Home  /  Wisata Bali  / Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali

Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali


Wisata Pura Goa Lawah – Pura Penting dan Bersejarah di Pulau Bali

Pura Goa Lawah merupakan salah satu pura penting di Pulau Bali (Pura Sad Kahyangan). Jika wisatawan masuk ke dalam lokasi pura, wisatawan dapat berjumpa dengan sebuah goa yang dihuni oleh ribuan lawah (kelelawar).

Penduduk setempat melarang bagi siapapun untuk mengganggu maupun menyakiti kelelawar-kelelawar tersebut, termasuk juga hewan-hewan lainnya yang berada pada obyek wisata ini.

pura goa lawahSampai saat ini, belum dapat diketahui secara pasti pada tahun berapa dan oleh siapa Pura Goa Lawah dibangun.

Namun, berdasarkan penelitian dari beberapa ahli sejarah, diperkirakan pura ini dibangun atas gagasan Mpu Kuturan pada abad 11 M. Sebuah tempat untuk memuja Dewa Laut sebagai manifestasi kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Berdasarkan beberapa sumber informasi, kabarnya pura ini memiliki jalan khusus untuk menuju ke Pura Besakih. Namun akibat gempa bumi yang terjadi pada awal abad ke 20, jalan tersebut tertutup.

Lokasinya yang strategis karena berada di pinggir jalan raya, membuat tempat wisata ini sering dikunjungi oleh para wisatawan. Mereka sepertinya tidak ingin melewatkan kesempatan untuk singgah di obyek wisata ini, karena selain sebagai tempat yang sakral dan bersejarah, Pura Goa Lawah juga memiliki pesona alam yang indah dan unik.

Perpaduan antara panorama perbukitan dan lautan dapat membuat para wisatawan merasa bahagia selama berada di tempat wisata ini. Tampak beberapa pohon yang rindang tumbuh di atas goa, sehingga membuat obyek wisata Bali ini menjadi lebih nyaman dan asri.

Walaupun terkadang udara di sekitar lokasi wisata cukup panas, namun hembusan angin pantai dapat memberikan kesegaran bagi para wisatawan yang berkunjung.

wisata pura goa lawah

Transportasi Menuju ke Pura Goa Lawah

Pura Goa Lawah berlokasi di Desa Pesinggahan, Dawan, kabupaten Klungkung, Bali. Tempat wisata ini berada di sebelah timur kota Klungkung, berjarak sekitar 10 km dari pusat kota.

Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 35 km.

Wisatawan bisa menyewa mobil atau motor. Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200 ribu per hari, sedangkan untuk motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai di dalam mobil tanpa harus memikirkan arah untuk menuju ke lokasi wisata, wisatawan dapat menggunakan jasa sopir. Pihak rental mobil telah menyiapkan seorang sopir yang berpengalaman, ramah, dan sopan.

Beberapa agen wisata atau agen perjalanan di Pulau Bali telah menyediakan aneka pilihan paket wisata yang menarik. Wisatawan dapat memilih paket tersebut dan pastikan terdapat kunjungan menuju ke obyek wisata Pura Goa Lawah.

Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sebesar Rp 15.000/orang.

Fasilitas

Di sekitar obyek wisata Pura Goa Lawah telah tersedia beberapa fasilitas umum untuk para wisatawan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Obyek wisata ini telah menyediakan areal parkir kendaraan yang cukup luas.
  2. Tersedia warung makan atau restoran yang menyajikan aneka menu khas daerah pantai.
  3. Fasilitas umum lain yang tersedia diantaranya beberapa toko souvenir, toilet, dan lain-lain.
  4. Jika wisatawan ingin mencari penginapan, tidak jauh dari tempat ini telah tersedia beberapa penginapan dengan variasi standar harga.

Wisatawan bisa mencari penginapan tersebut di kota Semarapura (ibu kota Klungkung), atau di dekat pantai Kusamba yang berjarak sekitar 3 km dari tempat ini.

Namun ada beberapa wisatawan yang memilih untuk mencari penginapan di Candidasa sebuah tempat wisata yang menyenangkan dengan jarak sekitar 16 km dari Pura.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  2. Ketika wisatawan masuk ke dalam wilayah Desa Pesinggahan, sempatkan waktu untuk singgah di salah satu warung makan yang menjual aneka olahan masakan laut seperti : sup ikan, pepes ikan, sate, dan ikan bakar.

Masakan lezat tersebut akan disajikan lengkap dengan nasi, sayur plecing, sambal matang dan sambal mentah. Sembari menyantap kelezatan makanan yang disajikan, segarkan suasana dengan es kelapa muda.

  1. Obyek wisata ini dekat dengan Pantai Kusamba, hanya berjarak sekitar 3 km. Wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke tempat wisata ini, karena Pantai Kusamba adalah sebuah pantai berpasir hitam yang eksotis dengan panorama alam yang indah dan menawan.

Selain menikmati keindahan alam pantai, Anda juga bisa belajar kepada penduduk setempat tentang cara pembuatan garam secara tradisional.

Please Share :

Related Post


Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah
Desa Jatiluwih Bali – Nuansa Alam Pedesaan Yang Indah

Pulau Bali begitu kaya dengan obyek wisata alamnya. Dari dataran…

Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali
Bermain di Miniapolis Bali – Dunia Permainan Anak-Anak di Bali

Berwisata ke pulau Bali tidak hanya berkunjung ke wisata pantainya…

Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali
Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali

Kintamani, sebuah obyek wisata pegunungan di pulau Bali dengan ketinggian…

Berkunjung ke Museum Bali – Museum Tertua dan Bersejarah di Bali
Berkunjung ke Museum Bali – Museum Tertua dan Bersejarah di Bali

Museum Bali merupakan museum tertua di pulau Bali, dan sebagai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *