Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh

Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh


Pulau Rubiah – Surga Taman Laut di Kepulauan Weh

Aceh kota serambi Mekkah, kalimat ini telah sering kita dengar. Mengapa Aceh disebut kota serambi Mekkah ? Hal ini disebabkan karena dahulu ketika orang-orang akan berangkat menunaikan ibadah haji melalui laut, sebelum menuju ke Mekkah, jemaah haji tersebut akan transit di provinsi Aceh. Lokasi transit tersebut berada di sebuah pulau yang memiliki pesona alam yang cantik yaitu Pulau Rubiah.

Pulau Rubiah termasuk di dalam kawasan Pulau Weh, dan merupakan bagian dari kota Sabang. Pulau Rubiah memiliki luas sekitar 0,357 km2 dan merupakan pulau paling utara di Indonesia. Pulau yang berada di sebelah barat kota Sabang, memiliki jarak kurang lebih 23,5 km dari kota tersebut atau sekitar 350 m dari pantai Iboih. Pemberian nama Rubiah pada obyek wisata ini diambil dari nama seorang perempuan yaitu Cut Nyak Rubiah yang makamnya juga terdapat di pulau ini.

Disamping itu, di Pulau Rubiah juga terdapat reruntuhan benteng bekas peninggalan zaman Belanda dan Jepang. Benteng ini difungsikan sebagai benteng pertahanan bagi tentara Belanda dan Jepang, yaitu pada masa perang dunia ke II.

indahnya pulau rubiah

Pesona taman laut di Pulau Rubiah yang menakjubkan, membuat tempat ini disebut sebagai surganya kerajaan laut. Kegiatan diving dan snorkeling di perairan Pulau Rubiah tidak akan mengecewakan setiap wisatawan yang melakukan olahraga air tersebut.

Air lautnya yang tenang dan begitu jernih membuat aktivitas tersebut menjadi sangat menyenangkan. Kelebihan inilah yang membuat Pulau Rubiah sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal, ada beberapa wisatawan dari luar negeri yang berlibur ke obyek wisata bahari ini.

Bagi wisatawan yang ingin melakukan aktivitas diving dan snorkeling, tidak perlu bersusah payah membawa perlengkapan untuk kegiatan tersebut ke tempat wisata ini. Hal ini dikarenakan di Pulau Rubiah atau di pantai Iboih telah tersedia beberapa tempat yang menyewakan peralatan untuk diving dan snorkeling. Harga sewa peralatan untuk snorkeling sekitar Rp 40.000/hari, sedangkan untuk kegiatan diving, terdapat beberapa pilihan paket dengan harga yang bervariasi.

Tidak semua wisatawan yang berkunjung ke Pulau Rubiah menyukai kegiatan diving dan snorkeling. Ada beberapa dari mereka yang belum pernah melakukan aktivitas tersebut. Kemungkinan hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa berenang.

Oleh karena itu, di tempat wisata ini atau di pantai Iboih telah tersedia jasa untuk menyewa perahu. Perahu tersebut sedikit berbeda dibandingkan dengan perahu-perahu tradisional nelayan. Perbedaannya adalah di bagian bawah perahu terdapat kotak kaca yang cukup bening (glass bottom boat).

pulau rubiah

Dengan menggunakan glass bottom boat, wisatawan bisa menikmati surga taman laut di perairan Pulau Rubiah dari atas perahu. Bersama teman atau keluarga, wisatawan akan dibawa bertamasya sembari menyaksikan aneka ikan hias seperti ikan Kepe-Kepe, Botana Biru, Lion Fish dan Angel Fish. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati aneka terumbu karang yang cantik, bintang laut, dan lain-lain.

Jernihnya air laut di perairan Pulau Rubiah membuat sinar matahari dapat menembus hingga ke dasar laut. Hal inilah yang menyebabkan setiap wisatawan yang berekreasi dengan menggunakan perahu dapat melihat pesona taman laut di tempat ini sampai dengan kedalaman 10-15 meter. Satu perahu dapat mengangkut hingga 10 orang. Harga sewa glass bottom boat adalah sekitar Rp 350.000/jam.

Di tepi pantai Pulau Rubiah, wisatawan bisa merasakan lembutnya pasir pantai yang tampak berkilauan karena terkena cahaya matahari. Bersihnya lingkungan di pantai ini, membuat beberapa wisatawan ingin segera merasakan kesegaran dari air lautnya yang berwarna biru kehijauan.

Berenang di pinggir pantai sembari bercanda tawa atau sekedar berendam sembari menikmati pesona alam di tempat wisata ini, merupakan salah satu kegiatan yang lazim dilakukan oleh para wisatawan.

Pulau bersejarah yang tidak berpenghuni ini, juga dijadikan sebagai tempat untuk transplantasi karang. Transplantasi karang adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan/merehabilitasi terumbu karang dengan cara pencangkokan. Ketika wisatawan melakukan aktivitas snorkeling, maka anda dapat melihat tempat tersebut.

Transportasi Ke Pulau Rubiah

Pulau Rubiah berada di sebelah barat kota Sabang, memiliki jarak kurang lebih 23,5 km dari kota tersebut. Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke sana, jika berangkat dari kota Sabang, wisatawan dapat menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum untuk menuju ke pantai Iboih.

Jika wisatawan ingin memanfaatkan transportasi umum, anda bisa menggunakan mini bus dari pelabuhan Balohan menuju ke pantai Iboih. Ongkos bus tersebut sekitar 50 ribu rupiah.

Dari pantai Iboih, wisatawan dapat menyewa perahu bersama dengan wisatawan yang lain untuk menyebrang ke Pulau Rubiah yang berjarak sekitar 350 meter dari tepi pantai Iboih. Tarif sewa perahu berbeda-beda tergantung dari jenis dan ukuran perahu. Harga termurah untuk menyewa perahu adalah Rp 150.000.

Namun, perahu tersebut berukuran kecil dan tidak dilengkapi dengan kotak kaca di bagian bawah perahu. Sehingga wisatawan tidak bisa menyaksikan keindahan panorama alam bawah laut dari atas perahu.

Perahu ini hanya akan mengantarkan wisatawan ke tempat tujuan. Mereka (sopir perahu) akan kembali ke pantai Iboih. Setelah tiba waktu pulang sesuai dengan kesepakatan, perahu tersebut akan menjemput wisatawan untuk kembali ke pantai Iboih.

Penginapan Di Pulau Rubiah

Fasilitas yang tersedia di Pulau Rubiah masih sangat minim, tidak selengkap seperti di pantai Iboih. Hanya terdapat satu warung kecil di pulau ini. Pulau Rubiah bisa dikatakan sebagai pulau yang tidak berpenghuni. Akan tetapi keindahan dan kecantikan dari panorama taman laut dan pulaunya sendiri, telah membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke obyek wisata ini.

Jika ingin menginap, maka wisatawan bisa mencari penginapan tersebut di sekitar pantai Iboih atau pantai Gapang. Telah tersedia beberapa penginapan di sana dengan harga yang relatif murah.

Souvenir Khas Pulau Rubiah

Bagi wisatawan yang ingin mencari cinderamata atau souvenir, pada obyek wisata ini terdapat beberapa pedagang yang dengan aktif akan menawarkan aneka produk tersebut kepada anda.

Selain itu, di pantai Iboih terdapat beberapa toko yang menjual aneka souvenir khas pulau Weh. Souvenir tersebut antara lain : T-Shirt bermotif unik, dan aneka kerajinan tangan dari bahan baku kerang, kayu, dan batok kelapa.

Kuliner Di Pulau Rubiah

Dikarenakan Pulau Rubiah merupakan pulau yang masih alami dan dengan fasilitas yang minim, maka hanya terdapat sebuah warung kecil yang menjual beberapa makanan dan minuman. Oleh karena itu, umumnya wisatawan akan membeli makanan dan minuman di restoran-restoran yang berada di sekitar pantai Iboih. Salah satu makanan yang lezat selain ikan bakar yaitu cumi-cumi bakar.

Saran

  1. Agar kulit tidak terbakar karena panasnya cuaca pantai, maka wisatawan bisa memakai krim tabir surya.
  2. Persiapkan pakaian renang bagi wisatawan yang ingin snorkeling atau berenang di tepi pantai Pulau Rubiah.
  3. Memakai pakaian yang santai dan sederhana tentunya akan lebih baik karena penduduk setempat mayoritas memeluk agama Islam.
  4. Jangan lupa untuk membawa kamera.
  5. Agar wisatawan mendapatkan harga yang lebih murah untuk menyewa mobil dan perahu, wisatawan bisa menyewa kendaraan tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  6. Jika wisatawan menyewa mobil dari kota Sabang, pastikan bahan bakar mobil tersebut lebih dari cukup, karena di kota Sabang tidak terdapat banyak SPBU. Dalam keadaan darurat, wisatawan bisa mengisi bahan bakar di pinggir jalan.
  7. Selama wisatawan berwisata ke pulau Weh, jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Tugu Nol Kilometer atau Monumen Kilometer Nol. Tugu ini merupakan simbol dari batas wilayah Indonesia.
Please Share :

Related Post


4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
4 Obyek Wisata Air Terjun di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Obyek wisata air terjun merupakan salah satu tempat yang menyenangkan…

11 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi
11 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Aceh mempunyai beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.…

Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit
Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit

Setelah lelah berwisata ke pantai, menikmati keindahan air terjun, dan…

Liburan Ke Kampung Kapitan Palembang – Wisata Sejarah dan Budaya
Liburan Ke Kampung Kapitan Palembang – Wisata Sejarah dan Budaya

Liburan ke Kampung Kapitan yang berada di Kota Palembang akan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *