Home  /  Wisata Bali  / Pasar Sukawati – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Pasar Sukawati – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh


Pasar Sukawati – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Setelah wisatawan merasa puas berkunjung ke berbagai tempat wisata yang menarik di pulau Bali, seperti berekreasi ke pantainya yang indah, bertamasya ke beberapa tempat wisata bersejarah, menikmati daerah pegunungan yang berhawa sejuk, dan menyantap kelezatan kuliner khas Bali. Maka inilah saatnya bagi para wisatawan untuk mencari tempat yang menjual aneka souvenir/cinderamata khas Bali dengan harga yang murah.

Di pulau Bali, setidaknya ada lebih dari 5 pasar tradisional yang menjual produk-produk khas Bali dengan harga yang miring. Salah satunya adalah pasar Sukawati yang berada di wilayah kabupaten Gianyar.

belanja di pasar sukawatiSelain pasar Sukawati di kabupaten Gianyar juga memiliki satu lagi pasar seni tradisional yaitu pasar Ubud yang terletak di Jl. Monkey Forest.

Pasar Sukawati telah terkenal ke mancanegara. Terutama bagi para wisatawan yang memilih untuk berlibur di wilayah kabupaten Gianyar, akan memilih pasar Sukawati sebagai tempat favorit mereka untuk berburu oleh-oleh.

Di pasar ini, wisatawan dapat membeli aneka perhiasan wanita (seperti jepit rambut, pita, gelang, kalung, dan lain-lain), sarung khas Bali, pakaian dengan motif khas Bali untuk dewasa ataupun anak-anak, sandal dengan motif khas Bali, aneka tas, pakaian santai untuk pergi ke pantai, lukisan, dan masih banyak lagi produk-produk khas Bali yang bisa di beli di pasar Sukawati.

Tercatat hampir semua produk oleh-oleh khas Bali dapat ditemukan di pasar ini.

Wisatawan yang berbelanja di pasar Sukawati jangan takut untuk menawar harga, karena itu adalah seni berbelanja di pasar ini. Wisatawan jangan berpikir berbelanja di pasar Sukawati sama seperti berbelanja di tempat-tempat belanja modern yang menawarkan harga pas dengan strategi promosi berupa diskon pada saat-saat tertentu.

Setiap harga yang ditawarkan oleh semua penjual di pasar ini dapat ditawar hingga sepertiganya.

berbelanja di pasar sukawati

Memang akan ada sedikit perdebatan antara wisatawan dan penjual, namun perdebatan tersebut terkesan santai, karena antara wisatawan dan penjual saling merayu agar bisa menjual atau membeli barang berdasarkan harga yang sesuai dengan keinginan masing-masing.

Posisikan diri wisatawan seolah-olah tidak begitu ingin membeli barang tersebut, sehingga secara psikologis wisatawan akan dapat menguasai perdebatan.

Jika wisatawan tidak jadi membeli, maka para penjual tidak akan memaksa, mereka akan menghormati setiap calon pembeli yang berkunjung ke tokonya. Tapi wisatawan juga harus tetap menjaga sopan santun, jangan berkata kasar walaupun tidak jadi membeli.

Terkadang, ketika wisatawan tidak jadi membeli barang tertentu karena harga yang ditawarkan tidak sesuai dengan keinginan, belum sampai 3 langkah keluar dari toko, wisatawan akan segera dipanggil oleh si penjual.

pasar sukawatiDengan senyum manis biasanya si penjual akan beralasan untuk “penglaris toko” maka diberi harga spesial.

Biasanya, harga-harga istimewa ini akan wisatawan dapatkan pada saat toko baru dibuka yaitu sekitar jam 08.00 WITA.

Semua itu adalah sebuah seni berbelanja di pasar tradisional khususnya di pasar Sukawati. Sungguh sangat menyenangkan berbelanja di tempat ini. Selain harganya murah, jika wisatawan pintar menawar harga maka akan mendapatkan barang dengan harga yang lebih murah.

Pasar Sukawati telah hadir di kabupaten Gianyar sejak tahun 1980. Sebuah pasar seni yang menjual aneka kerajinan khas Bali. Berkunjunglah ke pasar ini dan nikmati sensasi berbelanja yang menyenangkan dengan harga yang memuaskan.

Sebagai tambahan informasi, jadwal dibukanya pasar Sukawati terbagi menjadi 2, yaitu : Local Market pada jam 08.00-15.00 WITA dan Art Market pada pukul 10.00-17.00 WITA.

Transportasi Menuju ke Pasar Sukawati

Pasar Sukawati berlokasi di desa Sukawati, kabupaten Gianyar, Bali. Bagi wisatawan yang menginap di daerah pantai Jimbaran, maka membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk menuju ke tempat ini.

Wisatawan bisa menggunakan jasa taksi, menyewa motor, atau menyewa mobil sebagai alat transportasi untuk menuju ke pasar Sukawati.

Harga sewa mobil dan motor di Bali sangat kompetitif, hal ini tentunya menguntungkan para wisatawan sebagai pengguna jasa tersebut. Harga sewa mobil antara Rp 200.000-1.800.000/hari.

Semakin tinggi harga yang ditawarkan maka semakin bagus mobil yang disewa, dan biasanya telah termasuk jasa sopir dan bahan bakar. Menggunakan jasa sopir akan memberikan banyak manfaat bagi para wisatawan, karena wisatawan bisa santai di dalam mobil tanpa harus melihat GPS ataupun bertanya kepada penduduk setempat demi mencari jalan untuk menuju ke tempat tujuan.

Selain itu, sopir-sopir tersebut telah berpengalaman, sehingga asyik untuk diajak berbicara mengenai tempat-tempat wisata menarik di pulau Bali.

Untuk motor, harga sewa per harinya sebesar Rp 50.000 hingga Rp 75.000. Harga sewanya lebih murah, bebas macet, namun hanya bisa untuk 2 orang.

Sebagai alternatif pilihan lainnya, wisatawan bisa mengambil paket wisata yang menawarkan kunjungan ke beberapa tempat wisata di wilayah Ubud. Wisatawan harus memastikan pada paket tersebut ada jadwal kunjungan ke pasar Sukawati.

Saran

  1. Untuk mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lainnya.
  2. Tersedia beberapa agen wisata atau agen perjalanan di pulau Bali yang menawarkan beberapa paket wisata yang menarik.
  3. Wisatawan harus selektif dalam memilih agar mendapatkan paket wisata yang menyenangkan dengan harga yang ekonomis.
  4. Pasar Sukawati berada di dekat Desa Celuk (desa tempat kerajinan perak dan emas di Bali).

Setelah selesai berbelanja di pasar, wisatawan bisa mencoba untuk berkunjung ke Desa Celuk, karena di desa ini wisatawan dapat membeli aneka produk kerajinan perak dan emas.

Selain itu, pemilik toko akan memberikan izin bagi wisatawan yang ingin melihat proses pembuatan kerajinan perak.

Please Share :

Related Post


68 Obyek Wisata Bali yang Menawan
68 Obyek Wisata Bali yang Menawan

Bali, sebuah pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa…

Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam
Pantai Amed – Surga Bagi Para Penyelam

Amed adalah sebuah desa yang berlokasi di wilayah timur pulau…

Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali
Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali

Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura penting di Pulau…

Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak
Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak

Berwisata ke pulau Bali merupakan pilihan yang sangat tepat bagi…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *