Mayeur. Dahulu museum ini adalah sanggar lukis yang didirikan oleh seorang pelukis asal Belgia yaitu A. J. Le Mayeur yang pada tahun 1932 beliau datang ke pulau Bali.

Beliau termasuk salah satu orang yang memperkenalkan keindahan Pantai Sanur kepada dunia. Seorang model di dalam lukisannya adalah Ni Nyoman Pollok, dan akhirnya menjadi istri A. J. Le Mayeur.

Transportasi Menuju ke Pantai Sanur

Pantai Sanur berlokasi di sebelah timur kota Denpasar, tepatnya di desa Sanur, kec. Denpasar Selatan. Pantai ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit dari bandara Ngurah Rai dengan jarak sekitar 17 km. Sedangkan jarak pantai dari kota Denpasar kurang lebih 9,5 km.

Wisatawan dapat menggunakan jasa taksi, atau menyewa mobil maupun motor untuk berkunjung ke pantai ini. Ada banyak tempat yang menawarkan jasa rental mobil atau motor di Pulau Bali dengan harga yang relatif murah.

Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200 ribu/hari, tergantung dari jenis dan tahun pembuatan mobil. Sedangkan harga sewa motor berkisar antara 50 ribu – 75 ribu rupiah/hari.

Fasilitas Pantai Sanur

Pihak pengelola wisata Pantai Sanur, telah melengkapi beberapa fasilitas di area wisata agar dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan.

Beberapa fasilitas di Pantai Sanur, diantaranya :

  1. Terdapat beberapa tempat penginapan yang dekat dengan lokasi pantai.
  2. Tersedia art shop di area wisata yang menjual barang-barang kesenian, dan layak sebagai cinderamata.
  3. Terdapat beberapa restoran dengan rasa masakannya yang lezat, dan dapat dijadikan sebagai sarana wisata kuliner bagi para wisatawan.
  4. Tidak sulit untuk mencari pedagang souvenir di area wisata ini, mereka menjual aneka hasil kerajinan khas Bali mulai dari baju, celana, sandal, topi, tas, dll.
  5. Tersedia tempat berteduh atau pondok kecil di tepi pantai, yang dapat dijadikan sebagai tempat berlindung maupun sebagai tempat bersantai sembari menunggu terbitnya matahari.
  6. Fasilitas permainan air seperti seawalker, snorkeling, diving, dll.
  7. Jasa sewa perahu yang siap mengantarkan wisatawan keliling area wisata, dan berkunjung ke pulau yang dekat dengan Pantai Sanur.

Penginapan di Sekitar Pantai Sanur

Wisatawan dapat mencari penginapan yang dekat dengan lokasi pantai. Terdapat beberapa pilihan penginapan bagi para wisatawan dengan tarif inap yang bervariasi.

Penginapan tersebut antara lain :

Bintang 1

  1. Cafe Locca Homestay Sanur

Jl. Sudamala 8, Sanur, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Stana Puri Gopa Hotel

Jl. Kusuma Sari No. 4, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Swastika Guesthouse

Jl. Danau Tamblingan No. 46, Denpasar Selatan, Bali 80228

Bintang 2

  1. Puri Dalem Hotel

Jl. Hang Tuah No. 23, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80227

  1. Gazebo Beach Hotel

Jl. Danau Tamblingan No. 35, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Laghawa Beach Hotel and Villa

Jl. Danau Tamblingan No. 51, Denpasar Selatan, Bali 80228

Bintang 3

  1. Svarna Hotel Sanur

Jl. Danau Tamblingan No. 50, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Sari Villa Sanur Beach

Jl. Danau Tamblingan No. 47b, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Hotel Mentari Sanur

Jl. Hang Tuah No. 3, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80227

Bintang 4

  1. Hotel Puri Tempo Doeloe

Jl. By Pass Ngurah Rai 209, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Sanur Paradise Plaza Suites

Jl. By Pass Ngurah Rai No. 83, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Swiss-Belresort Watu Jimbar

Jl. Danau Tamblingan No. 99A, Denpasar Selatan, Bali 80228

Bintang 5

  1. Griya Santrian

Jl. Danau Tamblingan No. 47, Denpasar Selatan, Bali 80228

  1. Inna Grand Bali Beach

Jl. Hang Tuah, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80227

  1. Mahagiri Villas Sanur

Jl. Pungutan No. 31, Denpasar Selatan, Denpasar, Bali 80228

Saran

  1. Agar kulit wisatawan tidak terbakar oleh panasnya sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan sunblock.
  2. Saat yang tepat untuk berkunjung ke pantai adalah di pagi hari sebelum matahari terbit, agar wisatawan dapat menikmati keindahan sunrise di pantai ini.
  3. Untuk mendapatkan harga yang murah, wisatawan dapat menyewa mobil bersama dengan wisatawan lainnya.
  4. Setelah puas berwisata di Pantai Sanur, sempatkanlah untuk berkunjung ke Pantai Nusa Dua.

Pantai Sanur, keindahan pantai di timur pulau Bali yang memberikan suasana sunrise yang cantik. Pantai ini merupakan salah satu wisata pantai di Pulau Bali yang wajib untuk dikunjungi oleh wisatawan.

Please Share :

Related Post


Circus Waterpark – Wahana Rekreasi Air di Bali
Circus Waterpark – Wahana Rekreasi Air di Bali

Setelah puas liburan di pantai, mengunjungi museum, dan berbelanja, sekarang…

Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali
Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali

Lempuyang adalah sebuah kata dalam bahasa Jawa, namun dalam bahasa…

Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali
Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali

Berwisata ke pulau Bali tidak hanya berkunjung ke wisata pantainya…

Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali
Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali

Berwisata ke pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *