Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh – Pesona Aceh Selatan

Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh – Pesona Aceh Selatan


Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh – Pesona Aceh Selatan

Mungkin belum banyak wisatawan yang mengetahui tentang obyek wisata ini, wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh terletak di desa Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan. Aceh Selatan merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh dengan ibukota Tapak Tuan.

Luas wilayahnya 3.842 km2, terbagi menjadi 16 kecamatan dan 386 desa. Wilayah Kabupaten Aceh Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia di sebelah barat, Kabupaten Aceh Tenggara di sebelah timur, Kabupaten Aceh Barat Daya di sebelah utara dan Kabupaten Aceh Singkil di sebelah selatan.

Sesuatu yang menarik dari wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh adalah obyek wisata ini memiliki kolam pemandian yang luas dan terletak diantara gunung dan laut. Wisatawan yang berkunjung ke pemandian ini bisa merasakan sejuknya hawa pegunungan dan segarnya air yang dingin.

pemandian air dingin lhok pawoh

Sembari berenang atau berendam, wisatawan bisa menikmati panorama alam pegunungan yang teduh dan pesona pantai biru dengan pasirnya yang berwarna putih. Hal ini disebabkan karena antara lokasi pemandian dengan pantai hanya berjarak sekitar 100 meter.

Tidak hanya itu saja gambaran keindahan dari tempat ini. Di wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh juga terdapat air terjun yang indah dan dihiasi oleh batu-batu yang berukuran besar dan tinggi.

Dengan semua kelebihan yang ada pada obyek wisata ini, membuat wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh sering dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya masyarakat sekitar, namun ada beberapa wisatawan dari luar daerah yang berlibur ke tempat ini.

Berenang, berendam, bersantai atau hanya sekedar berfoto sembari merasakan kesejukan dan kesegaran udara pada obyek wisata ini adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para wisatawan.

Selain itu, Kabupaten Aceh Selatan memiliki beberapa kesenian tradisional seperti seni tari, seni debus, dan seni teater haba. Seni tari tersebut antara lain Ratoh Bantai (seni tari yang dipadukan dengan seni suara, dibawakan oleh 1 orang syekh dan 12 orang penari) dan Rapa’i Geleng (seni tari yang berupa gerakan badan yang dipadukan dengan gerakan tangan, kepala, anggota badan lainnya dan suara, dibawakan oleh 1 orang syekh dan 16 orang penari).

Bagi wisatawan yang sedang berekreasi di Kabupaten Aceh Selatan, selain bertamasya ke obyek wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh, wisatawan juga bisa menikmati aneka kesenian tradisional di tempat ini.

buah pala

Disamping itu, wilayah ini juga memiliki obyek wisata lain yang menarik yaitu perkebunan Pala. Tanaman Pala selain sebagai komoditi andalan di daerah ini, juga menjadi salah satu unsur pada lambang Kabupaten Aceh Selatan.

Buah Pala terdiri dari kulit, daging, fuli (salut biji Pala) dan biji Pala. Pada saat buah Pala telah matang, maka kulit dan daging buah Pala akan terbuka. Sehingga biji Pala yang masih terbungkus oleh fuli yang berwarna merah akan terlihat. 1 buah menghasilkan 1 biji yang berwarna coklat. Daging buah Pala, fuli dan biji Pala memiliki nilai jual yang tinggi.

Daging buah Pala, umumnya dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk dibuat manisan dan sirup Pala. Biji Pala yang mengandung minyak atsiri 7-14% dan telah dijemur hingga kering sehingga terpisah dari fulinya, dapat digunakan sebagai bahan baku minyak wangi dan minyak gosok (untuk pengobatan alami).

Tentunya setelah biji Pala kering tersebut mengalami proses destilasi. Bubuk Pala dapat digunakan sebagai penyedap untuk kue, saus, sayuran, puding dan minuman penyegar. Sedangkan fuli dapat dimanfaatkan sebagai rempah-rempah.

manisan pala

Transportasi Menuju Ke Wisata Pemandian Air Dingin Lhok Pawoh

Tidak sulit untuk menuju ke wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh, karena lokasi wisata ini berada di pinggir Jalan Raya Balang Pidie-Tapak Tuan. Jarak tempat wisata ini dari Kota Tapak Tuan sekitar 30 km. Wisatawan dapat menggunakan transportasi umum (bus dan taksi) atau menyewa mobil untuk menuju ke sana.

Jika melalui perjalanan darat, maka dibutuhkan waktu sekitar 8 jam dari kota Medan dan kurang lebih 3 jam dari kota Meulaboh Aceh.

Alternatif lain untuk menuju ke kota Tapak Tuan adalah dengan cara menggunakan transportasi udara. Melalui Bandar Udara Polonia Medan atau Bandar Udara Iskandar Muda Banda Aceh, pesawat akan menuju ke Bandar Udara Teuku Cut Ali.

Apabila wisatawan ingin menggunakan jalur laut, wisatawan bisa berangkat dari Pelabuhan Padang Sumatera Barat, Pelabuhan Laut Sibolga Sumatera Utara, Pelabuhan Sinabang di Semeuleu, Pelabuhan Singkil dan juga Pelabuhan di Pulau Banyak Aceh Singkil.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin menginap di kota Tapak Tuan, telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar harga.

Penginapan tersebut antara lain:

  1. Chaterin Hotel
    T. Ben Mahmud No.6, Tapak Tuan
    Telp. 0656 21314
  2. Azizi Hotel
    T. Ben Mahmud No. 202, Tapak Tuan
    Telp. 0656 323134; 085277071093
  3. Metro Hotel
    T. Ben Mahmud No. 17A, Tapak Tuan
    Telp. 0656 21797, 0656 322567
  4. Dian Rana HotelJl.
    T. R. Angkasah, Tapak Tuan
    Telp. 0656 21444
  1. Hotel Panorama
    Merdeka No. 33, Tapak Tuan
  2. Hotel Putroe Bongsu
    Nyak Adam Kamil No. 39, Tapak Tuan
  3. Losmen Jambu
    Ahmad Yani No.77, Tapak Tuan
    Telp. 0656 21365
  4. Wisma lamprit
    Nyak Adam Kamil, Tapak Tuan
  5. Losmen Yulia
    Pelabuhan Labuhan Haji

Kuliner

Di sekitar lokasi wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh telah dibangun Musholla, rumah makan, dan cafe. Beberapa tempat makan tersebut telah menyediakan aneka makanan dan minuman yang lezat dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, wisatawan juga bisa mencoba manisan Pala Khas Kabupaten Aceh Selatan. Sebagai oleh-oleh wisatawan bisa membeli produk-produk dari bahan baku Pala, seperti : manisan Pala, balsem Pala, sirup Pala, keripik Pala dan lain-lain.

Saran

  1. Persiapkan pakaian renang/pakaian ganti bagi wisatawan yang ingin berenang atau berendam di wisata pemandian Air Dingin Lhok Pawoh, dan jangan lupa membawa handuk.
  2. Jangan lupa untuk membawa kamera, agar bisa mengabadikan keindahan panorama alam di lokasi wisata ini.
  3. Akan lebih baik jika wisatawan membawa kotak P3K, sebagai pertolongan pertama jika terluka.
  4. Agar harga sewa mobil tidak terlalu mahal, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
Please Share :

Related Post


Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar
Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar

Gunung Seulawah Agam berlokasi di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar,…

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II – Wisata Sejarah di Kota Palembang

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II berlokasi di dekat kawasan wisata…

Tamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang
Tamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Kota Palembang tidak hanya menawarkan obyek wisata sejarah, religi, ataupun…

Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise
Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise

Bentangan pasir putih yang bersinar dan disapu oleh gulungan ombak…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *