Home  /  Wisata Lombok  / Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran


Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Apabila Anda masih berada di wilayah Lombok Tengah, sediakanlah waktu untuk liburan di Pantai Seger Lombok. Panorama alamnya yang menawan dapat menyegarkan tubuh dan pikiran.

Salah satu hal yang menarik di pantai ini adalah ritual “Bau Nyale” (berburu cacing laut). Ritual yang dirayakan pada sekitar bulan Februari hingga bulan Maret ini, dilakukan untuk menghormati Putri Mandalika. Beliau adalah seorang putri dari kerajaan Tanjung Bitu.

Sejarah Putri Mandalika

cerita-pantai-segerDahulu kala di wilayah selatan Pulau Lombok berdiri sebuah kerajaan yang dikenal dengan nama Tanjung Bitu.

Raja dari kerajaan Tanjung Bitu ini terkenal arif dan bijaksana serta memiliki seorang  permaisuri yang bernama Dewi Seranting.

Raja tersebut bernama Tonjang Beru dan dikaruniai seorang putri yang bernama Putri Mandalika. Pada saat sang putri beranjak dewasa kecantikan rupanya membuat dia terlihat anggun dan sungguh menawan.

Rambutnya begitu indah dan terkenal ramah serta sopan. Pada saat berbicara, tutur bahasanya begitu lembut sehingga membuat Putri Mandalika menjadi kebanggaan bagi rakyat dan kerajaan Tanjung Bitu.

Kecantikan dari Putri Mandalika terkenal dari ujung barat hingga ujung timur. Ada banyak pangeran yang ingin menjadikan sang putri untuk menjadi permaisurinya.

Pangeran-pangeran tersebut berasal dari kerajaan Johor, Pane, Lipur, Beru, Kuripan dan Daha. Mereka berusaha untuk meminang sang putri, namun sayang keinginan tersebut tidak tercapai karena Putri Mandalika menampik lamaran tersebut.

Dari beberapa pangeran tersebut Pangeran Maliawang dan Pengeran Datu Teruna yang berasal dari kerajaan Lipur dan kerajaan Johor menjadi murka. Datu Teruna mengutus Arya Tebuik dan Arya Bawal untuk melamar sang putri dengan ancaman jika ditolak maka akan dihancurkan kerajaan Tanjung Bitu.

Sedangkan Pangeran Maliawang mengutus Arya Tuna dan Arya Bumbang dengan permintaan dan ancaman yang sama.

liburan-di-pantai-seger-lombokAkan tetapi, Putri Mandalika tetap pada pendiriannya. Akhirnya Pangeran Maliawang meniup Senggeger Jaring Sutra dan Senggeger Utusaning Allah dilepaskan oleh Pangeran Datu Teruna.

Keampuhan dari kedua senggeger ini membuat Putri Mandalika menjadi kurus karena tidak bisa makan dan juga tidur. Negeri Tanjung Bitupun mengalami duka.

Alasan sang putri menolak cinta dari kedua pangeran tersebut adalah karena dia merasa memikul sebuah tanggung jawab yang besar. Apabila sang putri menentukan pilihannya pada salah seorang pangeran, maka akan terjadi bencana besar.

Ketika bersemedi, Putri Mandalika mendapatkan wangsit untuk mengundang semua pangeran pada tanggal 20 bulan 10 (hitungan berdasarkan bulan Sasak) untuk berkumpul di pagi hari sebelum adzan Subuh.

Kedatangan mereka harus bersama dengan seluruh rakyat dari kerajaan masing-masing. Ternyata 6 orang pangeran dari 6 kerajaan datang memenuhi undangan tersebut dan mereka berkumpul di wilayah pantai yang saat ini dikenal dengan nama Pantai Seger.

Pantai ini begitu ramai karena para pangeran datang bersama dengan raknyatnya. Bahkan ada pangeran yang telah datang di lokasi pantai 2 hari sebelum pertemuan.

Sesuai dengan janjinya, sang putri yang cantik jelita datang sebelum adzan berkumandang. Putri Mandalika dikawal ketat oleh prajurit kerajaan Tanjung Bitu. Semua tamu yang hadir begitu terpana dengan kecantikan sang putri.

Kemudian Putri Mandalika menghentikan langkahnya di atas sebuah batu dan membelakangi laut lepas. Di hadapan para undangan, sang putri mengumumkan keputusannya dengan suara yang lantang.

Inti dari keputusan beliau adalah Putri Mandalika menetapkan bahwa dirinya untuk semua orang karena dia tidak bisa memilih salah seorang pangeran untuk menjadi suaminya, dan telah menjadi takdir baginya untuk menjadi Nyale yang dapat dinikmati oleh setiap orang.

Setelah mengakhiri perkataannya, Putri Mandalika menjatuhkan diri dari atas batu dan masuk ke dalam laut serta langsung ditelan oleh ombak yang disertai dengan angin kencang, petir dan juga kilat yang menggelegar.

Semua orang berusaha untuk mencari sang putri, namun tidak ada satupun orang yang dapat menemukannya. Pada saat mereka kebingungan muncul binatang kecil yang disebut Nyale dalam jumlah yang sangat banyak.

Mereka menduga jika binatang tersebut adalah jelmaan dari sang putri, sehingga mereka berlomba-lomba untuk mengambilnya.

Sampai dengan saat ini, tradisi Nyale masih dilakukan oleh warga di Pulau Lombok. Pada saat acara Bau Nyale akan dilakukan, mereka telah berkumpul di tepi pantai sejak sore hari.

Mereka membuat kemah dan juga mengisi acara malam yang menampilkan berbagai kesenian tradisional seperti berbalas pantun (betandak), memberikan cinderamata kepada sang kekasih (bejambik), dan juga digelar drama kolosal yang menceritakan tentang Putri Mandalika di Pantai Seger.

Nyale akan menampakkan wujudnya pada dini hari dan segera menghilang pada saat fajar.

pantai-seger

Kegiatan lainnya yang menyenangkan selama liburan di Pantai Seger Lombok :

1. Bersantai

Sesuai dengan namanya, Pantai Seger akan memberikan kesegaran bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya. Suasana pantainya yang tidak begitu ramai membuat waktu santai Anda terasa tenang dan nyaman. Panorama alam tepi pantai didominasi oleh tanaman hijau yang tumbuh dengan subur di halaman bukit-bukit kecil.

2. Berenang

Berenang atau bermain air di Pantai Seger sungguh sangat menyenangkan. Air lautnya jernih berwarna biru kehijauan dan pasir pantainya yang berwarna putih terasa nyaman di kaki.

3. Snorkeling

Ada beberapa tempat di Pantai Seger dimana perairannya cukup tenang. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan alam bawah laut Pantai Seger, Anda bisa melakukannya dengan nyaman di tempat wisata ini.

4. Berselancar

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga air ini, ombak di Pantai Seger begitu cantik dan dapat membuat Anda menari-nari di atas ombak. Persiapkan peralatan selancar Anda dan cobalah untuk menaklukkan ombak Pantai Seger.

Pantai Seger mempunyai areal yang cukup luas dan dibelah oleh bukit-bukit kecil. Sisi pantai yang berhadapan dengan laut lepas memiliki ombak yang menantang, dan di lokasi ini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam dimana sinarnya menghilang dibalik bukit.

panorama-pantai-seger

Sedangkan sisi pantai lainnya dikelilingi oleh bukit, sehingga perairannya sangat tenang. Terdapat jembatan kayu yang bisa digunakan oleh setiap wisatawan untuk berpetualang dari bukit ke bukit.

Untuk menyusuri semua bagian dari Pantai Seger, Anda bisa menggunakan kendaraan bermotor atau cukup dengan berjalan kaki.

Transportasi Menuju Ke Pantai Seger

Bagi Anda yang ingin liburan di Pantai Seger Lombok, obyek wisata indah serta bersejarah ini berada sekitar 2 km dari Pantai Kuta Lombok.

Jika wisatawan sedang berada di Pantai Kuta Lombok, Anda bisa menyewa ojek dengan tarif sekitar Rp 15.000.

Cukup mahal untuk jarak yang tidak terlalu jauh. Jika Anda berjalan kaki dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk tiba di Pantai Seger.

Namun, bagi wisatawan yang berangkat dari kota Mataram, selain menyewa mobil atau motor Anda juga bisa menggunakan angkutan umum. Dari Mataram terdapat angkutan umum jurusan Mataram-Sengkol melewati Bertais dan Praya.

Setelah sampai di Sengkol, tersedia angkutan umum dari Sengkol menuju Kuta. Perjalanan dari Kuta ke Pantai Seger akan dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Tarif untuk masuk ke lokasi pantai adalah sebesar Rp 10.000/mobil.

Fasilitas Pantai Seger

Telah tersedia beberapa fasilitas umum di Pantai Seger seperti areal untuk parkir kendaraan, kamar mandi atau toilet dengan tarif Rp 2.000, warung makan yang telah menyajikan aneka menu yang lezat, dan beberapa tempat untuk beristirahat.

Penginapan

Jika Anda ingin menginap di dekat lokasi wisata ini, telah tersedia beberapa penginapan yang layak untuk Anda. Penginapan tersebut diantaranya adalah Kuta Indah Lombok dan Novotel Lombok Hotel.

Saran

  1. Wisatawan yang membawa makanan dan minuman ringan dari luar harus tetap menjaga kebersihan pantai agar keindahan Pantai Seger tetap terjaga.
  2. Panasnya sinar matahari di tepi pantai dapat membuat kulit menjadi terasa pedih, oleh karena itu jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya.
  3. Setelah puas liburan di Pantai Seger Lombok, lanjutkan perjalanan wisata Anda menuju ke Pantai Kuta Lombok yang telah terkenal hingga ke mancanegara.

Pantai ini sama indahnya dengan Pantai Seger, namun telah dikelola dengan lebih baik sehingga fasilitas umumnya lebih lengkap. Menghabiskan waktu liburan Anda di Pantai Kuta Lombok akan memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan.

Please Share :

Related Post


Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara
Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara memiliki obyek wisata pantai yang indah dan…

Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok
Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang indah dan telah berumur…

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang
Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan…

Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil
Keindahan Gili Trawangan – Pesona Kecantikan Dari Sebuah Pulau Kecil

Di bagian barat laut Pulau Lombok terdapat 3 rangkaian gili…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *