Home  /  Wisata Bali  / Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu


Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu Tabanan adalah surga bagi para pecinta kupu-kupu. Hewan ini terlihat anggun karena memiliki warna yang indah dan dapat membuat setiap orang kagum dengan keindahannya.

Setiap wisatawan yang datang ke tempat ini dapat menyaksikan beberapa jenis kupu-kupu yang mungkin sangat sulit untuk ditemukan di tempat tinggal mereka.

Taman Kupu-kupu Tabanan memiliki luas sekitar 1 hektar. Selain sebagai tempat penangkaran, para petugas yang berada di lokasi wisata ini melakukan pengembangbiakan kupu-kupu untuk keperluan ilmu pengetahuan dan pendidikan. Kegiatan ini sangatlah bermanfaat karena dapat menjaga kupu-kupu dari ancaman kepunahan.

taman kupu-kupuAda beberapa jenis kupu-kupu di tempat wisata ini, diantaranya yang paling terkenal adalah kupu-kupu Barong, kupu-kupu Priamus, dan kupu-kupu jenis Sayap Burung Surga.

Setiap bulan minimal 3500 kupu-kupu akan dilepas untuk dikembalikan ke habitat aslinya.

Taman Kupu-kupu Tabanan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan dari luar negeri. Mungkin dikarenakan kupu-kupu adalah hewan yang langka di negara asalnya.

Namun, ada juga beberapa wisatawan lokal yang berkunjung ke tempat wisata ini. Mereka biasanya datang bersama dengan anak-anak. Di tempat ini anak-anak tidak hanya dapat melihat aneka kupu-kupu yang cantik, mereka juga dapat belajar untuk menyayangi serta melindungi kehidupan hewan yang cantik ini.

Selain itu, mereka juga memahami siklus metamorfosis pada kupu-kupu, mulai dari telur, ulat, kepompong, hingga akhirnya menjadi hewan bersayap yang diberi nama kupu-kupu.

Taman Kupu-kupu Tabanan dibangun pada bulan Oktober 1993, setelah acara Konferensi Kupu-kupu Tingkat Internasional pada tanggal 24-27 Agustus tahun 1993 di Ujung Pandang. Pada tanggal 17 Desember 1996, Ibu Asiawati Oka (Ketua Tim PKK Provinsi Bali) meresmikan pembukaan Taman Kupu-kupu Tabanan.

Sampai dengan sekarang, taman seribu kupu-kupu yang cantik ini, dikelola oleh PT. Kupu-kupu Lestari.

Setelah puas melihat semua jenis kupu-kupu yang berada di taman ini, wisatawan dapat membeli beberapa cinderamata unik yang merupakan hasil karya dari Taman Kupu-kupu Tabanan.

Cinderamata tersebut antara lain : gantungan kunci, lukisan dengan menggunakan sayap kupu-kupu, pembatas buku yang terbuat dari bahan fiber dan terdapat kupu-kupu di dalamnya, bingkai yang berisi kupu-kupu, bingkai yang berisi kumbang, dan masih banyak yang lainnya.

Taman Kupu-kupu Tabanan buka setiap hari dari jam 08.00-17.00 WITA. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini adalah sebesar Rp 15.000/orang. Namun bagi wisatawan luar negeri akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 50.000/orang.

taman kupu-kupu tabanan

Transportasi Menuju Ke Taman Kupu-kupu Tabanan

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Kupu-kupu Tabanan, tempat wisata ini berlokasi di Jl. Batukaru, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika wisatawan berangkat dari pusat kota Tabanan, akan menempuh jarak sekitar 7 km. Akan tetapi, jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, wisatawan akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam, dengan jarak sekitar 60 km.

Wisatawan dapat menyewa mobil atau motor untuk menuju ke lokasi wisata ini. Harga sewa mobil di Bali sekitar Rp 200.000/hari. Sedangkan harga sewa motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Penginapan

Bagi wisatawan yang sedang berlibur di kabupaten Tabanan dan berencana untuk mencari tempat beristirahat, telah tersedia beberapa penginapan dari kelas melati hingga hotel berbintang.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Hotel Pacung Indah Bedugul

Jl. Pacung, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Villa Lumbung Jatiluwih

Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali.

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  2. Di Kabupaten Tabanan terdapat sebuah monumen yang dibangun pada tahun 1954, 8 tahun setelah peristiwa Puputan Margarana yang terjadi pada tanggal 20 November 1946. Puputan Margarana adalah pertempuran melawan Belanda dibawah pimpinan I Gusti Ngurah Rai.

Bagi wisatawan yang menyukai wisata sejarah, wisatawan dapat mengunjungi Taman Margarana atau Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana yang berlokasi di Desa Kelaci, Kec. Marga, Tabanan, Bali.

Please Share :

Related Post


Pantai Suluban – Blue Point Beach In Bali
Pantai Suluban – Blue Point Beach In Bali

Pantai Suluban atau biasa disebut oleh wisatawan asing Blue Point…

Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali
Desa Penglipuran – Menawarkan Kesejukan dan Keindahan Alam Desa di Bali

Desa Penglipuran berlokasi di kabupaten Bangli. Kondisi alamnya yang berada…

Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali
Hotel Murah Di Bali – Penginapan Terjangkau di Pulau Bali

Berlibur ke Pulau Bali merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan.…

Keindahan Taman Tirta Gangga – Taman Air Kerajaan di Pulau Bali
Keindahan Taman Tirta Gangga – Taman Air Kerajaan di Pulau Bali

Tirta Gangga merupakan sebuah taman air kerajaan yang begitu indah.…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *