Home  /  Wisata Lombok  / Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara

Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara


Pantai Sire Lombok – Pesona Pantai di Kabupaten Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara memiliki obyek wisata pantai yang indah dan masih alami, yakni Pantai Sire Medana Lombok. Hamparan pasir putih kekuningannya terlihat begitu menawan di bawah teriknya sinar matahari.

Airnya jernih dan relatif tenang sehingga aman serta nyaman untuk berenang di sana. Pada saat cuaca cerah, dari tepi pantai wisatawan juga dapat melihat tingginya Gunung Rinjani.

Suasana pagi hari di Pantai Sire terasa tenang dan damai. Di sekitar pantai tumbuh dengan subur beberapa pohon kelapa di atas hamparan padang rumput nan hijau.

pantai-sireJika diperhatikan pohon-pohon kelapa tersebut tumbuh dengan rapi sehingga terkesan elok dan sejuk dipandang. Selain itu, dari tepi pantai wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit.

Panjang garis Pantai Sire kurang lebih 4 km. Berjalan kaki menelusuri tepi pantai sembari merasakan sejuknya air di pinggir pantai adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan pada obyek wisata pantai ini.

Hembusan ramah angin pantai pastinya dapat memberikan kenyamanan kepada para pengunjung. Setelah lelah berjalan kaki, wisatawan bisa bersantai di tepi pantai sembari menikmati keindahan alam pantai. Pada sisi yang lain terlihat anak-anak dengan senangnya bermain pasir membangun sebuah istana mini ditemani oleh orangtuanya.

Kegiatan lainnya yang tak kalah seru adalah bermain kano, snorkeling, dan memancing. Dengan menyewa sebuah kano, Anda bisa menikmati keindahan alam di tempat wisata ini sembari merasakan alunan ombaknya yang tenang.

Jernihnya air di Pantai Sire membuat wisatawan yang sedang bermain kano bisa dengan mudah melihat aneka ikan yang terkadang muncul ke permukaan.

Bagi yang ingin melakukan snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan untuk kegiatan tersebut di lokasi wisata ini dengan harga yang relatif murah. Dengan melakukan selam permukaan, pastinya aneka biota laut di perairan Pantai Sire akan terlihat lebih jelas.

pantai-sire-lombokAktivitas ini sangat digemari oleh sebagian wisatawan, dan umumnya mereka akan menghabiskan sebagian besar waktu liburan di pantai ini dengan ber-snorkeling.

Bahkan bagi mereka yang telah memiliki sertifikat diving, mereka pastinya akan melakukan penyelaman ke beberapa titik di perairan Pantai Sire untuk menikmati keindahan kerajaan lautnya yang menawan.

Apabila wisatawan ingin memancing, telah tersedia beberapa perahu yang dapat disewa. Perahu tersebut akan mengantarkan Anda menuju ke spot-spot tertentu sehingga berpeluang untuk merasakan strike.

Disamping itu, kehadiran lapangan golf di tepi pantai pastinya akan terasa lebih melengkapi liburan para pecinta golf.

Pantai Sire juga sering menggelar pertunjukan musik dan pesta pantai. Selain itu, setiap satu tahun sekali akan diadakan upacara tradisional. Pada saat upacara adat tersebut, wisata Lombok ini akan dikunjungi oleh banyak pengunjung.

Transportasi Menuju Ke Pantai Sire Lombok

Pantai Sire memiliki jarak sekitar 35 km dari Kota Mataram dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam dengan menggunakan mobil atau motor.

Wisatawan bisa memilih 2 buah rute untuk menuju ke obyek wisata ini yaitu melalui pesisir barat Pulau Lombok atau melewati Hutan Pusuk.

Apabila wisatawan memilih pesisir barat Pulau Lombok, dari Kota Mataram perjalanan akan melalui Ampenan, Pantai Senggigi, Bukit Malimbu, dan Pemenang.

Jika ingin menikmati keindahan alam hutan dan berjumpa dengan aneka satwa liar, sebaiknya Anda memilih rute Hutan Pusuk. Dari Kota Mataram menuju ke Gunung Sari, Sidemen, Hutan Pusuk, dan Pemenang.

Ketika melewati wilayah Pusuk, wisatawan akan berjumpa dengan puluhan kera. Jika Anda ingin berinteraksi dengan kera-kera tersebut, jangan lupa untuk membawa pisang.

Fasilitas Pantai Sire Lombok

Telah tersedia beberapa fasilitas umum di sekitar pantai. Wisatawan dapat memanfaatkannya sebagai sarana pendukung selama berlibur di Pantai Sire.

Fasilitas tersebut antara lain :

  1. Lahan untuk parkir kendaraan.
  2. Beberapa penginapan berkelas.
  3. Restoran atau warung makan yang menyajikan aneka menu lezat serta menggugah selera.
  4. Tersedia tempat untuk menyewa peralatan snorkeling dan diving.
  5. Jasa sewa perahu, kano, kursi santai, dan beberapa fasilitas lainnya.

Penginapan

Beberapa hotel favorit yang berada di obyek wisata ini antara lain Tugu Lombok Hotel, Puri Sharon Hotel, dan The Oberoi.

Selain itu, sebagian wisatawan memilih untuk menginap di wilayah obyek wisata Senggigi.

Saran

  1. Sebaiknya wisatawan menggunakan krim tabir surya agar kulit terlindungi dari panasnya cuaca di tepi pantai.
  2. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti jika Anda ingin bermain air atau snorkeling di Pantai Sire.
  3. Perjalanan panjang menuju ke Pantai Sire Lombok dari Kota Mataram, pastinya akan menguras energi Anda. Oleh karena itu, sebaiknya wisatawan membawa bekal makanan dan minuman sebelum berangkat menuju ke tempat wisata ini.
  4. Memakai topi dan kacamata hitam tentunya akan membuat Anda menjadi lebih nyaman selama berada di tepi pantai.
  5. Bawalah uang tunai secukupnya karena cukup sulit untuk mencari mesin ATM di sekitar Pantai Sire.
  6. Bagi wisatawan yang berjiwa petualang, sangat disayangkan jika waktu liburan di Pulau Lombok tidak diisi dengan petualangan ke Gunung Rinjani. Gunung tertinggi kedua di Indonesia ini akan menyajikan beberapa pemandangan indah nan menawan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi Danau Segara Anak yang berada di lereng Gunung Rinjani.
Please Share :

Related Post


Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung
Pantai Batu Payung Lombok – Pantai Unik Berbatu Besar Seperti Payung

Lokasi Pantai Batu Payung berada tidak jauh dari Pantai Tanjung…

Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi
Keindahan Pantai Sekotong – Pesona Pantai di Selatan Senggigi

Setelah berwisata di beberapa pantai yang berada di bagian Utara…

Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M
Masjid Kuno Karang Bayan – Masjid Yang Dibangun Pada Tahun 1020 M

Setelah wisatawan berlibur ke beberapa pantai yang indah, berkunjung ke…

11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi
11 Tempat Wisata Di Lombok Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lombok memiliki beberapa obyek wisata alam yang menawan dan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *