Home  /  Wisata Bali  / Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali

Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali


Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali

Taman Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) adalah sebuah karya yang monumental di pulau Bali, merupakan sebuah taman sebagai tempat penyajian dan pengembangan budaya Bali.

Garuda Wisnu Kencana atau lebih sering disebut dengan nama GWK, terletak pada dataran tinggi bukit kapur, dengan ketinggian 146 meter dari permukaan tanah atau sekitar 263 meter dari permukaan air laut.

Rencananya, di lokasi wisata ini akan dibangun sebuah patung Dewa Wisnu setinggi 75 m, dengan tinggi pondasi 70 m. Patung Dewa Wisnu tersebut akan mengendarai Garuda setinggi 12 m, dengan bentangan sayap Garuda selebar 66 m.

GWK BaliBahan yang digunakan untuk membuat patung Dewa Wisnu adalah tembaga dan kuningan, berat total bahan mencapai 4 ribu ton.

Sehingga pada saat mega proyek ini selesai, maka akan berdiri sebuah monumen GWK dengan ketinggian melebihi ketinggian Patung Liberty (tinggi Patung Liberty 93 m), dan dapat dilihat hingga radius 20 km.

Monumen ini akan menjadi sebuah ikon pariwisata di pulau Bali.

Proses pembuatan monumen Garuda Wisnu Kencana sampai saat ini masih terus berjalan, karya besar ini di desain oleh seorang pematung dari Tabanan Bali, lulusan ITB (Institut Teknologi Bandung) bernama I Nyoman Nuarta.

Sebelumnya beliau telah melahirkan beberapa karya monumental seperti Monumen Arjuna Wijaya, Monumen Proklamator Indonesia yang berlokasi di Jakarta, dan Monumen Jalesveva Jayamahe di pantai utara Surabaya.

Selain itu, disamping wisatawan dapat melihat pementasan tari seperti: Barong Ngelawang, Joged Bumbung, Kecak Parade, Barong Kris, Kecak, dan sebagainya, di Taman Budaya GWK wisatawan juga dapat menikmati panorama indah alam Bali dari ketinggian bukit Ungasan.

penampilan seni tari di GWK

Di sebelah utara terlihat pemandangan kota Denpasar dan pesawat yang akan landing maupun take off dari bandara Ngurah Rai, di sebelah selatan tersajikan keindahan alam pantai yang berhadapan langsung dengan samudera Hindia, dan satu hal lagi yang menarik, wisatawan dapat menyaksikan keindahan sunset dari atas bukit.

Di dekat lokasi patung, terdapat sebuah mata air yang telah lama digunakan oleh penduduk setempat untuk pengobatan. Sumber mata air ini bernama Parahyangan Somaka Giri, memiliki kandungan mineral yang baik untuk kesehatan.

liburan ke GWK BaliBerikut beberapa lokasi rekreasi yang berada di Taman Budaya GWK :

  1. Wisnu Plaza

Wisnu Plaza merupakan tempat yang paling tinggi di GWK, tempat dimana patung Garuda Wisnu Kencana dan patung Dewa Wisnu berada.

Di lokasi ini, juga terdapat air mancur yang mengelilingi patung Dewa Wisnu dan sumber mata air suci Parahyangan Somaka Giri yang tidak pernah kering sepanjang tahun.

  1. Lotus Pond

Sebuah area outdoor terbesar di lokasi wisata Taman Budaya GWK. Sering dipakai sebagai tempat diadakannya acara besar dan internasional.

  1. Indraloka Garden

Indraloka Garden merupakan salah satu tempat favorit di GWK, sering diadakan pesta dan upacara pernikahan di lokasi ini. Wisatawan juga bisa melihat panorama alam Bali dari atas Indraloka Garden.

taman GWK

  1. Tirta Agung

Trita Agung adalah area outdoor yang biasa dipakai untuk acara menengah. Di tempat ini juga terdapat patung tangan Wisnu, merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu.

  1. Amphitheatre

Sebuah ruangan yang digunakan untuk sebuah pertunjukan khusus. Wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan tari Kecak secara gratis sekitar jam 18.30 WITA.

  1. Street Theater

Lokasi ini merupakan tempat awal dan akhir kunjungan wisatawan di Taman Budaya GWK. Di tempat ini wisatawan bisa membeli souvenir dan merchandise GWK. Terdapat beberapa toko souvenir, art dan merchandise seperti Bali Art Market dan GWK Souvenir Shop. Tidak hanya itu, wisatawan juga bisa membeli aneka produk SPA Bali.

Merasa lelah, di tempat ini juga menyediakan pijat refleksi, yang siap untuk memberikan kebugaran bagi para wisatawan.

taman budaya gwk

Beberapa restoran berkelas juga hadir di lokasi ini, wisatawan dapat mencoba kelezatan aneka menu dengan harga yang terjangkau. Bahkan ada restoran yang menawarkan paket all you can eat, sangat pas bagi wisatawan yang gemar makan makanan enak.

Transportasi ke Taman Budaya GWK

Taman Budaya GWK berlokasi di Jl. Raya Uluwatu, Badung, Bali, sekitar 24 km dari pusat kota Denpasar, dan 12 km dari bandara Ngurah Rai. Wisatawan dapat menggunakan taksi, sewa mobil atau motor, untuk menuju ke lokasi ini.

jadwal pentas di gwkUntuk masuk ke lokasi GWK, wisatawan akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah/wisatawan, bagi pelajar akan dikenakan tarif sebesar 40 ribu rupiah/pelajar.

Dengan biaya tersebut, wisatawan dapat menikmati semua fasilitas dan pelayanan yang ada di Taman Budaya GWK, panorama alam yang menawan, dan karya seni patung yang spektakuler.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyaksikan pentas tari Bali secara gratis di beberapa lokasi yang ada di GWK yaitu Amphitheatre, Street Theater, Plaza Wisnu, dan Jendela Bali.

Jadwal pertunjukan baik tempat dan waktunya dapat Anda lihat di bagian pusat informasi.

Fasilitas Taman Budaya GWK

Kawasan wisata Taman Budaya GWK telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia tempat untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia beberapa penginapan yang tidak terlalu jauh dari lokasi wisata.
  3. Toko-toko yang menjual souvenir, art, merchandise, produk SPA Bali, dll.
  4. Beberapa restoran yang menyajikan aneka hidangan lezat.
  5. Menyaksikan pertunjukan seni seperti tari Barong Ngelawang, Joged Bumbung, Kecak Tektekan, Kris, tari Barong, dll.
  6. Wahana permainan seperti rappelling & rock climbing, marine bridge, dan flying fox.
  7. Fasilitas MCK/toilet.

Penginapan di Sekitar Taman Budaya GWK

Bagi wisatawan yang ingin mencari penginapan yang berlokasi tidak begitu jauh dari GWK.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

Bintang 1

  1. Kamala Bed & Breakfast

Jl. Segaramadu No 1, Kedonganan – Jombaran, Kuta, Badung, Bali.

  1. The Open House

Jl. Pemelisan Agung No. 25, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Bintang 2

  1. Coco de Heaven

Jl. By Pass Ngurah Rai 17 X, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali.

  1. Villa Puri Royan

Jl. Pantai Sari No. 25, Kuta Selatan, Badung, Bali.

Bintang 3

  1. J Lestari Hotel

Jl. Taman Mulia No. 8B Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali.

  1. Sari Segara Resort, Villas & Spa

Jl. Pantai Kedonganan, Kuta, Badung, Bali 80361.

  1. Nirmala Hotel and Resort Jimbaran

Jl. Uluwatu 2 No. 11, Kuta Selatan, Badung, Bali 80361.

Bintang 4

  1. Pat-Mase Villas

Jl. Karang Mas Sejahtera 100 X, Kawasan Bukit Permai, Kedonganan, Bali 80364.

  1. Harris Hotel Bukit Jimbaran

Jl. Raya Uluwatu 2000 X, Kuta Selatan, Badung, Bali 80361.

  1. Keraton Jimbaran Resort & Spa

Jl. Mrajapati, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali 80361.

Bintang 5

  1. InterContinental Bali Resort

Jl. Uluwatu 45, Kuta Selatan, Badung, Bali.

  1. Four Seasons Resort Bali at Jimbaran Bay

Jimbaran Bay, Jimbaran, Kuta Selatan, Bali 80361.

  1. Karma Jimbaran

Jl. Bukit Permai, Jimbaran Bay, Bali 80362.

Saran

  1. Sebaiknya wisatawan datang sejak pagi hari agar bisa menyaksikan pertunjukan tari Bali yang dimulai sejak jam 10 s.d. jam 19.15 WITA.
  2. Bagi wisatawan yang memakai jasa agen wisata, wisatawan harus selektif dalam memilih beberapa agen wisata yang ada di Bali, agar mendapatkan harga yang bagus dengan kualitas pelayanan yang memuaskan.
  3. Tarif sewa mobil di pulau Bali bervariasi, tergantung dari jenis dan tahun pembuatan mobil. Agar mendapatkan harga yang murah, wisatawan dapat menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan lain. Pihak rental mobil juga menyediakan jasa sopir yang berpengalaman, ramah serta sopan.
  4. Di tempat wisata ini, ada beberapa peraturan yang harus wisatawan patuhi, salah satu aturan tersebut adalah dilarang merokok.

Taman Budaya GWK, sebuah taman seluas 250 hektar yang merupakan tempat kegiatan budaya Bali dengan pesona alam yang mengagumkan.

Please Share :

Related Post


Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia
Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini…

Pulau Penyu Bali – Pusat Konservasi Penyu di Pulau Bali
Pulau Penyu Bali – Pusat Konservasi Penyu di Pulau Bali

Tanjung Benoa tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, dan…

Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali
Wisata Alam Sangeh di Pulau Bali

Pulau Bali tidak hanya terkenal karena memiliki beberapa wisata pantai…

Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh
Pasar Seni Di Bali – Tempat Yang Menyenangkan Untuk Berburu Oleh-Oleh

Setelah wisatawan menikmati aneka tempat wisata yang menarik di Pulau…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *