Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga

Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga


Taman Kambang Iwak Palembang – Tamasya Bersama Keluarga

Taman Kambang Iwak Palembang merupakan salah satu tempat yang menyenangkan untuk berolahraga, bermain, dan berekreasi bersama dengan teman atau keluarga. Di tengah taman terdapat sebuah kolam yang dilengkapi dengan air mancur. Ketika malam hari air mancur tersebut akan memancarkan cahaya hijau yang indah.

Selain air mancur, di dalam kolam juga terdapat ikan-ikan hias. Namun, jangan pernah mencoba untuk mengambil ikan tersebut, karena kegiatan ini tidak diizinkan di lokasi wisata Taman Kambang Iwak.

kolam di taman kambang iwakKehadiran dari ikan-ikan hias di dalam kolam, membuat warga setempat  menyebut taman yang dikelilingi oleh pepohonan rindang ini dengan nama “Kambang Iwak” yang artinya adalah Kolam Ikan.

Di pagi hari, terlihat beberapa wisatawan lokal dan dari luar daerah menikmati segarnya udara pagi sembari berlari mengelilingi taman sepanjang kurang lebih 800 m.

Mulai dari orang dewasa hingga anak-anak begitu menikmati kegiatan ini. Setelah lelah berlari, suasana teduh dan asri di pinggir kolam sangat tepat sebagai tempat untuk beristirahat.

Beberapa komunitas anak muda di Kota Palembang seperti komunitas sepeda, sepatu roda, skateboard, dan motor modifikasi juga sering berkunjung ke taman ini.

Selain itu, kehadiran arena permainan di dalam lingkungan taman seperti ayunan, outbond, roda berputar, dan lain-lain, pastinya akan membuat anak-anak betah berada di tempat wisata ini. Sembari menunggu anak-anak yang sedang asyik bermain, orangtua akan berkunjung ke area hotspot yang berada di Cyber Park KI.

Wisata kuliner di lokasi wisata ini juga sangat menyenangkan. Telah berdiri beberapa restoran atau cafe di sekitar taman seperti KFC, Surabi Enhai, Kopitiam, dan Cafe Gun.

taman kambang iwak

Sembari menyantap aneka hidangan yang lezat, tempat tersebut juga asyik untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong bersama dengan teman-teman. Disamping itu, juga terdapat pedagang kaki lima seperti mie tektek, jagung bakar, rokok, dan sebagainya.

Ketika akhir pekan, jumlah pengunjung di Taman Kambang Iwak akan semakin meningkat. Mereka yang berkunjung ke lokasi wisata ini tidak hanya ingin berolahraga, namun juga ingin melepaskan rasa lelah setelah melakukan kegiatan rutin selama 5 hari.

area bermain di taman kambang iwak

Tidak salah jika taman yang indah ini pernah mendapatkan predikat sebagai Taman Kota Terbaik di Indonesia yaitu pada tahun 2008 dan 2010. Taman yang berada tepat di depan hotel Swarna Dwipa, merupakan sarana hiburan yang menyenangkan bagi warga Palembang maupun wisatawan yang sedang berlibur di Kota Palembang.

Sekilas Sejarah Taman Kambang Iwak Palembang

taman kambang iwak palembangDahulu, taman ini dibangun oleh bangsa Belanda sebagai tempat rekreasi bagi keluarga mereka.

Itulah sebabnya, lokasi taman berada di dekat pemukiman warga Belanda pada masa itu yaitu kawasan Talang Semut.

Sampai dengan saat ini, masih terdapat bangunan peninggalan bangsa Belanda di sekitar taman.

Bangunan tersebut masih kokoh dan terawat. Salah satu dari bangunan mewah Belanda adalah rumah dinas walikota Palembang.

Transportasi Menuju Ke Taman Kambang Iwak Palembang

Taman Kambang Iwak berada di Jl. Dr. Sutomo s.d. Jl. Tasik, Palembang. Bagi wisatawan yang ingin menggunakan angkutan umum bisa menggunakan bus trans musi dan angkutan kota jurusan Bukit Besar – Ampera atau Perumnas – Ampera.

Selain itu, juga terdapat bus kota jurusan Bukit Besar – Ampera yang melintas di kawasan taman.

Apabila wisatawan menggunakan kendaraan pribadi, dari Jalan Merdeka lanjutkan perjalanan sampai bertemu dengan Jalan Tasik. Jika Anda bingung, Anda dapat memanfaatkan teknologi GPS atau bertanya kepada penduduk setempat.

Fasilitas Taman Kambang Iwak Palembang

Salah satu taman kebanggaan warga Palembang ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang.

Beberapa fasilitas tersebut diantaranya :

  1. Lokasi untuk parkir kendaraan.
  2. Area hotspot dan juga tempat makan.
  3. Jogging track, arena bermain untuk anak-anak, dan beberapa tempat duduk di tepi kolam.
  4. Tersedia kran air minum.

Penginapan

Beberapa hotel yang berada di dekat kawasan wisata Kambang Iwak antara lain :

  1. Hotel Swarna Dwipa
  2. Hotel Budi Palembang
  3. Quin Centro Hotel Palembang
  4. Emilia Hotel
  5. Aryaduta Hotel Palembang

Saran

  1. Jangan pernah mencoba untuk mengambil ikan yang berada di dalam kolam karena dapat dihukum 3 tahun penjara atau denda Rp 5.000.000.
  2. Saat yang tepat untuk berkunjung ke Taman Kambang Iwak adalah pada pagi dan sore hari.
  3. Setiap wisatawan yang berada di kawasan wisata Kambang Iwak harus ikut menjaga kebersihan di tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  4. Bagi wisatawan yang datang ke lokasi wisata Kambang Iwak pada hari minggu pagi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti aktivitas senam bersama.
  5. Selain bersantai di Kambang Iwak, di wilayah 7 Ulu atau bersebrangan dengan kawasan wisata Benteng Kuto Besak, terdapat sebuah obyek wisata sejarah yang dikenal dengan nama Kampung Kapitan. Kampung ini menyimpan sejarah dan budaya dari etnis Tionghoa yang telah lama menetap di Kota Palembang.

Selain itu, wisatawan juga bisa bersantai dan berwisata kuliner di sebuah restoran yang menyajikan aneka hidangan lezat di tepi Sungai Musi. Restoran ini masih berada di dekat kawasan wisata Kampung Kapitan.

Please Share :

Related Post


Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane
Air Terjun 17 Tingkat – Keindahan Alam Air Terjun Sangka Pane

Pergi berwisata ke Aceh tidak hanya mengunjungi wisata pantainya yang…

Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak
Suasana Santai di Kawasan Wisata Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak Palembang adalah sebuah bangunan keraton yang didirikan…

Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang
Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang

Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang bersama dengan keluarga pastinya…

Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar
Gunung Seulawah Agam – Wisata Ke Aceh Besar

Gunung Seulawah Agam berlokasi di Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar,…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *