Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit

Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit


Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit

Setelah lelah berwisata ke pantai, menikmati keindahan air terjun, dan menyaksikan panorama alam danau yang indah, sekarang saatnya bagi wisatawan untuk memanjakan diri di dalam kolam air panas alami. Kolam air panas ini dikenal dengan nama Pemandian Air Panas Keuneukai.

Sumber air panasnya berasal dari gunung api Jaboi yang terletak di tengah pulau Weh. Pemandian air panas ini aman bagi kesehatan karena kandungan belerangnya masih dalam batas wajar.

Ketika wisatawan berendam di dalam kolam Air Panas Keuneukai, wisatawan tidak hanya merasakan sebuah kenikmatan yang langka. Di tempat ini, wisatawan juga bisa menatap indahnya pesona lautan yang biru, dan hijaunya pepohonan yang akan memberikan kesan teduh dan terasa sejuk di mata.

Setiap hari jum’at, masyarakat setempat melakukan pembersihan pada obyek wisata ini. Kenapa dipilih pada hari jum’at?, hal ini disebabkan karena ramainya wisatawan yang akan berkunjung ke pemandian Air Panas Keuneukai pada hari sabtu dan minggu.

Pastinya pihak pengelola ingin memberikan pelayanan yang terbaik untuk wisatawan, sehingga wisatawan akan merasa senang dan bahagia selama berada di tempat wisata ini.

pemandian air panas keuneukai

Sumber air panas alami biasanya mengandung sulfur/belerang. Berendam di dalam kolam air panas dengan suhu sekitar 35 derajat celcius, menyebabkan pori-pori kulit akan terbuka, sehingga kulit akan menyerap berbagai mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Sirkulasi darah juga akan semakin lancar, hal ini disebabkan karena pembuluh darah yang membesar.

Selain itu, berendam menggunakan air panas juga dapat menyembuhkan penyakit kulit, gatal-gatal, rematik, meningkatkan vitalitas dan memberikan relaksasi pada otot maupun persendian sehingga menghilangkan rasa pegal dan lelah tanpa perlu mengkonsumsi obat.

Berdasarkan hasil dari penelitian yang diterbitkan oleh New England Journal of Medicine, berendam menggunakan air panas dapat memberikan beberapa manfaat, yaitu :

  1. Dapat menurunkan tingkat gula darah hingga13%. Oleh karena itu, penderita diabetes sebaiknya menyediakan waktu selama 30 menit untuk berendam di dalam kolam air panas (hangat).
  2. Berdasarkan penelitian di Jepang, berendam di dalam air panas selama 10 menit dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, terutama bagi pria.
  3. Air panas dengan suhu 32-35 oC akan membuka pori-pori kulit, sehingga membantu mengeluarkan racun atau toksin dari dalam tubuh.
  4. Membantu menyembuhkan sakit pada otot atau pegal-pegal.
  5. Hanya dengan berendam di dalam kolam air panas dalam waktu 10 hingga 20 menit, dapat memelihara usus besar untuk bekerja dengan lebih baik.
  6. Berendam di dalam kolam air panas juga dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit.
  7. Dengan merendam kaki menggunakan air panas, akan membantu menyembuhkan selesma, sakit kepala, dan menghilangkan rasa pegal pada kaki.

Transportasi Menuju Ke Pemandian Air Panas Keuneukai

Pemandian Air Panas Keuneukai terletak di bagian selatan pulau Weh, tepatnya di Kecamatan Sukajaya, Sabang, Aceh. Tidak sulit untuk menuju ke lokasi pemandian air panas ini.

Apalagi dengan kemudahan rute angkutan umum di kota Sabang. Wisatawan bisa naik transportasi umum, menyewa mobil ataupun motor. Dengan menyewa mobil atau motor, wisatawan akan lebih leluasa selama perjalanan.

Jika wisatawan memilih untuk menggunakan transportasi umum, akan lebih baik jika memilih becak motor atau ojek, sehingga wisatawan akan lebih merasa nyaman selama di perjalanan. Wisatawan dapat dengan mudah menemukan becak motor atau ojek ini terutama di daerah pasar.

Naik taksi juga merupakan suatu pilihan yang baik, akan tetapi wisatawan jangan kaget dengan taksi yang ada di pulau Sabang. Walaupun wisatawan yang menentukan tujuan, tetapi taksi juga dapat mengangkut penumpang yang lain. Bisa dikatakan bahwa taksi di pulau Sabang tidak khusus hanya untuk penumpang yang menentukan tujuan.

Penginapan

Wisatawan dapat mencari penginapan di sekitar kota Sabang. Telah tersedia beberapa penginapan di sana, dari yang sederhana sampai dengan yang berkelas.

Saran

  1. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pemandian Air Panas Keuneukai adalah pada pagi hari atau sore hari, karena lokasi kolam yang terbuka, tentunya kurang menyenangkan jika berendam di dalam kolam air panas pada saat matahari tepat di atas kepala.
  2. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  3. Persiapkan pakaian yang akan dipakai untuk berendam dan jangan lupa membawa handuk.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera, sehingga wisatawan bisa mengabadikan kegiatan selama berendam di dalam kolam Air Panas Keuneukai.
  5. Persiapkan kotak P3K sebagai pertolongan pertama jika terluka.
  6. Agar harga sewa mobil tidak terlalu mahal, wisatawan bisa menyewanya bersama dengan wisatawan yang lain.
  7. Apabila wisatawan menggunakan mobil atau motor sewaan, jangan lupa untuk memeriksa jumlah bahan bakar kendaraan. Jangan sampai kehabisan bahan bakar di tengah jalan, karena jumlah SPBU di kota Sabang masih terbatas.
  8. Sebelum menuju ke lokasi pemandian air panas, sebaiknya wisatawan membeli makanan dan minuman secukupnya di kota Sabang.

Saat ini, pemandian Air Panas Keuneukai telah tersentuh oleh pemugaran, walaupun sumber air panasnya tetap berasal dari gunung api. Telah dibangun 3 buah kolam air panas dengan ukuran yang berbeda. Pemugaran ini bertujuan agar pemandian air panas Keuneukai dapat menampung lebih banyak wisatawan.

Berdasarkan informasi dari pihak pengelola, setelah dilakukan pemugaran terjadi penurunan jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

==>> Anda ingin mengikuti kegiatan patroli penyu? Berkunjunglah ke Pulau Bangkaru

Akan tetapi, hal tersebut bukanlah suatu masalah bagi wisatawan, karena berendam di kolam pemandian Air Panas Keuneukai dapat memberikan manfaat yang positif bagi kesehatan. Selain itu, pemandian air panas ini menawarkan keindahan panorama alam yang mempesona di sekitar kolam.

 

Please Share :

Related Post


Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise
Pesona Pantai Sumur Tiga – Indahnya Cahaya Sunrise

Bentangan pasir putih yang bersinar dan disapu oleh gulungan ombak…

Pergi Berwisata Ke Aceh
Pergi Berwisata Ke Aceh

Di ujung pulau sumatera terdapat sebuah provinsi yang diberi nama…

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari
Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya merupakan taman hiburan baru yang…

Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City
Berwisata Sembari Berolahraga di Jakabaring Sport City

Di kota Palembang terdapat sebuah lokasi yang menyenangkan untuk bersantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *