Home  /  Wisata Bali  / Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali

Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali


Perak Celuk – Produk Dari Desa Pengrajin Perak dan Emas di Bali

Siapa yang tak mengenal kerajinan perak asal Kotagede,Yogyakarta. Di Bali pun kita bisa menjumpai sebuah kerajinan perak yang juga tidak kalah kualitasnya. Masyarakat Bali menamainya dengan sebutan Perak Celuk.

Kedua pusat kerajinan perak ini akan menawarkan sebuah produk kerajinan yang bernilai tinggi. Meski terdapat perbedaan antara keduanya, namun masing-masing memiliki ciri khas unik yang digemari oleh para pecintanya.

Celuk adalah sebuah desa yang berlokasi di kabupaten Gianyar, Bali. Desa ini mulai terkenal sejak tahun 1976 sebagai sebuah tempat pengrajin perak dan juga emas.

aneka perhiasan di perak celukHasil kerajinannya sangat berkualitas, dengan motif yang terlihat jelas, dan dapat menghasilkan produk dalam jumlah yang besar.

Tidak heran jika namanya begitu terkenal di kalangan wisatawan, baik lokal maupun wisatawan mancanegara.

Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, awalnya di desa ini hanya ada 3 pengrajin perak. Hasil kerajinan akan dipajang pada sebuah tempat di depan rumah mereka.

Setelah Pulau Bali mulai berkembang menjadi salah satu tempat wisata menarik di dunia, akhirnya di Desa Celuk mulai bermunculan para pengrajin perak untuk menyambut para wisatawan yang berlibur ke Bali.

Semakin lama, jumlah wisatawan yang berkunjung semakin bertambah banyak, bahkan mereka telah mengenal Desa Celuk sebagai pengrajin perak berkualitas prima. Hal ini membuat hampir seluruh penduduk desa memilih profesi sebagai pengrajin perak dan juga emas.

Penduduk Desa Celuk begitu terampil dalam berkreasi, motif-motif baru selalu bermunculan sehingga ada banyak pilihan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Hasil kerajinan mereka tidak hanya di jual di Desa Celuk, namun juga telah di jual dalam skala nasional maupun internasional. Hal ini bisa menjadi sebuah bukti bahwa produk kerajinan perak dan emas mereka memiliki kualitas yang dapat diterima dengan baik di pasar dunia.

perak celuk

Hasil aneka kerajinan tersebut antara lain : kalung, gelang, anting-anting, cincin, bros, dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga membuat beberapa produk yang berhubungan dengan peralatan dapur seperti piring, cangkir, sendok, garpu, gelas, dan sebagainya. Bahkan di sini juga terdapat beberapa miniatur dari perak, seperti motor, perahu, mobil, delman, serta aneka hiasan perak lainnya seperti kipas dan keris.

Pada saat wisatawan berkunjung ke desa ini, di sepanjang jalan Desa Celuk terdapat beberapa toko yang memajang hasil kerajinan penduduk desa. Wisatawan dapat berkunjung ke toko-toko tersebut. Pelayan toko akan dengan ramah melayani dan menjawab semua pertanyaan wisatawan.

Begitu menarik hasil kerajinan perak dan emas tersebut, sangat menggoda sehingga menggugah rasa untuk segera membelinya.

perhiasan di perak celukHarga yang ditawarkan sangat bervariasi, mulai dari Rp 30.000 sampai dengan harga ratusan juta rupiah. Hal ini ditentukan oleh ukuran, motif, dan bahan bakunya, apakah perak atau emas.

Setiap produk yang dipamerkan di dalam rak-rak kaca telah diberi label harga dalam mata uang dollar. Bagi wisatawan domestik akan diberikan harga dalam bentuk rupiah.

Uniknya, walaupun telah diberi label harga, namun produk tersebut masih bisa ditawar. Jika wisatawan pandai menawar harga maka bisa mendapatkan harga dengan diskon hingga 50%. Akan tetapi ada beberapa toko yang tidak mengizinkan para wisatawan untuk menawar (harga pas).

Berdasarkan informasi dari penduduk setempat, sebenarnya label harga tersebut hanya sebagai patokan harga bagi wisatawan mancanegara, sehingga tanpa harus dijelaskan oleh pelayan toko, mereka telah mengerti harga dari produk yang ditawarkan.

Mengunjungi Desa Celuk tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat untuk membeli aneka kerajinan dari perak dan emas. Namun di sini para wisatawan juga diizinkan untuk menyaksikan proses pembuatan kerajinan tersebut.

Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman unik bagi para wisatawan. Sebuah pertunjukan gratis dimana wisatawan bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan tersebut.

Dimulai dengan proses pemanasan, bahan baku perak yang berasal dari Kalimantan dan Jawa dipotong lalu dibentuk sesuai dengan motif desainnya.

Setelah itu, produk yang telah selesai dibentuk tersebut diberi pemanis seperti pernak pernik, batu mulia, dan lain-lain. Masuk ke tahap akhir, agar produk tersebut terlihat makin menawan maka dilakukan proses penghalusan, pembersihan, dan pemolesan.

Hal inilah menjadi salah satu daya tarik bagi Desa Celuk. Setiap wisatawan yang berkunjung akan diberi kesempatan untuk melihat langsung proses pembuatan aneka kerajinan dari awal hingga akhir.

Daya tarik ini membuat Desa Celuk selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri. Disamping itu, harga produk yang ditawarkan juga tidak mahal, sesuai dengan kualitas produk. Bagi wisatawan dalam negeri biasanya akan mendapatkan harga spesial.

Transportasi Menuju Ke Desa Celuk

Bagi wisatawan yang ingin membeli dan melihat proses pembuatan Perak Celuk, wisatawan dapat berkunjung ke Desa Celuk yang berlokasi di kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali.

Apabila wisatawan dari bandara Ngurah Rai, maka membutuhkan waktu sekitar 70 menit untuk menuju ke tempat ini.

Cara terbaik untuk mengunjungi lokasi ini adalah dengan menyewa mobil. Karena dengan menyewa mobil wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata menarik lainnya di kabupaten Gianyar dengan biaya yang lebih ringan jika dibandingkan wisatawan menggunakan taksi.

Salah satu tempat menarik yang berada di dekat Desa Celuk adalah Pasar Sukawati. Pasar ini hanya berjarak sekitar 5 km dari Desa Celuk. Di Pasar Sukawati wisatawan dapat membeli oleh-oleh khas Bali, seperti pakaian, tas, lukisan dan lain-lain.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pasar ini, karena Pasar Sukawati telah terkenal di mancanegara sebagai tempat yang menjual aneka kerajinan khas Bali dengan harga yang murah. Selain itu, wisatawan juga dapat berkunjung ke Batik Galuh.

Please Share :

Related Post


Pura Taman Ayun Bali – Taman Cantik Yang Bersejarah
Pura Taman Ayun Bali – Taman Cantik Yang Bersejarah

Taman Ayun adalah 2 buah kata yang berasal dari bahasa…

Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk
Danau Tamblingan Bali – Keindahan Danau di Dataran Tinggi Yang Sejuk

Setelah berkunjung ke Danau Beratan yang menyajikan pesona alam yang…

Air Panas Banjar – Kolam Air Panas Alami Yang Menyehatkan
Air Panas Banjar – Kolam Air Panas Alami Yang Menyehatkan

Berendam di dalam kolam air panas akan memberikan manfaat yang…

Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan
Pantai Lovina Bali – Menyaksikan Atraksi Lumba-lumba Yang Menawan

Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di laut dan tergolong…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *