Home  /  Wisata Bali  / Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali

Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali


Pura Lempuyang – Pura Tertua di pulau Bali

Lempuyang adalah sebuah kata dalam bahasa Jawa, namun dalam bahasa Bali kata Lempuyang berarti Gamongan. Pura Lempuyang merupakan pura tertua di Pulau Bali.

Untuk menuju ke Pura ini, wisatawan harus melewati jalan perbukitan yang berliku-liku dan naik turun. Bahkan jika wisatawan ingin menuju ke pura utama yaitu Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, maka wisatawan harus mendaki sekitar 1700 anak tangga.

Selama pendakian wisatawan akan ditemani dengan aneka kicauan burung, keindahan alam hutan yang asri, dan udara sejuk yang begitu menyegarkan. Tampak terlihat beberapa monyet yang asyik bergelantungan di dahan pohon.

pura lempuyangPara monyet ini tidak mengganggu, namun wisatawan harus tetap berhati-hati dan tidak boleh memberi makan monyet.

Sejarah pura ini belum bisa diungkapkan secara pasti hingga saat ini. Ada beberapa informasi yang memiliki beberapa bukti sejarah mengenai pembangunan Pura Lempuyang.

Namun hal ini masih belum dapat disimpulkan. Bukti tersebut adalah lontar Sading, lontar Prasasti Dewa Purana Bangsul, dan lontar Markandeya Purana.

Pura Lempuyang terbagi menjadi 3, yaitu :

  1. Lempuyang Sor
  2. Lempuyang Madya
  3. Lempuyang Luhur.

Bagi umat agama Hindu ataupun wisatawan yang ingin sembahyang di Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, harus mematuhi beberapa peraturan antara lain dilakukan dengan niat yang tulus dan berhati suci, dan menjaga setiap ucapan selama dalam perjalanan (tidak boleh berkata kasar).

Adapun larangan untuk masuk maupun sembahyang di pura ini ditujukan bagi wanita yang sedang haid, ibu menyusui, anak yang belum lepas gigi susunya, dan jika sedang mendapatkan musibah karena ada keluarga yang meninggal. Selain itu, juga tidak diperbolehkan membawa atau makan babi.

Jika wisatawan ingin membeli makanan dan minuman, di sekitar lokasi wisata telah tersedia beberapa warung makan. Fasilitas lain yang terdapat pada obyek wisata ini antara lain areal parkir yang cukup luas dan toilet.

Tempat parkir kendaraan berada cukup jauh dari tangga untuk menuju ke pura utama. Wisatawan dapat menggunakan jasa ojek untuk diantarkan menuju ke sana.

Namun, bagi wisatawan yang ingin menikmati perjalanan sembari berolahraga untuk menjaga kesehatan, tentunya berjalan kaki melalui tanah perbukitan yang naik turun akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan.

Transportasi Menuju ke Pura Lempuyang

Pura Lempuyang berlokasi di desa Adat Purwa Ayung, kec. Abang, Karangasem, Bali. Lokasi wisata ini sekitar 22 km dari kota Karangasem.

Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, maka membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 75 km.

Pada saat akan memasuki lokasi wisata, perjalanan akan dihiasi dengan kelokan dan tanjakan. Panorama alam yang masih alami akan terlihat begitu indah.

Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi ini. Apabila wisatawan menyewa mobil, sebaiknya menggunakan jasa sopir, sehingga wisatawan memiliki cukup energi untuk menaiki beberapa ribu anak tangga menuju ke Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengambil sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh agen-agen perjalanan di pulau Bali, tentunya dengan harga yang sangat kompetitif. Pastikan dalam paket wisata tersebut terdapat jadwal kunjungan ke pura Lempuyang.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan di dekat obyek wisata Pura Lempuyang, terdapat beberapa pilihan penginapan dengan harga yang bervariasi.

Penginapan tersebut yaitu :

  1. Parkir Bungalows

Penestanan Kelod, Bali.

  1. Hanging Gardens Ubud

Desa Buahan, Payangan, Bali.

  1. Ayung Resort Ubud

Desa Melinggih Kelod, Payangan, Bali.

  1. COMO Shambhala Estate

Banjar Begawan, Desa Melinggih Kelod, Payangan, Bali.

  1. Alila Ubud

Desa Melinggih Kelod, Payangan, Bali.

  1. Komaneka at Tanggayuda

Banjar Tanggayuda, Kedewatan, Ubud, Bali.

  1. The Royal Pita Maha

Desa Kedewatan, Ubud, Bali.

  1. Kupu Kupu Barong Villas & Tree Spa

Jl. Raya Kedewatan, Ubud, Bali.

  1. Bunga Permai Hotel

Banjar Bunutan, Desa Kedewatan, Ubud, Bali.

  1. Amandari

Jl. Raya Kedewatan, Ubud, Bali.

Kabupaten Karangasem memiliki beberapa tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satu tempat wisata tersebut adalah Candidasa.

Obyek wisata Candidasa merupakan sebuah kawasan pantai yang indah, memiliki pasir yang berwarna putih, dan air lautnya begitu jernih.

Selain itu, salah satu hal yang menarik di tempat wisata ini adalah wisatawan dapat menikmati dua pemandangan menakjubkan di pagi dan sore hari, yaitu menyaksikan keindahan sunrise dan sunset.

Please Share :

Related Post


Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni
Museum Seni Di Bali – Surga Bagi Pecinta Benda-Benda Seni

Berwisata ke suatu tempat, tidak hanya bertujuan untuk menikmati keindahan…

Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan
Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan

Liburan merupakan sebuah kegiatan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam…

Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam
Keindahan Tegalalang Ubud – Lukisan Kecantikan Alam

Keindahan Tegalalang Ubud telah terkenal sampai ke mancanegara. Sebuah desa yang…

Bermalam Di Kuta Lagoon Resort And Pool Villas
Bermalam Di Kuta Lagoon Resort And Pool Villas

Pergi berwisata ke Pulau Bali bersama dengan keluarga adalah sebuah…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *