Home  /  Wisata Bali  / Pulau Penyu Bali – Pusat Konservasi Penyu di Pulau Bali

Pulau Penyu Bali – Pusat Konservasi Penyu di Pulau Bali


Pulau Penyu Bali – Pusat Konservasi Penyu di Pulau Bali

Tanjung Benoa tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, dan dilengkapi dengan beragam olahraga air (water sport) yang menarik. Di lokasi wisata ini, wisatawan juga bisa berwisata menuju ke Pulau Penyu .

Sebuah pulau yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Bali sebagai pusat konservasi penyu yang telah masuk dalam daftar hewan langka.

Sebelum menuju ke Pulau Penyu , wisatawan akan diajak ke tengah laut, dengan menggunakan perahu motor yang dilengkapi dengan kaca bening pada bagian bawah perahu (glassbottom boat). Melalui kaca tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan alam bawah laut perairan Tanjung Benoa.

pulau penyuSelama lebih kurang 15 menit, wisatawan bisa menikmati panorama menawan terumbu karang dan aneka ikan hias yang cantik.

Semuanya dapat dilakukan dari atas perahu motor, karena kaca yang terdapat di bagian bawah perahu cukup bening untuk menampilkan pesona kehidupan di bawah laut.

Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa memberi makan ikan-ikan hias tersebut. Ini dapat menjadi sebuah pengalaman yang unik bagi para wisatawan.

Setelah cukup puas menikmati pesona alam bawah laut, perjalanan akan dilanjutkan untuk menuju ke Pulau Penyu . Perjalanan ini akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Sepanjang perjalanan, wisatawan akan ditemani dengan panorama indah alam pantai, berikut semua aktifitas yang ada. Sehingga perjalanan ini terasa sangat cepat dan menyenangkan.

Sesampainya di Pulau Penyu , wisatawan akan disambut dengan ramah oleh seorang pemandu. Beliau akan membimbing para wisatawan untuk menuju ke tempat penangkaran penyu.

Sembari wisatawan terlihat asyik melihat, menyentuh, dan berfoto dengan penyu, pemandu akan menjelaskan bagaimana cara untuk memelihara penyu. Di tempat wisata ini, wisatawan tidak hanya dapat berjumpa dengan penyu dewasa dan bayi penyu (tukik), wisatawan juga bisa melihat telur penyu.

penyu di pulau penyu bali

Hewan purba yang telah hidup sejak zaman Jura ini benar-benar mempesona. Memiliki cangkang seperti kura-kura, dan mempunyai sepasang tungkai depan yang berfungsi untuk mendayung.

Tungkai ini sangat penting bagi penyu, karena dengan tungkai tersebut penyu akan piawai berenang di laut bebas. Penyu bernafas dengan paru-paru, oleh karena itu penyu tidak dapat terus menerus berada di dalam laut. Mereka sesekali harus muncul ke permukaan untuk mengambil nafas.

Penyu merupakan hewan vertebrata kelas reptilia yang suka berimigrasi, dalam waktu 58 – 73 hari penyu dapat berimigrasi dengan menempuh jarak sekitar 3000 km. Penyu jantan akan menghabiskan seluruh hidupnya di dunia laut, namun penyu betina harus kembali ke daratan untuk bertelur.

Umumnya siklus bertelur penyu antara 2 – 8 tahun sekali. Satu hal yang unik, penyu dapat mengingat pantai tempat dia dilahirkan, sehingga pada saat akan bertelur penyu betina akan kembali ke lokasi dimana dia dilahirkan.

Akan tetapi penyu tidak menyukai pantai yang bising dan terdapat banyak cahaya. Para penyu betina akan segera mengurungkan niatnya untuk bertelur di pantai tersebut.

Oleh karenanya, ada banyak penyu betina yang dilahirkan pada sebuah pantai, enggan kembali untuk bertelur di tempat kelahirannya, karena pantai tersebut bising dan terlalu banyak cahaya.

pulau penyu bali

Satu hal lagi yang unik, penyu akan meneteskan air matanya setelah selesai bertelur, bertujuan untuk mengelabui para predator telur seperti biawak. Namun air mata penyu tidak berarti bagi manusia, mereka dapat dengan mudah mengambil telur-telur penyu untuk kepentingan pribadi.

Hal inilah yang menyebabkan habitat penyu terancam punah. Sehingga di beberapa tempat di dunia ini, terdapat pusat konservasi penyu yang bertujuan untuk melestarikan kelangsungan hidup penyu.

Di Pulau Penyu Bali, wisatawan tidak hanya akan berjumpa dengan penyu. Di pulau ini juga terdapat hewan lainnya seperti biawak, ular, burung elang, kalong, dan lain-lain. Wisatawan juga diizinkan untuk berinteraksi dengan hewan-hewan tersebut, untuk berfoto ataupun menyentuhnya.

es kelapa muda

Lelah beraktifitas, wisatawan dapat menikmati kelezatan seafood yang ada di pulau ini. Tersedia beberapa warung yang siap menyajikan hidangan lezat grilled seafood, ditemani dengan kesegaran es kelapa muda. Dengan didukung oleh pesona alam yang cantik, tentunya akan membuat suasana makan menjadi lebih nikmat.

Setelah puas berada di Pulau Penyu , wisatawan akan kembali ke dermaga, menaiki perahu motor menuju ke Tanjung Benoa. Kegiatan ini bisa menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan bagi para wisatawan.

Setelah sampai di pantai Tanjung Benoa, wisatawan dapat mencoba beberapa olahraga air yang tersedia di tempat ini, atau bersantai di pinggir pantai merasakan kesejukkan angin pantai dan menikmati indahnya pesona alam pantai Tanjung Benoa.

Transportasi ke Pulau Penyu Bali

Sebelum menuju ke Pulau Penyu , terlebih dahulu wisatawan menuju ke wisata Tanjung Benoa yang terletak di kelurahan Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Dengan menggunakan transportasi darat, wisatawan akan menempuh jarak kurang lebih 13 km dari bandara Ngurah Rai.

Setelah sampai di lokasi, wisatawan bisa menyewa perahu motor dengan tarif yang bervariasi, semakin pintar wisatawan menawar harga, maka wisatawan akan mendapatkan harga yang ekonomis. Perahu motor tersebut akan mengantarkan wisatawan menuju ke Pulau Penyu .

Harga tiket masuk ke Pulau Penyu hanya Rp 10.000/wisatawan. Sedangkan tarif sewa perahu motor sekitar 400 ribu rupiah/perahu motor, yang bisa dimuati maksimal sampai 10 orang.

Fasilitas di Pulau Penyu

Pihak pengelola wisata Pulau Penyu telah mempersiapkan beberapa fasilitas pendukung, sehingga dapat memberikan kepuasan bagi wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Panduan atau bimbingan dari seorang pemandu yang profesional, dimana dia akan menjelasakan bagaimana cara memelihara penyu, menjelaskan jenis-jenis penyu, dll.
  2. Warung makan atau restoran yang menyajikan menu seafood yang berkelas.
  3. Fasilitas MCK/toilet.

Penginapan di Sekitar Pulau Penyu

Bagi wisatawan yang ingin menginap, maka disarankan untuk mencari penginapan di kawasan wisata Tanjung Benoa. Tersedia beberapa pilihan penginapan di lokasi tersebut dengan tarif yang bervariasi.

Saran

  1. Panasnya cuaca pantai dapat membuat kulit para wisatawan serasa terbakar, untuk itu disarankan agar wisatawan menggunakan krim tabir surya.
  2. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pulau Penyu adalah di pagi hari, sehingga suasana pulau tidak terlalu panas.
  3. Jangan lupa membawa makanan untuk diberikan kepada ikan-ikan hias di tengah laut, biasanya mereka menyukai roti tawar.
  4. Terkadang harga sewa perahu motor di tempat wisata lebih mahal dibandingkan jika wisatawan melakukan pemesanan melalui agen wisata. Apalagi jika wisatawan tidak pandai menawar harga, mungkin akan lebih baik jika wisatawan mengambil paket wisata di beberapa agen wisata di Bali yang menawarkan harga yang kompetitif.

Pulau Penyu Bali, salah satu pusat konservasi penyu yang berada di provinsi Bali. Berwisata ke lokasi ini akan memberikan pengalaman yang berharga bagi para wisatawan. Di pulau tersebut, wisatawan dapat berinteraksi dengan penyu yang merupakan salah satu hewan langka dan dilindungi.

Please Share :

Related Post


Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia
Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini…

Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu
Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu Tabanan adalah surga bagi para pecinta kupu-kupu. Hewan…

Pantai Padang Padang – Keindahan Pantai Bali Dibalik Bukit
Pantai Padang Padang – Keindahan Pantai Bali Dibalik Bukit

Pantai yang berlokasi di desa Pecatu, kec. Kuta Selatan ini,…

Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali
Wisata Ubud Bali – Pusat Budaya Bali

Ubud, sebuah tempat wisata yang telah terkenal sejak tahun 1930…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *