Home  /  Wisata Bali  / Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh


Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Setelah wisatawan menikmati aneka tempat wisata yang menarik di Pulau Bali, pastinya wisatawan ingin membeli beberapa oleh-oleh khas Bali. Saat ini, telah tersedia beberapa toko souvenir modern di pulau ini yang menawarkan aneka hasil kerajinan seni khas Bali dengan harga pas. Namun, rasanya seperti ada yang kurang jika berbelanja di toko tersebut. Suasana berbelanja terlihat kaku dan kurang menarik.

Terkadang kepuasan dalam membeli suatu produk akan terasa lebih menyenangkan jika melalui sebuah proses yang cukup alot. Proses tersebut yaitu sebuah seni tawar menawar harga yang biasa dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Sembari melihat-lihat dan mencoba untuk menawar harga, wisatawan juga bisa berekreasi di pasar tersebut. Lingkungan pasar dan aneka kegiatan yang ada di dalamnya dapat memberikan sebuah hiburan tersendiri bagi setiap wisatawan.

Sebagian besar pasar seni di Bali telah berada sejak puluhan tahun yang lalu dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Hampir setiap wisatawan yang berkunjung ke Bali selalu menyediakan waktu untuk berkunjung ke pasar tersebut. Umumnya mereka telah mengetahui trik berbelanja di sebuah pasar tradisional.

Pada saat para pedagang membuka harga untuk suatu produk, wisatawan akan menawar harga tersebut hingga 1/3. Proses tawar menawar ini sangat menarik dan menyenangkan. Semua penjual di pasar tradisional telah terbiasa dengan proses tersebut. Oleh karena itu, wisatawan jangan ragu untuk menawar harga.

Tidak semua barang yang dijual di toko souvenir modern lebih murah daripada aneka produk yang dijual di pasar seni. Semua tergantung dari kemampuan individu dalam menawar harga.

Biasanya wisatawan hanya memanfaatkan toko tersebut untuk mencari patokan harga. Dengan informasi tersebut, mereka akan lebih percaya diri dalam menawar harga di pasar seni sehingga mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah.

Itulah sebabnya, walaupun telah bermunculan beberapa toko souvenir modern di Pulau Bali yang memberikan fasilitas pendingin udara, akan tetapi tidak mengurangi jumlah wisatawan untuk berbelanja di pasar seni.

Oleh karena itu, pasar seni di Bali bisa bertahan hingga saat ini. Bahkan ada beberapa pihak pengelola pasar yang memperluas areal untuk berdagang dan juga lahan untuk parkir kendaraan. Dengan demikian, diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung.

Berikut beberapa Pasar Seni di Bali :

pasar seni kuta1. Pasar Seni Kuta

Pasar Seni Kuta berlokasi di dekat pantai Kuta, tepatnya di Jl. Kartika Plaza. Aneka produk kerajinan khas Bali dengan harga yang bervariasi dapat wisatawan temukan di pasar ini.

Biasanya wisatawan asing membeli kaos dari bahan rayon untuk dipakai selama berlibur di Bali. Mereka sangat menyukai motif bir lokal.

Pasar Seni Kuta buka dari jam 08.00-20.00 WITA. Bagi wisatawan yang sedang berlibur di obyek wisata Kuta, jangan melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pasar Seni tersebut.

2. Pasar Seni Badung

Pasar Seni Badung tidak hanya menjual aneka produk seni khas Bali. Berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat Kota Denpasar sampai dengan perlengkapan untuk upacara adat Bali juga tersedia di pasar ini.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba beberapa jajanan tradisional khas Bali, sajian kuliner tersebut dapat dengan mudah ditemukan di tempat ini.

Apabila wisatawan ingin membeli oleh-oleh seperti kaos dan celana, harga produk tersebut akan semakin murah jika dibeli dalam jumlah banyak (1 lusin). Pasar Seni Badung berlokasi di Jln. Gajah Mada, Kota Denpasar.

Aktivitas di pasar ini dimulai sejak dini hari sampai dengan larut malam. Pada saat malam hari sering digelar pasar senggol (pasar malam) yang menjual aneka barang dengan harga promo.

pasar kumbasari3. Pasar Seni Kumbasari

Lokasi Pasar Seni Kumbasari bersebrangan dengan Pasar Seni Badung, tepatnya di Jln. Sulawesi, Denpasar.

Pasar ini dikenal sebagai pasar grosir, sehingga sangat tepat untuk dikunjungi bagi wisatawan yang ingin berbelanja dalam jumlah yang banyak.

Tidak hanya pakaian, di tempat ini juga tersedia beberapa hasil kerajinan khas Bali seperti aneka kerajinan anyaman bambu, patung, ukiran, lukisan, aksesoris Bali, dan lain-lain.

Pasar dengan lahan seluas 6.230 m2 terdiri dari dua lantai. Lantai dasar digunakan sebagai tempat untuk memperdagangkan aneka kebutuhan sehari-hari dan lantai atas digunakan untuk menjual aneka cinderamata khas Bali.

4. Pasar Seni Ubud

Hampir sama dengan pasar seni lainnya, selain menjual kebutuhan hidup sehari-hari, Pasar Seni Ubud juga memperdagangkan aneka hasil kerajinan khas Bali. Sebaiknya wisatawan mencoba untuk menjelajahi areal pasar secara keseluruhan.

Jangan hanya berbelanja di bagian depan pasar saja, sehingga bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga terbaik.

Pasar seni tradisional terletak di bagian barat pasar. Setiap hari sejak jam 08.00-18.00 WITA lokasi ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang sedang berburu oleh-oleh khas Bali.

Sedangkan di bagian timur dari Pasar Seni Ubud telah tersedia beberapa pedagang yang menawarkan aneka produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah, dan lain-lain. Area timur ini beroperasi sejak jam 04.00 WITA sampai dengan sekitar jam 12.00 WITA.

Salah satu hal yang menarik yaitu Pasar Seni Ubud pernah dijadikan sebagai lokasi syuting film ‘Eat, Pray, and Love’. Bagi wisatawan yang ingin berbelanja di pasar ini, lokasi pasar terletak di Jl. Monkey Forest, Ubud, tepat di depan Puri Agung Saren.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor, menempuh jarak kurang lebih 24 km.

pasar seni di bali5. Pasar Seni Sukawati

Bagi wisatawan yang berlibur di obyek wisata Ubud, selain berkunjung ke Pasar Seni Ubud, wisatawan akan memilih Pasar Seni Sukawati sebagai tempat untuk belanja oleh-oleh khas Bali.

Pasar ini telah terkenal hingga ke mancanegara. Aneka perhiasan wanita, pakaian dengan motif khas Bali, sarung khas Bali, sandal, tas, lukisan, dan lain-lain, dapat wisatawan beli di pasar seni ini.

Pasar yang telah berdiri sejak tahun 1980, terbagi menjadi 2 bagian yaitu Local Market dan Art Market. Local Market beroperasi pada pukul 08.00-15.00 WITA, sedangkan Art Market dibuka pada jam 10.00-17.00 WITA.

Pasar Seni Sukawati terletak di Desa Sukawati, Kab, Gianyar, Bali. Jika wisatawan berangkat dari Pasar Seni Ubud, untuk menuju ke tempat ini dibutuhkan waktu kurang lebih 25 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor, menempuh jarak sekitar 13 km.

Namun, pasar ini lebih dekat dibandingkan dengan Pasar Seni Ubud jika berangkat dari Kota Denpasar. Melalui Jln. By Pass Ngurah Rai menuju ke Jln. Prof. Dr. Ida Bagus Mantra lalu melewati Jln. Raya Guwang. Jarak antara Pasar Seni Sukawati dan Kota Denpasar adalah sekitar 15 km.

6. Pasar Seni Guwang

Pasar Seni Guwang berlokasi di Desa Guwang, Kab. Gianyar. Meskipun pasar ini hanya berjarak sekitar 500 meter dari Pasar Seni Sukawati, namun Pasar Seni Guwang kalah populer dibandingkan dengan Pasar Seni Sukawati.

Pasar Seni Guwang dibangun dengan tujuan agar bisa mendukung Pasar Seni Sukawati. Areal parkirnya luas dan pola penataan bangunannya lebih rapi daripada Pasar Seni Sukawati. Bagi wisatawan yang berkunjung dengan menggunakan bus pariwisata, lahan parkir di pasar ini mampu untuk melayani bus-bus tersebut.

Tentunya ini adalah salah satu kelebihan dari Pasar Seni Guwang karena memberikan kemudahan kepada para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Berbagai macam produk khas Bali yang dijual di pasar ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau dan sama dengan harga barang di Pasar Seni Sukawati.

Pada tanggal 27 November 2001, Drs. Dewa Made Beratha (Gubernur Bali) meresmikan Pasar Seni Guwang. Pasar ini terbagi menjadi 3 blok yaitu :

  • Blok A, berlokasi di bagian kiri dari pintu gerbang, dan difungsikan untuk kios-kios yang menjual cinderamata berupa aneka kerajinan kayu serta produk lainnya.
  • Blok B, terletak di bagian kanan dari pintu gerbang. Berbagai pakaian khas Bali dan barang seni lainnya banyak ditawarkan di blok ini.
  • Blok C, berlokasi di ujung blok A & blok B. Akan tetapi, gedung blok C terpisah dari gedung blok A & blok B.

Bagi wisatawan yang merasa lelah dan ingin beristirahat, pada bagian tengah pasar terdapat pohon mangga dan kamboja yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

candi kuning7. Pasar Candi Kuning

Sebuah pasar yang berlokasi di wilayah Bedugul dan beriklim sejuk. Pasar Candi Kuning bersebelahan dengan Kebun Raya Bedugul. Pasar ini lebih tepat disebut sebagai pasar buah dan sayuran.

Berbagai macam buah dan sayuran yang diperdagangkan di Pasar Candi Kuning merupakan hasil panen dari penduduk setempat. Akan tetapi, ada beberapa kios di pasar ini yang menjual aneka cinderamata khas Bali dengan harga yang terjangkau.

Kehadiran toko-toko cinderamata tersebut memberikan keuntungan bagi para wisatawan yang sedang berlibur di obyek wisata Bedugul. Selain mereka bisa berbelanja buah-buahan dan sayur mayur yang masih segar, para wisatawan juga bisa membeli aneka cinderamata khas Bali dengan harga yang murah.

Tentunya wisatawan harus berani untuk menawar harga, agar mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang memuaskan.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Denpasar, perjalanan menuju ke pasar Candi Kuning dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan jarak sekitar 56 km.

Please Share :

Related Post


Pantai Padang Bai Menyembunyikan Keindahan Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon
Pantai Padang Bai Menyembunyikan Keindahan Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon

Padang Bai, sebuah pantai pelabuhan tempat bersandarnya kapal ferry yang…

Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali
Berbelanja Di Joger – Pabrik Kata-Kata di Bali

Berwisata ke pulau Bali, tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung…

Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam
Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Amed adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah timur pulau…

Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni
Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni

Berwisata ke suatu tempat, tidak hanya bertujuan untuk menikmati keindahan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *