Home  /  Wisata Bali  / Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia


Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini terdiri dari 1 pusat Pura yang bernama Pura Penataran Agung Besakih, dan 18 Pura lainnya yaitu Pura Basukian serta 17 Pura pendamping.

Berlokasi di sebelah barat Gunung Agung, pura ini selain sebagai tempat yang sakral, juga memberikan sebuah panorama alam yang indah bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Sejak tahun 1995, Pura Besakih telah diusulkan untuk masuk di dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kata Besakih berasal dari kata Basuki. Basuki sendiri diambil dari bahasa Sansekerta, Wasuki, yang memiliki arti keselamatan.

Ketika wisatawan mencapai lokasi pura, setiap orang dikenakan tiket masuk seharga Rp 15.000. Selain itu di tempat ini juga menyediakan jasa sewa sarung khas Bali. Wisatawan dapat menyewa sarung tersebut sebagai suatu bentuk penghormatan karena memasuki suatu tempat yang suci.

pura besakihMemasuki pelataran pura, wisatawan akan segera disambut dengan pura yang pertama yaitu Pura Dalem Puri. Di dalam pura ini tersimpan abu Ngaben penduduk Bali.

Lalu wisatawan bisa menaiki beberapa puluh anak tangga untuk menuju ke pusat pura yaitu Pura Penataran Agung.

Pada pura ini terdapat 3 buah arca atau candi, merupakan simbol stana dari sifat Tuhan Trimurti. Dalam agama Hindu Trimurti adalah tiga kekuatan Brahman (Tuhan dalam agama Hindu) yaitu menciptakan, memelihara, dan melebur atau reinkarnasi. Trimurti terdiri dari Dewa Brahma (sebagai Dewa Pencipta), Dewa Wisnu (sebagai Dewa Pemelihara), dan Dewa Siwa (Dewa Pelebur).

Keindahan panorama alam di sekitar Pura Besakih telah terkenal di kalangan wisatawan. Sebuah suasana alam yang dapat memberikan kenyaman bagi para wisatawan yang berkunjung.

Di pagi hari, wisatawan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit, begitu juga ketika sore hari, keindahan terbenamnya matahari di pura ini telah banyak memikat hati para wisatawan untuk menikmatinya bersama keluarga ataupun teman.

Tempat wisata ini juga telah menyediakan beberapa warung makan yang berlokasi di sepanjang jalan sebelum wisatawan masuk ke dalam gerbang pura. Mereka telah menyediakan aneka menu makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.

Bagi wisatawan yang ingin mencari oleh-oleh, ada beberapa pedagang yang menjual aneka kerajinan khas Bali dan juga beberapa hasil kerajinan pura.

Sejarah Pura Besakih

Pura Besakih dibangun oleh seorang tokoh India beragama Hindu yang bernama Rsi Markandeya. Sebelum menuju ke Pulau Bali, Rsi Markandeya telah lama menetap di Pulau Jawa.

Dari hasil pertapaan Rsi Markandeya di Gunung Hyang (Gunung Dieng di provinsi Jawa Tengah), Rsi Markandeya mendapatkan sebuah wahyu untuk menelusuri hutan di Pulau Dawa dari Selatan hingga ke Utara. Pulau Dawa adalah Pulau Jawa dan Bali, dimana dahulu kedua pulau ini bersatu sehingga diberi nama Pulau Dawa yang artinya pulau yang panjang.

Selama perjalanan tersebut Rsi Markandeya menanamkan kendi yang berisi logam dan air suci. Logam tersebut adalah logam emas, perak, tembaga, besi dan perunggu. Masyarakat Bali menyebut  kelima logam tersebut dengan nama Pancadatu.

Selain itu, juga ditanam sebuah permata yang bernama Mirahadi atau mirah utama. Areal penanaman kendi ini disebut dengan nama Basuki yang berarti selamat. Pemberian nama tersebut dikarenakan para pengikut Rsi Markandeya selamat selama menjalankan tugas. Pada saat ini nama Basuki telah berubah menjadi Besakih.

Transportasi Menuju ke Pura Besakih

Pura Besakih berlokasi di desa Besakih, kec. Rendang, kabupaten Karangasem, Bali. Bagi wisatawan yang sedang berlibur di Nusa Dua, maka akan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk mencapai lokasi dengan menempuh jarak kurang lebih 63 km.

Namun bagi wisatawan yang sedang menikmati pesona alam Kintamani di kabupaten Bangli, untuk menuju ke Pura Besakih dengan menggunakan kendaraan bermotor dapat ditempuh dalam waktu sekitar 35 menit, dengan jarak kurang lebih 26 km.

Wisatawan dapat menyewa mobil untuk menuju ke lokasi wisata ini. Di Pulau Bali tersedia banyak pilihan jasa rental mobil yang menawarkan harga yang kompetitif.

Semakin bagus sebuah mobil maka harga sewanya akan semakin mahal, apalagi jika wisatawan menggunakan jasa sopir plus BBM, tentunya akan dikenakan biaya tambahan.

Menyewa mobil tanpa sopir pastinya akan mengurangi beban biaya selama berwisata, namun bagi yang jarang atau belum pernah berkunjung ke tempat-tempat wisata Bali yang menarik, kami menyarankan agar wisatawan menggunakan jasa sopir.

Wisatawan dapat santai di dalam mobil sembari menikmati panorama alam Pulau Dewata yang begitu indah.

Penginapan di Dekat Pura Besakih

Bagi wisatawan yang berencana untuk mencari tempat peristirahatan di sekitar lokasi wisata Pura Besakih, telah tersedia beberapa hotel berkelas yang menawarkan harga yang bervariasi sesuai dengan suasana dan fasilitas yang diberikan.

Selain itu, wisatawan juga bisa menginap di beberapa rumah penduduk.

Berikut beberapa penginapan tersebut, yaitu :

  1. Puri Agung Inn
  2. Griya Petapan Bangli
  3. Pondok Batur Indah Homestay
  4. Cepik Villa
  5. Great Mountain Views Villa Resort
  6. Bali Eco Adventure & Resort
  7. Puri Saron Madangan
  8. Le 48, Zen & Happy Resort
  9. Lotus Bungalows

Saran

  1. Bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Pura Besakih, jangan lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata menarik lainnya di kabupaten Karangasem seperti Pura Lempuyang, Candidasa, Tulamben, Pantai Amed, dan lain-lain.
  2. Agar lebih nyaman selama berada di lokasi wisata Pura Besakih, wisatawan sebaiknya menggunakan topi dan kacamata hitam.
  3. Di obyek wisata ini, telah tersedia jasa untuk menyewa pemandu, wisatawan dapat menyewanya untuk memberikan panduan selama berwisata di dalam pura.
Please Share :

Related Post


Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak
Pondok Pekak Ubud – Mengasah Kreativitas Anak-Anak

Berwisata ke pulau Bali merupakan pilihan yang sangat tepat bagi…

Berkunjung ke New Kuta Green Park – Wahana Rekreasi Air di Bali
Berkunjung ke New Kuta Green Park – Wahana Rekreasi Air di Bali

Satu lagi wahana rekreasi air yang akan memberikan warna bagi…

Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara
Menyaksikan Devdan Show – Pertunjukan Budaya Nusantara

Devdan Show, sebuah pertunjukan spektakuler yang menyajikan hiburan yang sarat…

Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali
Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali

Kintamani, sebuah obyek wisata pegunungan di pulau Bali dengan ketinggian…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *