Home  /  Wisata Lombok  / Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi


Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Meskipun ada beberapa wisatawan yang telah mendengar tentang keindahan Pantai Selong Belanak Lombok, namun pantai ini masih sangat jarang dikunjungi terutama pada hari kerja. Umumnya wisatawan lebih memilih untuk berkunjung ke Pantai Kuta Lombok atau Pantai Senggigi.

Akan tetapi, justru disinilah kelebihan dari Pantai Selong Belanak Lombok, karena jarang dikunjungi maka obyek wisata pantai ini masih alami dan suasananya begitu tenang.

pantai-selong-belanak-lombokKeindahan Pantai Selong Belanak terpancarkan dari hamparan pasir putihnya yang lembut. Butiran pasir di pantai ini begitu halus, berbeda dengan pasir di Pantai Kuta Lombok dimana butiran pasirnya seperti merica.

Air lautnya jernih berwarna biru muda kehijauan dan ombaknya relatif tenang sehingga mengajak Anda untuk segera berenang ataupun bermain air.

Garis pantainya cukup panjang yaitu mencapai kurang lebih 1 km. Dari tepi pantai Anda bisa menyaksikan luasnya Samudra Hindia.

Bukit-bukit hijau di tepi pantai terasa sejuk di mata. Kehadiran mereka membuat obyek wisata pantai ini terkesan teduh dan asri. Jika Anda berani dan memiliki cukup energi, cobalah untuk mendaki bukit tersebut.

Pesona keindahan Pantai Selong Belanak akan menampilkan sisi kecantikan yang berbeda jika dilihat dari atas bukit.

Sebagian besar dari penduduk setempat berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, di tepi pantai berbaris rapi perahu-perahu tradisional nelayan. Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan menuju ke bagian utara agar bisa menikmati suasana yang lebih sepi, tenang, dan nyaman.

keindahan-pantai-selong-belanak-lombok

Adapun aneka kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Selong Belanak Lombok antara lain :

1. Bersantai

Pantai yang sepi nan damai ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat bersantai. Panorama alamnya yang menawan pastinya dapat membantu Anda untuk menghilangkan kepenatan akibat beban rutinitas sehari-hari.

2. Berenang

Sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba untuk berenang di tepi pantai yang indah ini. Air lautnya yang jernih dan karakter ombaknya yang relatif tenang akan memberikan kenyamanan bagi setiap wisatawan yang berenang.

Kesejukan airnya mampu untuk memberikan kesegaran di tengah panasnya cuaca pantai.

3. Memancing

Setelah bosan bersantai dan berenang, cobalah untuk menyewa perahu nelayan. Dengan perahu tersebut, Anda bisa menuju ke tengah laut menikmati keindahan Samudra Hindia dan sisi selatan dari Pulau Lombok.

Selain itu, bagi Anda yang gemar memancing ikan, Anda juga bisa menyalurkan hobi tersebut bersama dengan nelayan setempat.

4. Berselancar

Ombak di pantai ini memang kurang cocok bagi para peselancar profesional. Namun, jika Anda ingin belajar berselancar, pantai ini adalah tempat yang tepat.

Anda bisa memanfaatkan jasa “Kimens Surf” yang akan memberikan kursus singkat berselancar. Biayanya cukup murah yaitu sekitar Rp 480.000, sudah termasuk transportasi dari Pantai Kuta Lombok, sewa papan selancar, makanan dan minuman ringan, dan belajar berselancar selama 4 jam.

Bagi Anda yang telah mahir berselancar, di tepi pantai terdapat jasa persewaan papan selancar seharga Rp 50.000/hari.

5. Berinteraksi dengan penduduk setempat

Kehidupan penduduk setempat yang jauh dari gaya hidup modern seperti di perkotaan, tentunya dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan.

Anda dapat menyaksikan dimana anak-anak di kawasan wisata ini membantu orangtuanya seperti mengangkut air tawar. Sedangkan beberapa nelayan sedang fokus memperbaiki perahu dan jalanya, dan lain-lain.

pesona-pantai-selong-belanak

Transportasi Menuju Ke Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong Belanak berlokasi di Desa Selong Belanak, Kec. Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Jarak antara pantai ini dengan Kota Mataram adalah sekitar 50 km.

Perjalanan yang harus ditempuh cukup menegangkan namun juga menyenangkan. Panorama alam Pulau Lombok begitu indah dan di tengah perjalanan terlihat perkebunan tembakau.

Kondisi jalannya naik turun sekitar 15 km sebelum tiba di tepi pantai. Perjalanan ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Apabila wisatawan berangkat dari Pantai Kuta Lombok, jarak antara kedua tempat ini adalah sekitar 22 km.

Bagi wisatawan yang menyewa motor atau mobil tanpa sopir, sebaiknya bertanya arah ke penduduk setempat untuk menuju ke Pantai Selong Belanak.

Sedikit panduan bagi Anda, jika berangkat dari Kota Mataram ikuti jalan menuju ke Bandara Internasional Lombok, begitu tiba di perempatan Masjid Jami’ arahkan kendaraan Anda menuju ke selatan melewati Desa Bonder dan Desa Mangkung hingga tiba di Desa Selong Belanak.

Perjalanan tersebut pastinya akan lebih nyaman jika Anda menyewa mobil lengkap dengan sopir dan bahan bakar. Selama di perjalanan Anda bisa dengan tenang duduk santai sembari menikmati suasana alam yang indah.

Harga sewa mobil tersebut sekitar Rp 600.000 selama 10 jam. Untuk harga sewa motor hanya Rp 50.000/hari.

Selain itu, terdapat juga agen wisata yang menawarkan beberapa paket perjalanan wisata yang menarik. Anda bisa mengambil paket tersebut dan pastikan ada kunjungan ke Pantai Selong Belanak serta beberapa pantai indah lainnya di selatan Pulau Lombok.

Tiket untuk masuk ke tempat wisata ini adalah sebesar Rp 5000/mobil.

Fasilitas

Meskipun pantai yang tersembunyi ini relatif sepi pengunjung terutama diluar musim liburan, namun kawasan wisata ini telah memiliki beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh setiap pengunjung.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Areal parkir kendaraan.
  2. Penginapan yang berada di tepi pantai.
  3. Beberapa warung makan yang menawarkan menu sederhana nan lezat seperti sate ikan, ikan bakar, dan lain-lain.
  4. Jasa persewaan papan selancar.
  5. Kamar mandi atau toilet.

Penginapan

Selain menginap di kawasan tepi pantai, wisatawan juga bisa mencari penginapan di areal Pantai Kuta Lombok, Kota Praya dan juga Kota Mataram.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Kuta Indah Hotel
  2. Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel
  3. Aerotel Mandalika Praya Lombok
  4. Puri Indah Hotel
  5. Idoop Hotel Lombok
  6. Lombok Garden Hotel
  7. Hotel Santika Mataram
  8. Grand Hotel Lombok

Saran

  1. Jangan lupa untuk memakai sunblock agar kulit terlindungi dari sinar matahari.
  2. Apabila wisatawan ingin berenang, sebaiknya membawa pakaian ganti.
  3. Perjalanan yang cukup panjang dapat membuat Anda sedikit merasa bosan di dalam mobil, oleh karena itu bawalah makanan dan minuman ringan secukupnya.
  4. Keindahan obyek wisata Lombok ini harus tetap dijaga kelestariannya, karena itu wisatawan harus menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  5. Tidak terlalu jauh dari Pantai Selong Belanak terdapat dua pantai indah lainnya dengan ciri khas yang hampir sama.

Pantai tersebut adalah Pantai Mawun yang berada di Desa Tumpak, Kec. Pujut dengan jarak sekitar 8 km dari Pantai Selong Belanak, dan kurang lebih 14 km dari Pantai Kuta Lombok.

Pantai yang kedua adalah Pantai Mawi yang berada di Desa Mekar Sari, Kab. Lombok Tengah. Pantai Mawi berada diantara Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun. Pantai ini merupakan salah satu surga bagi para peselancar profesional.

Kedua pantai ini masih alami dan jalan untuk menuju ke sana kurang mulus. Oleh karena itu, para wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Mawun dan Pantai Mawi lebih senang menggunakan kendaraan roda dua.

Please Share :

Related Post


Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB
Oleh-oleh Khas Lombok – Cinderamata Menarik dari NTB

Pulang liburan tanpa membawa oleh-oleh, rasanya seperti semangkuk sayur yang…

Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan
Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Setelah menikmati suasana alam di Pantai Sekotong, wisatawan bisa melanjutkan…

Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel
Air Terjun Benang Kelambu – Berada di Dekat Air Terjun Benang Stokel

Di wilayah Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, terdapat dua buah…

Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah
Pesona Pantai Gerupuk Dan Teluk Gerupuk – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlibur di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, tidak akan terpisahkan dengan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *