Home  /  Wisata Lombok  / Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok


Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok adalah sebuah pura yang berada di atas batu karang dan terdapat lubang di bagian tengah dari batu tersebut. Tempat suci Agama Hindu ini berada di tepi pantai dan sedikit menjorok ke arah laut, menyerupai pura Tanah Lot di Pulau Bali yang juga berada di atas batu karang dan terletak di tepi pantai.

Terdapat dua buah pura di tempat wisata ini. Pura yang pertama terletak tidak jauh dari pintu masuk. Setelah wisatawan menuruni beberapa anak tangga akan terlihat sebuah pura yang berada di bawah pohon.

sunset pura batu bolongPura yang kedua berada pada ketinggian sekitar 4 meter dan terletak di atas batu karang yang berlubang di bagian bawahnya.

Ketika berjalan menuju ke pura yang kedua terkadang percikan ombak akan membasahi kaki para pengunjung. Suara ombak yang menghantam karang terasa nyaman di telinga dan menenangkan hati.

Setiap pengunjung yang berada di dalam Pura Batu Bolong Lombok akan merasakan sebuah kedamaian. Berdiri di pinggir lokasi pura sembari memandang indahnya panorama alam dan merasakan hembusan angin pantai akan memberikan sebuah sensasi yang menyenangkan.

Tampak berdiri dengan kokoh Gunung Agung di pulau Bali yang semakin menambah indahnya pemandangan pada obyek wisata ini. Ketika hari menjelang sore, menyaksikan pesona matahari tenggelam bersama dengan teman atau keluarga adalah salah satu aktivitas yang dinantikan oleh wisatawan.

Semua wisatawan diizinkan untuk masuk ke lokasi Pura Batu Bolong. Namun terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi sebelum melewati pintu masuk pura.

Peraturan tersebut yaitu wisatawan harus menjaga kelestarian pura (tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak bagian-bagian dari pura), setiap wisatawan diwajibkan untuk memakai selendang atau kain berwarna kuning di pinggang, dan bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi dilarang untuk masuk ke dalam pura.

pura batu bolong lombok

Jika wisatawan tidak membawa selendang, di tempat wisata ini telah menyediakan jasa untuk menyewa kain tersebut seharga Rp 5000.

Walaupun penduduk di Pulau Lombok sebagian besar beragama Islam, namun kebersamaan dan keharmonisan di antara mereka selalu terjaga. Salah satu bukti dari kebersamaan tersebut adalah pada saat Lebaran umat muslim di Pulau Lombok berkunjung ke pantai yang berada di depan pura.

Di sana mereka menikmati hidangan khas di Hari Raya yaitu ketupat, opor ayam, ayam taliwang, dan sebagainya.

Transportasi Menuju ke Pura Batu Bolong Lombok

Pura Batu Bolong Lombok masih berada di kawasan Pantai Senggigi. Jika wisatawan berangkat dari Kota Mataram akan menempuh jarak sejauh kurang lebih 15 km.

Wisatawan bisa menggunakan moda transportasi umum seperti taksi, angkutan umum, dan ojek. Selain itu, di Pulau Lombok juga tersedia jasa rental mobil dan motor.

Biaya rental mobil selama 10 jam termasuk bensin dan sopir adalah sekitar Rp. 600.000, sedangkan untuk motor hanya Rp 50.000/hari.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba menggunakan angkutan umum, untuk menuju ke lokasi wisata ini harus menggunakan 2 kali trayek angkutan umum. Angkutan umum yang pertama adalah jurusan Sweta-Ampenan, kemudian dilanjutkan dengan angkutan umum jurusan Ampenan-Senggigi.

Sebelum wisatawan masuk ke dalam lokasi pura, setiap pengunjung diharuskan membeli tiket seharga Rp 10.000.

Fasilitas Pura Batu Bolong Lombok

Dikarenakan Pura Batu Bolong Lombok berada dekat dengan areal Pantai Senggigi, maka di tempat wisata ini telah tersedia beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan kepada para pengunjung.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Areal untuk parkir kendaraan.
  2. Penginapan berkelas.
  3. Warung makan atau restoran.
  4. Toko yang menjual aneka cinderamata khas Lombok.
  5. Tempat hiburan (pub).
  6. Fasilitas umum lainnya seperti toilet, dll.

Penginapan

Telah tersedia beberapa penginapan atau hotel di tempat wisata ini. Mereka menawarkan harga yang bervariasi sesuai dengan fasilitas yang diberikan.

Berikut beberapa hotel yang berada di dekat Pura Batu Bolong Lombok :

  1. Sendok Hotel

Jln. Raya Senggigi, km 8, Lombok.

  1. Hotel Puri Saron Senggigi

Jln. Raya Senggigi, Ds. Krandangan, Batu Layar, Kab. Lombok Barat.

  1. Hotel Puri Bunga Lombok

Jln. Senggigi Po Box 1050, Batu Layar, Kab. Lombok Barat.

  1. Holiday Resort Lombok

Jln. Raya Mangsit, Senggigi.

  1. Pool Villa Club Lombok

Jln. Pantai Senggigi, Senggigi, Lombok.

  1. Kila Senggigi Beach Lombok

Jln. Pantai Senggigi, Senggigi, Lombok.

Saran

  1. Menggunakan krim tabir surya akan melindungi kulit dari teriknya sinar matahari di tepi pantai.
  2. Agar lebih nyaman selama berada di lokasi wisata, wisatawan bisa memakai topi dan kacamata hitam.
  3. Aneka cinderamata di tempat wisata ini dijual dengan harga yang wajar, wisatawan dapat membelinya sebagai kenang-kenangan atau buah tangan.
  4. Tidak jauh dari obyek wisata Pura Batu Bolong Lombok, terdapat sebuah tempat wisata pantai yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi wisata tersebut berada di bagian utara dari Pantai Senggigi dan dikenal dengan nama Pantai Kerandangan.

Bersantai, berenang, dan bermain pasir di tepi Pantai Kerandangan adalah sebagian kegiatan yang sering dilakukan oleh wisatawan. Pantai yang terbagi menjadi 3 bagian ini mempunyai pintu masuk tersendiri.

Please Share :

Related Post


Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia
Mendaki Gunung Rinjani Lombok – Gunung Tertinggi Kedua di Indonesia

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia yang berlokasi…

Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi
Keindahan Pantai Selong Belanak Lombok – Keindahan Pantai Yang Tersembunyi

Meskipun ada beberapa wisatawan yang telah mendengar tentang keindahan Pantai…

Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang
Keindahan Pantai Semeti Lombok – Akuarium Alam di Atas Batu Karang

Satu lagi pantai indah di selatan Pulau Lombok yang menyajikan…

Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah
Air Terjun Benang Stokel – Obyek Wisata Lombok Tengah

Berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, obyek wisata air terjun…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *