Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise

Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise


Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise

Bentangan pasir putih yang bersinar dan disapu oleh gulungan ombak biru kehijauan adalah ciri khas dari pantai Sumur Tiga. Jernihnya air dan bersihnya pantai merefleksikan gradasi air laut yang menawan. Mulai dari warna biru muda kehijauan hingga menjadi biru tua.

Tidak salah jika banyak orang yang mengatakan bahwa pantai ini adalah Hawainya Indonesia. Aktivitas snorkeling, diving dan memancing sangat sayang jika dilewatkan di pantai ini.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan snorkeling, wisatawan tidak perlu menyewa perahu. Setelah wisatawan menyewa snorkeling gear di penginapan, wisatawan bisa berenang melintasi pantai sembari menyaksikan keindahan alam bawah laut. Pada pagi hari, ombak di pantai Sumur Tiga cukup besar, namun di sore hari ombak di pantai ini cukup tenang sehingga sangat tepat untuk kegiatan snorkeling.

Di pagi hari, secara perlahan cahaya mentari mulai timbul, memancarkan warna merah sehingga menciptakan suasana yang romantis bagi wisatawan. Ombak yang menderu-deru seakan-akan membiaskan cahaya tersebut bercampur dengan biru mudanya air laut. Fenomena ini dapat membuat suasana di pinggir pantai menjadi lebih hangat.

indahnya pesona pantai sumur tiga

Para wisatawan yang menyukai dunia fotografi akan mengabadikan momen yang indah ini. Mereka akan mencari titik yang tepat untuk pengambilan gambar agar bisa menghasilkan foto yang menawan.

Seiring berjalannya waktu sinar mentari semakin terang, sehingga menghilangkan efek warna hitam. Secara perlahan air laut yang berwarna biru muda kehijauan akan semakin terlihat dengan jelas. Putihnya pasir pantai tampak mulai berkilauan.

Hijau pepohonan di pinggir pantai membuat suasana di pantai Sumur Tiga menjadi semakin asri. Jika wisatawan melihat ke arah laut, akan tampak perahu-perahu nelayan yang seperti sedang bermain dengan ikan lumba-lumba. Betapa menyenangkan suasana pagi hari di pantai ini.

Pantai Sumur Tiga memiliki pasir yang lembut dan berwarna putih. Hal ini dapat membuat para wisatawan tertarik untuk berjalan tanpa alas kaki menelusuri pinggir pantai yang terbentang sejauh 2 km. Sentuhan dingin ombak pantai membuat perjalanan tersebut semakin terasa menyenangkan.

Selain itu, tiduran di atas pasir pantai yang lembut, akan memberikan sebuah sensasi yang luar biasa dan dapat menciptakan rasa tenang dan nyaman. Hembusan angin pantai yang sejuk seakan menutupi panasnya sinar matahari. Terdengar canda tawa dan decak kagum dari setiap wisatawan, menggambarkan suasana hati mereka yang bahagia selama berada di pantai Sumur Tiga.

pesona pantai sumur tiga

Pesona pantai Sumur Tiga memang begitu menawan. Nuansa alam di pantai ini mampu menggoda setiap wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Bersantai bersama keluarga ataupun teman sembari menikmati kecantikan panorama alam di pantai Sumur Tiga akan memberikan sebuah pengalaman liburan yang menyenangkan.

Terkadang timbul pertanyaan kenapa pantai yang indah ini diberi nama pantai Sumur Tiga. Ternyata pemberian nama tersebut dikarenakan di pantai ini terdapat 3 buah sumur air tawar. Sumur ini telah berumur puluhan tahun dan memiliki nilai sejarah bagi masyarakat sekitar. Wisatawan dapat mengunjungi ketiga sumur tersebut dan membuktikan apakah sumur di tepi pantai ini memiliki rasa yang tawar.

Bagi wisatawan yang menyukai obyek wisata sejarah, di pantai Sumur Tiga juga terdapat benteng-benteng peninggalan Jepang. Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke benteng tersebut.

pantai sumur tiga

Transportasi Menuju Ke Pantai Sumur Tiga

Pantai Sumur Tiga merupakan salah satu obyek wisata di kota Sabang. Pantai yang berlokasi di sebelah timur pulau Weh ini, terletak di kecamatan Ie Meulee, Sukajaya, Sabang, Aceh. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menuju ke pantai sumur tiga jika wisatawan berangkat dari kota Sabang.

Dalam waktu kurang lebih 15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor, wisatawan telah sampai di lokasi pantai yang indah ini. Perjalanan menuju ke pantai akan dihiasi dengan hijau pohon tropis dan panorama bukit yang indah.

Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menyewa mobil atau motor yang telah disediakan di penginapan-penginapan atau di Pelabuhan Balohan. Harga sewa mobil atau motor di pulau Weh relatif murah.

Penginapan Di Pantai Sumur Tiga

Wisatawan tidak perlu merasa khawatir mengenai penginapan di pantai ini. Jika ingin merasakan indahnya sunrise dan menikmati pesona pantai Sumur Tiga di malam hari, wisatawan bisa memilih beberapa penginapan di sekitar pantai dengan harga yang bervariasi. Adapun biaya untuk menginap di resort-resort pantai Sumur Tiga adalah sekitar 250 rb rupiah.

Souvenir Pantai Sumur Tiga

Beberapa kerajinan dari bahan baku kayu dan batok kelapa merupakan ciri khas souvenir di tempat ini. Aneka kerajinan tersebut merupakan hasil karya masyarakat Desa Ie Meulee-Ujung Kareung. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli T-Shirt dengan motif yang unik khas kota Sabang.

Kuliner di Pantai Sumur Tiga

Bicara masalah kuliner tentunya wisatawan menginginkan makanan dan minuman yang lezat dengan harga yang sesuai. Di pantai Sumur Tiga telah tersedia beberapa tempat makan yang menawarkan aneka menu Eropa dan Indonesia dengan harga yang sesuai serta rasa yang lezat. Ikan bakar adalah salah satu makanan yang sering dipesan oleh wisatawan.

Selain itu, wisatawan juga harus mencoba lezatnya Mie Aceh. Mie Aceh memiliki ukuran mie yang lebih besar daripada mie yang lainnya. Mie tersebut bisa diolah menjadi mie goreng ataupun mie kuah.

Rasanya yang lezat dan pedas akan membuat wisatawan menjadi ketagihan. Agar suasana makan menjadi lebih segar, jangan lupa untuk memesan minuman dingin seperti es kelapa muda.

Baca : Panorama alam Pantai Gapang

Saran

  1. Dikarenakan suasana pantai yang panas, dianjurkan bagi wisatawan untuk menggunakan sunblock.
  2. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  3. Di pagi hari, ombak di pantai Sumur Tiga cukup besar. Oleh karena itu, wisatawan harus berhati-hati ketika bermain air di tepi pantai. Aktivitas snorkeling paling tepat dilakukan di sore hari, karena pada sore hari ombak di pantai ini relatif kecil.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera, karena keindahan pantai ini sangat layak untuk diabadikan sebagai kenangan perjalanan wisata.
  5. Di kota Sabang tidak banyak terdapat SPBU, jadi bagi wisatawan yang menyewa mobil atau motor, pastikan jumlah bahan bakar kendaraan cukup. Jika dalam keadaan darurat, biasanya tersedia tempat penjualan bahan bakar atau minyak di pinggir jalan.

Pesona Pantai Sumur Tiga yang menawan dan nilai sejarah yang ada didalamnya dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Tidak hanya wisatawan lokal yang berlibur di pantai ini, wisatawan luar negeri juga menyukai suasana liburan di Pantai Sumur Tiga.

Please Share :

Related Post


Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe
Air Terjun Blang Kolam – Kesegaran Di Kota Lhokseumawe

Setelah puas berkeliling kota Banda Aceh, wisatawan bisa berkunjung ke…

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berlokasi di dekat kawasan wisata…

Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak
Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang adalah sebuah bangunan keraton yang didirikan…

Indahnya Pantai Anoi Itam
Indahnya Pantai Anoi Itam

Sebuah pantai yang unik dan memiliki pasir yang berwarna hitam…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *