Home  /  Wisata Bali  / Taman Margarana – Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana

Taman Margarana – Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana


Taman Margarana – Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana

Salah satu obyek wisata sejarah di Pulau Bali yang sering dikunjungi oleh para wisatawan adalah Taman Margarana atau Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana. Taman ini dibangun pada tahun 1954 sebagai sebuah monumen nasional untuk mengenang jasa para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia.

Delapan tahun sebelum pembangunan taman bersejarah ini, terjadi sebuah pertempuran yang sengit antara para pejuang Bali di bawah pimpinan Kolonel I Gusti Ngurah Rai melawan pasukan Belanda.

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, dimana Negara Jepang mengalami kekalahan. Pasukan Belanda datang kembali ke Pulau Bali untuk merebut wilayah yang pernah dikuasai oleh pasukan Jepang.

Padahal pada saat itu rakyat Bali telah menyatakan merdeka dan menjadi bagian dari Negara Republik Indonesia. Namun, Belanda memiliki rencana tersendiri untuk membentuk Negara Indonesia Timur. Rencana tersebut ditentang oleh rakyat Bali, sehingga terjadilah pertempuran sengit melawan Belanda pada tanggal 20 November 1946.

Peristiwa itu dikenal dengan nama Puputan Margarana. Puputan berasal dari bahasa Bali yang artinya adalah “habis-habisan”, dan arti dari Margarana adalah “pertempuran di Marga”.

Sehingga Puputan Margarana adalah pertempuran habis-habisan sampai dengan akhir hayat melawan Belanda dan terjadi di desa Marga. Pada perang tersebut pasukan Ciung Wanara di bawah pimpinan Kolonel I Gusti Ngurah Rai yang berjumlah 96 orang gugur di medan perang.

taman margaranaSedangkan dari pihak Belanda yang didukung dengan persenjataan modern dan pesawat pengebom yang datang dari Makassar, kehilangan pasukan dalam jumlah yang lebih banyak yaitu sekitar 400 orang yang tewas.

Setelah peristiwa tersebut, di lokasi terjadinya pertempuran dibangun Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana.

Taman Margarana memiliki luas sekitar 9 hektar, dan dibangun dengan konsep Tri Mandala. Sebelum memasuki lokasi taman, wisatawan dapat melihat daftar nama-nama pahlawan yang merupakan anggota pasukan Ciung Wanara.

Di dalam taman berdiri Candi Pahlawan Margarana setinggi 17 meter. Pada candi ini wisatawan dapat melihat foto Kolonel I Gusti Ngurah Rai dan sebuah surat balasan dari beliau untuk Belanda (Overste Termeulen).

Surat tersebut dipahat secara berangkai di 5 sisi candi. Melalui jalan di belakang candi, wisatawan dapat berjumpa dengan 1372 nisan para pahlawan yang gugur di medan perang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Jika wisatawan berjalan ke arah timur Taman Margarana, di sana wisatawan akan berjumpa dengan Museum Perjuangan Puputan Margarana. Museum ini menyimpan benda-benda peninggalan para pejuang seperti : pakaian, senjata tajam, senjata api, alat komunikasi, dan lain-lain.

Bagi wisatawan yang sedang berhalangan atau datang bulan, sebaiknya tidak ikut masuk ke dalam taman. Selain itu, terdapat beberapa peraturan lainnya yang harus dipatuhi selama berada di dalam lokasi taman seperti : tidak boleh berkata kasar, tidak boleh melakukan perbuatan yang terlarang, dan lain-lain.

Transportasi Menuju Ke Taman Margarana

Taman Margarana berlokasi di Desa Marga, Kec. Marga, Tabanan, Bali. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 27 km dalam waktu kurang lebih 1 jam.

Namun, jika wisatawan berangkat dari bandara Ngurah Rai, membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk mencapai lokasi taman, dengan jarak sekitar 36 km.

Wisatawan dapat menggunakan taksi, menyewa mobil atau motor. Harga sewa mobil di Bali mulai dari Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000/hari.

Bagi wisatawan yang menyewa mobil, agar bisa bersantai di dalam mobil sembari menikmati pesona alam Bali yang menawan, sebaiknya wisatawan menggunakan jasa sopir. Umumnya pihak rental mobil telah menyediakan sopir yang berpengalaman, ramah, dan sopan.

Selain itu, wisatawan juga bisa mengikuti sebuah paket wisata. Di Bali telah tersedia beberapa agen perjalanan atau agen wisata yang menawarkan beberapa paket wisata untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menarik di Pulau Bali. Pastikan di dalam paket tersebut ada kunjungan ke Taman Margarana.

Fasilitas Umum di Taman Margarana

Pihak pengelola Taman Pahlawan Margarana telah menyediakan beberapa fasilitas umum untuk menyambut para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain :

  1. Tersedia areal yang cukup luas untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia warung makan yang menyajikan aneka makanan dan minuman.
  3. Tersedia tempat untuk beristirahat (pendopo).
  4. Tersedia toilet/kamar mandi.

Penginapan

Bagi wisatawan yang berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik di Kabupaten Tabanan, sebaiknya wisatawan menginap di salah satu hotel yang telah tersedia di tempat ini.

Beberapa penginapan tersebut antara lain :

  1. Hotel Pacung Indah Bedugul

Jl. Pacung, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. The Sanyas Retreat

Banjar Dukuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali.

  1. Villa Lumbung Jatiluwih

Desa Jatiluwih, Penebel, Tabanan, Bali.

  1. Waka Gangga

Jl. Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Bali.

  1. Puri Taman Sari Tabanan

Dusun Umabian, Desa Peken, Marga, Tabanan, Bali.

Saran

  1. Jika wisatawan menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  2. Lumba-lumba adalah hewan mamalia yang hidup di air dan termasuk dalam golongan hewan yang pintar dan lucu.

Bagi wisatawan yang ingin melihat hewan ini bermain di habitatnya, wisatawan bisa menuju ke Pantai Lovina yang berlokasi sekitar 63 km dari taman Margarana atau kurang lebih 10 km dari Kota Singaraja (Ibukota Kabupaten Buleleng).

Pada jarak sekitar 1 km dari tepi pantai, wisatawan dapat menyaksikan atraksi lumba-lumba yang menawan.

Please Share :

Related Post


Pantai Suluban – Blue Point Beach In Bali
Pantai Suluban – Blue Point Beach In Bali

Pantai Suluban atau biasa disebut oleh wisatawan asing Blue Point…

Wisata Bahari Tulamben – Pesona Alam Bawah Laut Yang Menawan
Wisata Bahari Tulamben – Pesona Alam Bawah Laut Yang Menawan

Tulamben merupakan sebuah desa yang memiliki pesona alam bawah laut…

Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset
Liburan ke Pura Uluwatu Bali – Keindahan Panorama Sunset

Pura Uluwatu atau Pura Luhur Uluwatu terletak di ujung pulau…

Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu
Taman Kupu-kupu Tabanan – Surga Bagi Pecinta Kupu-kupu

Taman Kupu-kupu Tabanan adalah surga bagi para pecinta kupu-kupu. Hewan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *