Home  /  Wisata Lombok  / Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang


Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan panorama alam unik nan menawan. Pantai ini berada di kawasan Desa Selong Belanak, namun pintu masuk ke lokasi pantai melalui Desa Mekar Sari.

Suasana pantainya begitu sepi dan tidak ada penduduk yang tinggal di tepi pantai. Satu-satunya bangunan yang ada di areal pantai adalah sebuah pondok atau gazebo. Pantai indah dan unik ini dikenal dengan nama Pantai Semeti.

Pada saat tiba di lokasi pantai, Anda akan langsung disambut dengan bentangan pasir putih yang begitu bersih. Biru kehijauan air laut di pantai ini tampak bergelombang membasuh pasir pantai dan menghantam batu karang di tepi pantai.

keindahan-pantai-semeti-lombokKarakteristik dari pasirnya sama dengan Pantai Kuta Lombok yaitu seperti butiran merica. Namun, keindahan Pantai Semeti tidak hanya karena pasir pantainya atau ombaknya yang menderu-deru.

Di antara batu-batu karang terdapat lekukan yang berisi air laut. Lekukan-lekukan yang terbentuk secara alami ini seperti sebuah akuarium alam yang indah.

Fenomena unik ini membuat Pantai Semeti semakin dikenal oleh para wisatawan.

Seiring berjalannya waktu, pesona keindahan Pantai Semeti mulai dilirik oleh pemerintah setempat. Hal ini disebabkan karena jumlah pengunjung yang kian hari makin bertambah.

Mereka yang berkunjung ke pantai ini bukan untuk berselancar, tetapi berpetualang di antara batu-batu karang agar bisa menyaksikan aneka biota laut seperti ikan, terumbu karang, dan sebagainya di dalam akuarium alamnya yang berbentuk unik tak beraturan.

Tanpa menggunakan alas kaki akan memudahkan Anda untuk berpindah dari satu karang ke karang lainnya, menjelajahi tiap-tiap sudut dari karang tersebut yang di atasnya terdapat kolam kecil nan indah.

akuarium-pantai-semeti

Setelah puas berpetualang, bersantai di atas pasir putihnya yang menawan sembari memandang lepas lautan biru dapat merelaksasi pikiran. Segala kepenatan atau beban pikiran secara perlahan akan sirna berganti dengan kebahagian dan kesenangan.

akuarium-alam-pantai-semeti

Suara deru ombak terdengar nyaman di telinga. Hembusan angin pantainya yang sejuk bagaikan perisai dari panasnya cuaca pantai. Suasana pantainya yang tidak begitu ramai, membuat waktu bersantai Anda menjadi lebih bermakna.

pantai-semetiJernihnya air di Pantai Semeti seakan memancing Anda untuk segera menikmatinya. Walaupun saat ini (Agustus 2014) di kawasan wisata Pantai Semeti belum ada kamar mandi, namun sangat sulit bagi Anda untuk tidak mencoba kesegaran airnya.

Anda seperti berenang di sebuah kolam pribadi yang begitu luas, karena jumlah wisatawan yang berada di lokasi pantai sangatlah jarang, bisa jadi hanya Anda sendirian atau bersama keluarga dan teman-teman.

Fasilitas di Pantai Semeti Lombok

Walaupun fasilitas yang ada di pantai ini hanyalah sebuah gazebo, namun kedepannya obyek wisata ini akan segera dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti Musholla, beberapa gazebo, warung makan, toilet, dan lain-lain.

Pemerintah daerah bekerja sama dengan Desa Mekar Sari dan Desa Selong Belanak akan segera mempersiapkan segala fasilitas tersebut agar keindahan Pantai Semeti dapat dinikmati oleh setiap wisatawan baik lokal maupun dari mancanegara.

Bahkan, jalan untuk menuju ke Pantai Semeti juga akan diperbaiki sehingga wisatawan dapat dengan nyaman menuju ke pantai ini.

Transportasi Menuju Ke Pantai Semeti Lombok

Pantai Semeti berada di Desa Selong Belanak, Kab. Lombok Tengah, akan tetapi jika wisatawan ingin berkunjung ke sana, harus melalui Desa Mekar Sari.

Hal ini disebabkan karena belum ada jalan dari Desa Selong Belanak untuk menuju ke pantai ini.

Lokasi pantai berada di dekat Pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak. Pada pertigaan yang terakhir pada saat Anda ingin menuju ke Pantai Mawi, jika belok ke kanan maka akan menuju ke Pantai Mawi dan apabila ke arah kiri maka jalan tersebut akan menuntun Anda menuju ke Pantai Semeti.

Sebaiknya Anda menyewa mobil atau motor untuk menuju ke pantai ini. Harga sewa mobil di Lombok, termasuk bahan bakar dan sopir adalah sekitar Rp 600.000/10 jam, sedangkan harga sewa motor Rp 50.000/hari.

Untuk bisa masuk ke lokasi pantai, wisatawan harus membeli tiket masuk seharga Rp 10.000/mobil atau Rp 5000/motor.

Penginapan

Penginapan terdekat dari Pantai Semeti berada di kawasan Pantai Kuta Lombok atau di Kota Praya.

Di sana terdapat beberapa homestay dan hotel berbintang seperti Novotel Coralia Lombok, Grandroyal Bandara Internasional Lombok (BIL) Hotel, Aerotel Mandalika Praya Lombok, dan Kuta Indah Hotel.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin berlibur di Pantai Semeti Lombok, sebaiknya membekali diri dengan makanan dan minuman ringan secukupnya. Namun, wisatawan tetap harus menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  2. Memakai krim tabir surya dapat melindungi Anda dari panasnya sinar matahari, selain itu agar lebih nyaman pakailah topi dan kacamata hitam.
  3. Sebaiknya membawa pakaian ganti jika Anda ingin berenang di Pantai Semeti.
  4. Keindahan Pantai Semeti sangat layak untuk diabadikan, oleh karena itu jangan lupa untuk membawa kamera.
  5. Bagi wisatawan yang ingin melihat kehidupan sehari-hari dari Suku Sasak, di kecamatan Pujut terdapat sebuah desa yang bernama Desa Sade. Anda dapat berkunjung ke sana untuk berwisata dan belajar membuat kain songket khas Lombok.
Please Share :

Related Post


Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok
Pesona Keindahan Pantai Kuta Lombok – Alternatif Liburan di Pulau Lombok

Pantai Kuta? Sebagian orang akan langsung teringat dengan keindahan Pantai…

Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang
Pesona Air Terjun Sendang Gile – Nuansa Alam Hutan Yang Tenang

Berlibur ke Pulau Lombok sungguh sangat menyenangkan karena Anda akan…

Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung
Pesona Tanjung Perak Dan Tanjung Cina Lombok – Bersantai di Tepi Tanjung

Obyek wisata Tanjung Perak dan Tanjung Cina Lombok mempunyai nama…

Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran
Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Apabila Anda masih berada di wilayah Lombok Tengah, sediakanlah waktu…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *