Home  /  Wisata Lombok  / Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok


Berenang Di Taman Narmada – Keindahan Sebuah Taman di Pulau Lombok

Taman Narmada merupakan sebuah taman yang indah dan telah berumur lebih dari 200 tahun. Nama Narmada berasal dari kata Narmadanadi yaitu anak Sungai Gangga yang berada di India.

Hingga saat ini, Taman Narmada tetap menjadi salah satu wisata favorit di Lombok. Sekilas taman ini mirip dengan Taman Tirta Gangga dan Taman Ujung di Kab. Karangasem Bali. Taman dengan luas kurang lebih 2 hektar ini dibangun oleh Raja Kerajaan Karangasem yang bernama Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 M.

berenang-di-taman-narmadaPembangunan taman bertujuan sebagai tempat upacara Pakelem dan juga sebagai tempat bagi keluarga raja untuk beristirahat pada saat-saat tertentu.

Berenang di Taman Narmada merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan di tempat wisata ini. Kolam pemandian yang berada di dalam taman dipercaya oleh penduduk setempat dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Air yang mengisi kolam berasal dari sumber air alami dan memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi. Sumber air tersebut mengalir dari Gunung Rinjani.

Oleh karena itu, tidak hanya penduduk setempat, hampir setiap wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini tertarik untuk berendam atau berenang di dalam kolam. Adapun biaya yang dikenakan untuk mengakses area kolam pemandian ini adalah sebesar Rp. 5000/orang.

Berenang di Taman Narmada di dalam sebuah kolam yang cukup besar pastinya akan memberikan kesegaran bagi setiap wisatawan. Sejuknya air dan hijau tanaman yang mengelilingi areal kolam selain menyegarkan juga akan memberikan kesan teduh dan asri.

kolam-pemandian-taman-narmada

Panasnya cuaca di Pulau Lombok tidak mampu menghalangi aktivitas wisatawan untuk berenang. Kegembiraan ini akan semakin terasa bermakna apabila wisatawan berkunjung ke Taman Narmada bersama dengan teman atau keluarga.

Selain berenang, ada beberapa kegiatan lainnya yang dapat dilakukan oleh wisatawan selama berada di obyek wisata Taman Narmada. Walaupun taman bersejarah ini telah mengalami renovasi sehingga tidak 100 % sama dengan bentuk aslinya, namun keindahannya tetap mampu memanjakan mata para pengunjung.

taman-narmada-1

Beberapa kegiatan yang menyenangkan di Taman Narmada antara lain :

  1. Bersantai menikmati keindahan taman sembari menghirup udara segar.
  2. Berkunjung ke Pura Kelasa dengan menaiki puluhan anak tangga.
  3. Mengunjungi Balai Loji, Balai Terang, Telaga Padmawangi, dan Halaman Bencingah.
  4. Mengikuti aktivitas outbound seperti flying fox.
  5. Bagi wisatawan yang ingin membeli cinderamata, di dekat Balai Petirtaan (tempat bertemunya 3 sumber mata air) terdapat beberapa pedagang yang menjual aneka gelang dan kalung. Harga cinderamata tersebut sekitar Rp 10.000.
  6. Menikmati kuliner yang tersedia di areal taman seperti Sate Bulayak. Sate Bulayak adalah makanan khas Pulau Lombok yang dibuat dari daging sapi dan disajikan bersama dengan lontong (bulayak). Rasa bumbu satenya seperti kari karena terbuat dari kacang tanah halus yang direbus dengan santan dan beberapa bumbu lainnya.

taman-narmada-2

Transportasi Menuju Ke Taman Narmada

Taman Narmada berlokasi di Desa Lembuak, Kec. Narmada, Kab. Lombok Barat. Tempat wisata ini berjarak sekitar 10 km di sisi timur Kota Mataram.

Untuk menuju ke Taman Narmada, wisatawan bisa menggunakan angkutan umum, taksi, menyewa mobil atau motor.

Harga sewa mobil di Pulau Lombok adalah Rp 600.000/10 jam. Harga tersebut telah termasuk jasa sopir dan bahan bakar. Sedangkan harga sewa motor sekitar Rp 50.000/hari.

Selain itu, wisatawan juga bisa menggunakan jasa agen wisata. Dengan memakai agen wisata, wisatawan dapat mengunjungi beberapa tempat wisata menarik lainnya yang ada di Pulau Lombok sesuai dengan jadwal perjalanan yang telah disepakati.

Harga tiket masuk ke Taman Narmada adalah sebesar Rp 5000/orang untuk wisatawan domestik, dan Rp 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara. (biaya tersebut belum termasuk tiket untuk berenang di Taman Tarmada)

Penginapan

Biasanya wisatawan mencari penginapan yang berlokasi di Kota Mataram. Di sana telah tersedia beberapa penginapan berkelas dan akan memberikan kenyamanan kepada para tamunya.

Beberapa penginapan tersebut diantaranya :

  1. Catur Warga Hotel
  2. Puri Indah Hotel
  3. Giri Hotel Mataram
  4. Mataram Square Hotel
  5. Lombok Plaza Hotel and Convention
  6. Hotel Santika Mataram
  7. Grand Legi Mataram Hotel

Saran

  1. Bagi wisatawan yang ingin berenang di dalam kolam pemandian, jangan lupa membawa handuk dan pakaian renang.
  2. Untuk mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewa mobil tersebut bersama dengan wisatawan yang lain.
  3. Terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi selama berwisata di taman Narmada. Salah satu peraturan tersebut adalah bagi wanita yang sedang datang bulan (menstruasi) dilarang masuk ke Pura Kelasa dan Balai Petirtaan.
  4. Di luar areal Taman Narmada terdapat beberapa toko yang menjual cinderamata khas Lombok seperti pakaian, tas, dan lain-lain. Wisatawan dapat membelinya sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan.
  5. Selagi berwisata di Kabupaten Lombok Barat, bagi wisatawan yang gemar berpetualang maka sediakanlah waktu untuk berkunjung ke Hutan Lindung Sesaot. Kawasan hutan ini terdiri dari hutan wisata dan hutan lindung. Di dalam hutan terdapat lebih dari 40 mata air yang mengalir ke beberapa sungai.
Please Share :

Related Post


Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok
Liburan Yang Menyenangkan Di Pantai Surga Lombok

Keindahan dari Pantai Surga Lombok mulai dikenal oleh para wisatawan.…

Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran
Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Apabila Anda masih berada di wilayah Lombok Tengah, sediakanlah waktu…

Keindahan Air Terjun Kerta Gangga – Wisata Lombok
Keindahan Air Terjun Kerta Gangga – Wisata Lombok

Keindahan Air Terjun Kerta Gangga yang berada di Desa Genggelang…

Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok
Pura Batu Bolong Lombok – Tempat Suci Agama Hindu di Pulau Lombok

Pura Batu Bolong Lombok adalah sebuah pura yang berada di…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *