Home  /  Wisata Lombok  / Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung


Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Setiap pantai pastinya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai pembeda dengan pantai lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari panorama alam yang ada di sekitarnya, warna dari pasirnya, ketinggian ombak yang dimiliki, dan sebagainya.

Perbedaan ini merupakan sebuah anugerah bagi para wisatawan, sehingga mereka bisa berganti suasana liburan tanpa ada rasa bosan di dalam hati.

keunikan-pantai-tanjung-aan-lombokKeunikan Pantai Tanjung Aan Lombok terdapat pada jenis pasir pantainya yang berbeda.

Sekilas warna pasir tersebut sama-sama putih, namun jika kita cermati ada satu wilayah di tepi pantai yang warna pasirnya agak kekuningan.

Setelah kita menginjakkan kaki di atas kedua pasir tersebut, akan terasa perbedaan yang cukup mencolok. Pasir yang berwarna putih terasa lembut di kaki seperti tepung atau bedak bayi, sedangkan pasir yang warnanya putih kekuningan terasa menggelincir di telapak kaki.

Ternyata butiran pasir putih kekuningan tersebut memiliki ukuran sebesar biji merica. Keunikan ini membuat Pantai Tanjung Aan mendapatkan julukan sebagai pantai merica dan pantai tepung.

Selain Pantai Tanjung Aan, terdapat beberapa pantai lainnya di kawasan Mandalika Resort yang memiliki pasir seperti merica. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Kuta Lombok.

pasir-merica-tanjung-aan

Jika Anda pernah membaca atau melihat keunikan pada Selat Gibraltar dimana terdapat dua lautan yang bertemu namun tidak bisa menyatu yaitu Laut Mediterania dan Samudra Atlantik, secara ilmiah dijelaskan bahwa hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan pada kadar garam, suhu dan kepekatan dari lautan tersebut, sehingga seolah-olah ada pembatas di antara keduanya.

pantai-tanjung-lombok-aan

Begitu juga dengan pasir Pantai Tanjung Aan, ada pembatas di antara keduanya namun bukan karena perbedaan suhu, dan lain-lain, pembatas tersebut adalah sebuah bukit atau tanjung yang cukup tinggi dan dapat didaki oleh setiap wisatawan.

Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok membuat setiap wisatawan yang berkunjung merasa senang dan betah untuk berlama-lama di tempat wisata ini. Pada saat mereka sedikit jenuh dengan suasana pasir tepung, mereka akan menaiki bukit dan berpindah ke pasir merica.

pasir-mericaSuasana pantainya yang tidak terlalu ramai serta terjaga kebersihannya, membuat waktu bersantai di pantai ini terasa begitu tenang dan nyaman.

Alunan suara ombak yang berbaur dengan hembusan ringan angin pantai dapat menyejukkan hati yang sedang galau.

Di atas bukit telah menanti pesona indah alam pantai dengan view yang berbeda. Luasnya Samudra Hindia terlihat jelas di hadapan pantai, kedua pasir pantainya terlihat cantik bertemu dengan jernihnya air yang berwarna biru kehijauan.

Kegiatan lainnya yang menyenangkan di pantai ini adalah berenang dan snorkeling. Ombak di tepi pantai yang relatif tenang serta air lautnya jernih dan bersih, pastinya sangat mendukung untuk kedua kegiatan tersebut.

Bagi Anda yang tidak membawa peralatan snorkeling, di areal pantai telah tersedia tempat untuk menyewa peralatan snorkeling. Ketika sore hari, ombak di Pantai Tanjung Aan mulai membesar, perubahan alam ini tentunya sangat dinantikan oleh mereka yang gemar berselancar.

Transportasi Menuju Ke Pantai Tanjung Aan

Pantai yang indah ini berada sekitar 4 km dari Pantai Kuta Lombok. Jika wisatawan berangkat dari Bandara Internasional Lombok, jarak yang harus ditempuh untuk menuju ke lokasi pantai adalah sekitar 24 km.

Namun, jika dari Kota Mataram, wisatawan akan menempuh jarak yang cukup jauh yaitu kurang lebih 62 km dalam waktu sekitar 2 jam.

Pilihan moda transportasi yang bisa digunakan adalah angkutan umum, kendaraan pribadi atau sewa.

Jika Anda ingin menyewa mobil, harga sewa mobil termasuk sopir dan bahan bakar adalah kurang lebih Rp 600.000/10 jam. Sedangkan harga sewa motor sekitar  50 ribu rupiah per hari.

Bagi wisatawan yang ingin menggunakan angkutan umum, dari Kota Mataram pilihlah angkutan umum yang akan membawa Anda ke Sengkol.

Kemudian dari Sengkol carilah angkutan umum yang akan mengantarkan Anda menuju ke Kuta. Di kawasan Pantai Kuta terdapat ojek yang telah siap untuk mengantarkan setiap wisatawan yang ingin berlibur ke Tanjung Aan Beach.

Harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Aan adalah sebesar 10 ribu rupiah per mobil.

Fasilitas

Telah tersedia beberapa fasilitas umum di pantai ini walaupun belum begitu lengkap. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya adalah areal untuk parkir, warung makan sederhana, Musholla, sewa alat untuk snorkeling, dan kamar mandi.

Penginapan

Penginapan terdekat dari Tanjung Aan Beach berada di wilayah obyek wisata Pantai Kuta. Di sana telah tersedia beberapa hotel dengan berbagai kelas dan harga.

Penginapan tersebut diantaranya Kuta Indah Lombok, Novotel Coralia Lombok, dan lain-lain.

Saran

  1. Di areal pantai terdapat beberapa orang pedagang yang menawarkan aneka cinderamata khas Lombok. Jika Anda ingin membelinya, beranikan diri untuk menawar harga hingga 50 % dari harga yang ditawarkan.
  2. Bagi Anda yang tidak berminat untuk membeli cinderamata, sebaiknya jangan iseng untuk melihat-lihat barang dagangan mereka.
  3. Menggunakan sunblock dan kacamata hitam akan membuat Anda lebih nyaman selama berada di tepi pantai.
  4. Hati-hati ketika akan menaiki bukit dan jangan terburu-buru.
  5. Di balik sebuah bukit yang berada di sisi timur dari Pantai Tanjung Aan terdapat sebuah obyek wisata pantai yang didominasi oleh batu-batuan. Bahkan, terdapat batu berukuran besar sehingga seperti payung. Oleh karena itu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Batu Payung.

 

 

Please Share :

Related Post


Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi
Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Meskipun ada beberapa wisatawan yang telah mendengar tentang keindahan Pantai…

Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok
Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok adalah sebuah pura yang berada di…

Hutan Lindung Sesaot di Lombok – Wisata Alam Yang Menyenangkan
Hutan Lindung Sesaot di Lombok – Wisata Alam Yang Menyenangkan

Hutan Lindung Sesaot merupakan sebuah kawasan hutan yang masih alami…

Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan
Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Setelah menikmati suasana alam di Pantai Sekotong, wisatawan bisa melanjutkan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *