Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami

Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami


Pesona Pantai Lampuuk – Saksi Sejarah Tsunami

Sejak sebelum terjadinya tsunami sampai dengan saat ini, Pantai Lampuuk tetap menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Aceh, wisatawan domestik dan luar negeri.

Pantai ini memiliki pasir yang berwarna putih, air lautnya berwarna hijau kebiruan, dan rindangnya pohon pinus di pinggir pantai membuat Pantai Lampuuk terkesan teduh dan asri.

Pada saat terjadi tsunami, pesona Pantai Lampuuk sedikit meredup, lokasi di sekitar pantai hancur berantakan dan hanya ada 1 bangunan yang tersisa yaitu Masjid Rahmatullah Lampuuk. Bencana ini tentunya memberikan trauma bagi masyarakat Aceh, sehingga banyak masyarakat yang tidak mau untuk pergi ke pantai. Namun, lambat laun trauma tersebut telah menghilang.

Saat ini, telah dilakukan pembangunan dan perbaikan pada obyek wisata ini, sehingga membuat pesona Pantai Lampuuk kembali cantik. Oleh karena itu, wisatawan yang berlibur ke Pantai Lampuuk semakin bertambah setiap tahunnya.

pantai lampuuk

Berjalan di atas pasir putih, bersantai sambil berjemur di tepi pantai, berselancar, snorkeling, menyelam dan bermain banana boat semuanya bisa dilakukan di Pantai Lampuuk. Pantai yang menghadap langsung ke Samudra Hindia ini, memberikan sensasi ombak yang menantang bagi wisatawan yang hobi berselancar. Kehidupan biota lautnya juga sangat menarik untuk dijelajahi.

Bagi wisatawan yang tidak menyukai snorkeling dan berselancar, berjalan di atas pasir putih sembari menelusuri tepi pantai sepanjang 5 km, dengan ditemani percikan ombak dan hembusan ramah angin pantai merupakan suatu kegiatan yang tidak kalah menyenangkan. Terdapat tebing tinggi yang terjal di ujung Pantai Lampuuk, seakan menantang para wisatawan yang memiliki hobi panjat tebing.

Kegiatan lain yang unik di pantai ini, dan tidak dapat wisatawan temukan di Pantai Kuta, yaitu mengunjungi konservasi penyu. Tempat konservasi penyu ini terdapat di “Babah 2”. Wisatawan dapat melihat sejumlah tukik (bayi penyu) yang ditampung di dalam kolam kecil.

Tukik-tukik ini akan dilepas ke laut jika telah cukup dewasa, sehingga tukik-tukik tersebut mampu untuk bertahan di alam bebas. Ini merupakan suatu program yang bertujuan untuk melestarikan kelangsungan hidup penyu. Oleh karena itu, tidak setiap hari tukik-tukik tersebut dilepas ke laut.

Semoga saja pada saat wisatawan berkunjung ke sana, ada acara pelepasan tukik ke laut bersama dengan penduduk setempat. Wahana ini bisa menjadi sarana pendidikan yang baik bagi anak-anak. Mereka akan belajar bagaimana cara untuk menjaga dan melestarikan kehidupan alam.

Pesona Pantai Lampuuk bisa dinikmati dengan cara melewati 4 buah pintu masuk. Melalui pintu ini, wisatawan dapat berkunjung ke pantai dengan ruas yang berbeda. Setiap pintu diberi nama secara berurutan dari posisi selatan sampai ke utara, yaitu : Babah Satu, Babah Dua, Babah Tiga dan Babah Empat.

Wisatawan asing biasanya melalui Babah Tiga, dimana pada ruas pantai ini sangat asyik untuk kegiatan berselancar atau bersantai di pinggir pantai sembari menikmati sinar mentari. Bagi wisatawan lokal, mereka lebih senang melalui Babah Satu dan Babah Dua untuk masuk ke areal pantai.

pesona pantai lampuuk

Ketika hari menjelang sore, tercipta pemandangan yang indah di sepanjang pantai. Dengan diiringi hembusan semilir angin pantai, betapa nikmatnya tidur di atas pasir sembari menunggu terbenamnya matahari. Sungguh begitu indah pemandangan sore yang cerah di Pantai Lampuuk.

Terlihat beberapa wisatawan segera mengambil kamera untuk mengabadikan momen yang indah ini. Mereka mencari titik yang pas untuk foto siluet dengan latar belakang terbenamnya matahari di tepi pantai, sehingga dapat menghasilkan sebuah foto yang berkelas.

Transportasi Menuju Ke Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk berlokasi di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Untuk menuju ke lokasi pantai, wisatawan bisa menggunakan moda transportasi darat. Jarak pantai ini dari kota Banda Aceh sekitar 15 km, dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau menggunakan angkutan umum. Jika wisatawan menggunakan angkutan umum dengan tujuan Banda Aceh – Lhoknga, membutuhkan waktu lebih dari 30 menit untuk sampai di Pantai Lampuuk.

Untuk bisa masuk ke lokasi pantai wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar 3 ribu rupiah.

Penginapan Di Sekitar Pantai Lampuuk

Bagi wisatawan yang ingin merasakan pesona Pantai Lampuuk di malam hari, di sekitar pantai telah tersedia beberapa penginapan mulai dari losmen hingga cottage. Harga yang ditawarkan bervariasi sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Namun, jika wisatawan ingin menginap di kota Banda Aceh, berikut beberapa pilihan hotel buat wisatawan :

Hotel Bintang 1

  1. Hotel Rumoh PMI

Jl. Nyak Adam Kamil II, No 1 Kampong Ateuk, 23243 Banda Aceh.

  1. Hotel Siwah

Jl. Twk. Muhammad Daudsyah No.18-20, 23122 Banda Aceh.

  1. Hotel Diana

Jl. Tengku Hamzah Bendahara No 80, 23242 Banda Aceh.

Hotel Bintang 2

  1. Hotel Sulthan International

Jl. Sulthan Hotel No.1 , 23122 Banda Aceh.

  1. Permatahati Hotel and Convention Center

Jl. Rel Kereta Api no. 2, Meunasah Manyang, 23371 Banda Aceh.

  1. Hotel 61 Banda Aceh

Jl. Tengku Panglima Polem No. 28, Banda Aceh. (6,5 km ke Pantai Lampuuk)

Hotel Bintang 3 – 4

  1. Hermes Palace Hotel

Jl. T. Panglima Nyak Makam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia. (5,4 km ke Pantai Lampuuk)

  1. The Pade Hotel

Jl. Soekarno Hatta No. 1, Desa Daroy Kameu, Kecamatan Kameu, Banda Aceh, Aceh 23352, Indonesia.

Menyantap Ikan Bakar Sembari Menikmati Pesona Pantai Lampuuk

Menyantap ikan bakar sembari menikmati pesona Pantai Lampuuk merupakan sebuah acara makan yang menyenangkan. Di tepi pantai, di bawah rindangnya pohon pinus, telah tersedia pondok-pondok yang dapat digunakan oleh wisatawan untuk bersantai sembari menyantap hidangan yang telah disajikan.

Aneka ikan yang menjadi menu andalan di tempat ini antara lain : krapu, bawal, dan rambe. Selain itu, juga tersedia udang dan cumi-cumi. Harga makanan dan minuman di tempat ini cukup murah, sangat sesuai dengan rasa dan kelezatannya.

Saran

  1. Dikarenakan suasana pantai yang panas, sebaiknya wisatawan memakai krim tabir surya.
  2. Jangan lupa membawa pakaian renang bagi wisatawan yang ingin berenang atau bermain air di Pantai Lampuuk.
  3. Bagi wisatawan yang melakukan kegiatan berenang, wisatawan harus berhati-hati dan tidak melewati batas kedalaman dan keamanan di pantai ini.
  4. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  5. Jika wisatawan ingin menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  6. Di Kabupaten Aceh Jaya, terdapat sebuah pantai yang bersih, alami dan belum begitu banyak pengunjungnya. Bagi wisatawan yang menginginkan suasana liburan di pantai yang terkesan private, wisatawan bisa berkunjung ke Pantai Kuala Merisi.

Pesona Pantai Lampuuk (Lam-pu-uk) terletak pada keindahan pasir putihnya yang bersih, memiliki garis pantai yang panjang, ombaknya yang menantang, dengan latar belakang rindangnya pohon pinus dan hijaunya pegunungan.

Restoran, Musholla, dan arena bermain anak-anak juga tersedia di pantai ini. Keceriaan dan kegembiraan akan mengisi hati setiap wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Please Share :

Related Post


Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak
Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang adalah sebuah bangunan keraton yang didirikan…

Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga
Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga

Taman Kambang Iwak Palembang merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…

Gunung Burni Telong – Pesona Alam Yang Indah
Gunung Burni Telong – Pesona Alam Yang Indah

Gunung Burni Telong yang dalam bahasa Indonesia berarti gunung yang…

Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan
Danau Tanah Mas Palembang – Wisata Keluarga Yang Menyenangkan

Danau Tanah Mas Palembang merupakan salah satu obyek wisata keluarga…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *