Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari


Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya – Bercahaya di Malam Hari

Obyek Wisata Taman Pelangi Sriwijaya merupakan taman hiburan baru yang ada di Kota Palembang. Tempat wisata keluarga ini mulai dibuka untuk umum pada tanggal 28 September 2014. Di beri nama “Pelangi” karena taman dengan luas kurang lebih 16 hektar dan memiliki 24 jenis permainan ini memancarkan cahaya warna-warni pada saat malam hari.

Selain di Kota Palembang, PT. Cikal Bintang Bangsa telah membangun taman hiburan yang sejenis di Jakarta, Riau, dan Yogyakarta. Namun, Taman Pelangi Sriwijaya adalah yang terluas dibandingkan dengan di tiga kota lainnya.

taman pelangiKelebihan lainnya yang dimiliki oleh Taman Pelangi Sriwijaya adalah di tempat wisata ini para pengunjung juga dapat melihat keindahan rumah-rumah adat dari beberapa kabupaten yang berada di Provinsi Sumatera Selatan.

Selain bisa berfoto di depan rumah adat, tentunya juga dapat menambah wawasan wisatawan dalam hal seni dan budaya.

Beberapa rumah adat tersebut antara lain Anjungan Rumah Adat Kabupaten Lubuk Linggau, Kabupaten Lahat, Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Prabumulih, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, dan sebagainya.

rumah adat di taman pelangi

Harga tiket masuk ke obyek wisata ini adalah sebesar Rp 15.000 pada hari Senin s.d. Jumat. Namun, pada hari Sabtu, Minggu, hari libur nasional, dan hari libur sekolah, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000.

Anak-anak dengan usia di bawah 3 tahun tidak diwajibkan untuk membeli tiket. Taman Pelangi Sriwijaya buka mulai dari pukul 17.00 s.d. 23.00 WIB.

rumah adat di taman pelangi 2

Setelah berada di dalam lokasi taman, wisatawan bisa menikmati 24 jenis permainan yang menyenangkan. Masing-masing permainan memiliki tarif tersendiri mulai dari Rp 5000 s.d. Rp 25.000. Salah satu permainan yang menyenangkan adalah mencoba untuk naik bendi.

bendi di taman pelangi sriwijayaDengan mengeluarkan uang sebesar Rp 25.000 Anda dapat menikmati keindahan taman dari atas bendi.

Namun, tidak setiap pengunjung diperbolehkan untuk mencoba permainan ini, karena berat badan maksimal yang diizinkan adalah 50 kg.

Selain itu, jika wisatawan berkunjung dengan anak-anak berusia 4 hingga 7 tahun, cobalah untuk memberikan pengalaman kepada mereka asyiknya menunggang kuda. Tarif yang diberlakukan untuk kuda tunggang yaitu sebesar 15 ribu rupiah.

Wahana hiburan yang menyenangkan lainnya adalah Taman Romantis atau Romantic Garden.

Beberapa properti berbentuk hati memancarkan aneka warna seperti putih, kuning, dan pink atau merah muda. Tidak hanya pasangan muda, terlihat beberapa orangtua bersama dengan anak-anaknya begitu menikmati keindahan Taman Romantis.

Romantic Garden merupakan salah satu wahana di Taman Pelangi yang selalu ramai dikunjungi oleh mereka yang hatinya penuh dengan cinta dan kasih sayang.

wisata taman pelangi sriwijayaDua puluh empat permainan yang berada di Taman Pelangi Sriwijaya terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu 9 wahana permainan yang harus dilakukan secara bersama-sama, antara lain Helicak, Fun Bike, dan Bom Bom Car.

9 jenis permainan yang akan menantang adrenalin Anda, seperti Flying Fox, Trampoline, dan Euro Bungee.

Serta 6 permainan individual, seperti Paddle Boat dan Rumah Balon untuk usia 2 hingga 10 tahun yang pastinya akan disukai oleh anak-anak.

Kehadiran Taman Pelangi Sriwijaya di Kota Palembang, dapat menjadi alternatif tempat hiburan keluarga yang menyenangkan. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang sedang berwisata di Kota Palembang, jangan lupa untuk memasukkan Taman Pelangi di dalam jadwal perjalanan liburan Anda.

Transportasi Menuju Ke Taman Pelangi Sriwijaya

Taman Pelangi Sriwijaya berlokasi di Jln. Gubernur Hasan Basri, Jakabaring, Palembang. Untuk menuju ke lokasi taman hiburan ini wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Apabila Anda ingin menggunakan taksi, nomor telepon taksi Blue Bird di Kota Palembang adalah 0711 – 36 1111 atau 0711 – 36 6450.

Namun, jika Anda mencoba untuk membawa kendaraan sendiri, Taman Pelangi Sriwijaya terletak di antara Jakabaring Sport City dan wahana air OPI Water Fun. Untuk memudahkan selama di perjalanan, wisatawan bisa memanfaatkan teknologi GPS.

Tarif parkir kendaraan di taman hiburan ini adalah sebesar Rp 5000/mobil dan Rp 2000 untuk motor.

Saran

  1. Dikarenakan Taman Pelangi Sriwijaya baru dibuka pada jam 5 sore, oleh karena itu sebaiknya wisatawan membawa kendaraan sendiri.
  2. Ada baiknya jika anak-anak memakai jaket selama berada di taman, karena dinginnya hembusan angin malam pastinya kurang baik bagi kesehatan mereka.
  3. Bawalah uang tunai secukupnya agar wisatawan dapat mencoba aneka permainan di wahana hiburan ini.
  4. Selama berada di lokasi taman, jangan biarkan anak-anak bermain sendirian tanpa pengawasan dari orang dewasa.
  5. Jangan lupa untuk membawa kamera.
  6. Setelah menikmati beberapa permainan, lepaskan rasa lapar dan dahaga dengan mencoba aneka kuliner khas Sumatera Selatan.
  7. Bagi wisatawan yang memiliki banyak waktu untuk berlibur di Kota Palembang, tidak ada salahnya jika Anda bersantai sejenak di Danau OPI sembari menunggu Taman Pelangi Sriwijaya dibuka untuk pengunjung.

Obyek wisata danau buatan ini berlokasi di perumahan Ogan Permata Indah tidak jauh dari Taman Pelangi. Aneka permainan yang dapat dinikmati di Danau OPI adalah banana boat dan sepeda air.

Disamping itu, beberapa warung di tepi danau telah menyediakan aneka menu sederhana seperti jagung bakar dan es kelapa muda.

Please Share :

Related Post


Masjid Raya Baiturrahman
Masjid Raya Baiturrahman

Pada tahun 1022 H/1621 M, yaitu pada masa pemerintahan Sultan…

Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang
Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang – Wisata Sejarah di Palembang

Berkunjung Ke Museum Balaputra Dewa Palembang bersama dengan keluarga pastinya…

Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa
Kuliner Khas Aceh – Lezat Penuh Cita Rasa

Provinsi Aceh memiliki beberapa kuliner yang sangat lezat dan patut…

Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga
Berwisata Ke Pulau Kemaro Palembang – Wisata Bahari Bersama Keluarga

Pulau Kemaro adalah sebuah delta kecil yang berada di perairan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *