Home  /  Wisata Jawa  /  Jawa Timur  / Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya

Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya


Semanggi Surabaya Salah Satu Kuliner Khas Surabaya

Liburan ke Surabaya bersama dengan keluarga atau kerabat akan menjadi sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan. Kota Pahlawan ini memiliki beberapa tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Binatang Surabaya yang berlokasi sangat dekat dengan Terminal Joyoboyo.

Liburan tidaklah lengkap jika wisatawan tidak mencoba untuk merasakan aneka kuliner setempat yang memiliki cita rasa lezat dan memanjakan lidah setiap orang sejak puluhan tahun yang lalu. Salah satu yang akan kami bahas adalah Semanggi Surabaya.

Apakah Semanggi ?

Semanggi adalah Tanaman Paku Air yang biasanya tumbuh di pematang sawah. Selain itu, ada juga Tanaman Semanggi yang hidup di daerah pegunungan. Semanggi yang hidup di dataran rendah memiliki 4 buah daun dalam 1 tangkainya. Bahkan ada yang sampai 5 buah daun namun sangat jarang sekali untuk bisa ditemukan.

Sedangkan Semanggi yang hidup di daerah pegunungan memiliki 3 buah daun dalam satu tangkainya.

Bentuk Daun Semanggi cukup unik karena menyerupai seperti payung. Umumnya tanaman Semanggi tumbuh liar dan jarang dibudidayakan.

Namun, saat ini di Surabaya ada beberapa pihak yang membudidayakan tanaman Semanggi. Permintaan pasar yang cukup tinggi menjadi salah satu alasan pembudidayaan tanaman tersebut. Jika Anda ingin melihat tanaman tersebut secara langsung, silahkan berkunjung ke wilayah Benowo, Surabaya.

Di Surabaya, tanaman Semanggi diolah menjadi makanan yang enak untuk disantap dan juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Beberapa manfaat Daun Semanggi adalah sebagai obat darah tinggi, penurun panas, dan sesak nafas. Makanan khas Surabaya ini dikenal dengan nama Pecel Semanggi atau Semanggi Surabaya.

Jika wisatawan ingin merasakan kelezatan Pecel Semanggi, kuliner khas Surabaya tersebut dapat ditemukan di Warung Wakul Suroboyo yang berlokasi di Jalan Indragiri Nomor 3, di area Taman Bungkul (Taman Kota yang berlokasi di Jalan Raya Darmo), di Perempatan Sendangbulu yang berada dekat dengan perumahan Bukit Palma, Benowo, dan beberapa pedagang keliling yang saat ini memakai sepeda ontel atau sepeda motor.

semanggi surabaya

Apa yang membedakan antara Pecel Semanggi dan Pecel pada umumnya ?

Perbedaan antara Pecel Semanggi dan Pecel lainnya terletak pada bumbunya (sausnya) dan isi dari pecel tersebut. Pecel Semanggi memakai 3 jenis sayuran yaitu Kangkung, Kecambah, dan yang pasti Daun Semanggi.

Sedangkan untuk bumbunya terdiri dari Ketela Rambat, Gula Merah, Bawang Putih, Bawang Merah, dan Kacang Tanah. Semua bumbu tersebut dihaluskan. Tidak lupa diberi sedikit air putih. Jika ingin lebih menendang di lidah, bisa ditambahkan cabai rawit yang telah dihaluskan.

Hadirnya Ketela Rambat pada saus Pecel Semanggi membuat kuliner khas Surabaya ini sangat tepat jika dikonsumsi di pagi hari sebagai teman sarapan. Kandungan karbohidrat pada Ketela Rambat akan menjadi sumber energi untuk memulai aktivitas.

Satu hal yang cukup unik, warga Surabaya jarang atau bahkan tidak pernah mengkonsumsi Pecel Semanggi memakai sendok. Mereka menggunakan Kerupuk Puli (kerupuk yang terbuat dari Tepung Beras) sebagai sendok untuk menyantap Pecel Semanggi. Hmm… telah terbayangkan kelezatan dari makanan khas Surabaya yang telah melegenda ini ?

Bagi para wisatawan yang ingin membuat Pecel Semanggi, tidaklah sulit untuk menghadirkannya di dapur kesayangan Anda. Namun, bagian yang tersulit adalah menghadirkan Daun Semangginya dimana tidak setiap daerah dapat dengan mudah dijumpai Tanaman Paku Air tersebut.

Bahan yang dibutuhkan yaitu :

  1. 250 gram Daun Semanggi
  2. 50 gram Kecambah
  3. 1 ikat Kangkung

Untuk Sausnya :

  1. 250 gram Ketela Rambat
  2. 30 gram Gula Merah
  3. 100 gram Kacang Tanah
  4. 3 siung Bawang Merah
  5. 2 siung Bawang Putih
  6. 1 ruas jari Kencur
  7. Cabai Rawit sesuai selera
  8. Petis Udang sesuai dengan selera
  9. 200 ml air putih

Bahan pelengkap dari makanan ini yaitu Kerupuk Puli dan Lembaran Daun Pisang.

Langkah pertama dalam pembuatannya adalah cuci bersih Kangkung, Daun Semanggi, dan juga Kecambah, kemudian direbus hingga matang dan tiriskan.

Pembuatan Saus Ketela Rambat :

  1. Rebus Ketela Rambat hingga matang lalu dihaluskan.
  2. Goreng Kacang Tanah hingga matang, tiriskan dan kemudian dihaluskan.
  3. Haluskan Bawang Putih, Bawang Merah, dan Kencur. Jika ingin terasa pedas dapat ditambahkan Cabai Rawit. Kemudian tumis bumbu halus tersebut hingga berbau harum.
  4. Langkah selanjutnya masukkan Kacang Tanah ke dalam masakan, aduk hingga merata, lalu masukkan Ketela Rambat (catatan : kedua bahan tersebut telah dihaluskan).
  5. Tambahkan air sedikit demi sedikit dan jangan sampai masakan menjadi gosong.
  6. Beri Gula Merah dan juga Petis sesuai dengan selera.
  7. Aduk terus hingga saus mengental. Anda juga bisa menambahkan sedikit Garam dan Gula Pasir sesuai dengan selera.

Setelah 3 macam sayuran telah siap dan saus telah matang, untuk menyajikannya dibutuhkan selembar Daun Pisang sebagai alasnya. Tata aneka sayuran di atas Daun Pisang kemudian siram dengan Saus Ketela Rambat. Jangan lupa untuk menambahkan Kerupuk Puli sebagai pengganti sendok.

Sebagai tambahan informasi untuk Anda, di bawah ini terdapat video singkat peracikan Pecel Semanggi yang dibeli dari Pedagang Keliling yang memakai sepeda motor.

 

Please Share :

Related Post


Kuliner Khas Lombok – Menikmati Kelezatan Aneka Makanan Khas Lombok
Kuliner Khas Lombok – Menikmati Kelezatan Aneka Makanan Khas Lombok

Berlibur ke Pulau Lombok bersama dengan teman atau keluarga akan…

10 Obyek Wisata Di Tuban Yang Patut Dikunjungi – Wisata Tuban
10 Obyek Wisata Di Tuban Yang Patut Dikunjungi – Wisata Tuban

Tuban – salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki…

Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta
Ragam Wisata Menarik Ala Kaliurang Yogyakarta

Ketika berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk berkunjung ke lokasi…

12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang
12 Obyek Wisata Di Semarang Yang Patut Dikunjungi – Wisata Semarang

Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah ini adalah kota terbesar ke-5…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *