Home  /  Wisata Bali  / Keindahan Taman Tirta Gangga – Taman Air Kerajaan di Pulau Bali

Keindahan Taman Tirta Gangga – Taman Air Kerajaan di Pulau Bali


Keindahan Taman Tirta Gangga – Taman Air Kerajaan di Pulau Bali

Tirta Gangga merupakan sebuah taman air kerajaan yang begitu indah. Taman air ini milik keluarga Kerajaan Karangasem. Suasana taman air yang dikelilingi oleh bukit hijau yang menawan, membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini merasa tenang, damai, dan nyaman.

Keindahan Taman Tirta Gangga telah terkenal hingga ke mancanegara. Hal inilah yang menyebabkan tempat ini sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri.

indahnya taman tirta ganggaMereka terlihat begitu menikmati pesona yang ditampilkan oleh taman Tirta Gangga. Suasananya yang sejuk dan tenang, membuat para wisatawan merasa nyaman selama berada di tempat wisata ini.

Nuansa wisata yang disajikan pada taman Tirta Gangga dapat menjadi sebuah pembeda yang justru menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan selama berwisata di kabupaten Karangasem.

Di kabupaten Karangasem mereka bisa menikmati panorama alam pantainya yang indah, berkunjung ke daerah perbukitan yang berhawa sejuk, melihat kehidupan masyarakat desa yang masih tradisional, dan berkunjung ke taman air yang menawarkan pesona keindahan, ketenangan, serta kedamaian.

Taman Tirta Gangga dibangun oleh raja Karangasem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik, yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem.

Pembangunan taman air ini membutuhkan waktu sekitar 11 tahun, dari tahun 1937 hingga tahun 1948, dan diresmikan pada tanggal 18 September tahun 1948.

Dahulu, sebelum tempat ini menjadi sebuah taman air, telah tersedia sumber mata air yang digunakan oleh penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mereka meyakininya sebagai air suci yang dapat memurnikan setiap energi buruk yang berada di sekitar wilayah tersebut.

Sebelum masuk ke dalam taman Tirta Gangga, setiap wisatawan harus membeli tiket seharga Rp 10.000/orang.

taman tirta gangga

Begitu masuk ke lokasi taman, wisatawan akan segera disambut dengan beberapa kolam besar yang ditata dengan begitu indah. Pada sebuah kolam yang besar terdapat pulau dengan beberapa patung raksasa.

Bagi wisatawan yang ingin menuju ke pulau tersebut, telah tersedia 2 buah jembatan.

Jika wisatawan melihat ke dalam kolam air yang jernih ini, akan terlihat kilauan-kilaun cahaya yang merupakan pantulan dari sinar matahari. Fenomena ini berasal dari beberapa ikan mas berukuran besar yang berada di dalam kolam. Kehadiran mereka membuat kolam ini menjadi semakin cantik.

Pusat terindah dari taman Tirta Gangga terlihat pada 2 buah kolam kecil yang berlokasi di sisi kolam yang terbesar. Di atas kolam tampak beberapa patung dewa dan dewi. Wisatawan dapat mendekati patung tersebut karena diatas kolam telah tersedia pijakan-pijakan kaki yang tersusun rapi.

Di sebelah kolam ini terdapat sebuah kolam yang memiliki air mancur 11 tingkat dan dikelilingi dengan 8 arca yang menghadap kedelapan penjuru mata angin. Kolam tersebut dikenal dengan nama kolam Nawa Sanga.

Selain air mancur 11 tingkat, taman air ini juga memiliki beberapa air mancur lain. Semua tertata dengan rapi sehingga memberikan sebuah pesona yang menawan.

keindahan taman tirta gangga

Bagi wisatawan yang ingin merasakan sejuknya air di tempat ini, taman Tirta Gangga telah menyediakan sebuah kolam renang. Wisatawan dapat berenang, berendam, ataupun bermain air di dalam kolam ini. Sungguh merupakan sebuah terapi alam yang menyenangkan.

Jika wisatawan ingin melihat sumber air taman pada  Tirta Gangga, tempat tersebut berada pada bagian tertinggi dari obyek wisata ini.

Setelah menaiki beberapa anak tangga, wisatawan akan berjumpa dengan sumber mata air yang tidak hanya mengalir pada seluruh kolam di taman ini, namun juga dapat memenuhi kebutuhan air minum di kota Amlapura dan sebagai sumber irigasi persawahan.

Keindahan Taman Tirta Gangga dengan luas sekitar 1,2 hektar dan dikelilingi dengan panorama persawahan yang subur dapat memberikan sebuah kepuasan bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Sebuah keindahan yang telah melegenda dan dapat dinikmati oleh setiap orang.

Transportasi Menuju ke Taman Tirta Tangga

Taman Tirta Tangga berlokasi di desa Abang, kabupaten Karangasem, Bali, sekitar 83 km dari kota Denpasar. Jika wisatawan berangkat dari kota Denpasar, wisatawan dapat menggunakan bus untuk menuju ke kota Amlapura.

Selain itu, wisatawan juga bisa menyewa mobil atau motor. Namun, dikarenakan perjalanan yang cukup jauh, sebaiknya wisatawan menyewa mobil beserta dengan sopir sehingga akan lebih nyaman selama perjalanan.

Ikut dalam sebuah paket wisata yang ditawarkan oleh beberapa agen perjalanan di pulau Bali, bisa menjadi alternatif pilihan lainnya untuk menuju ke lokasi wisata ini.

Pastikan dalam paket tersebut terjadwalkan kunjungan untuk menikmati keindahan taman Tirta Gangga.

Fasilitas

Pihak pengelola tempat wisata ini telah mempersiapkan beberapa fasilitas yang dapat memberikan kepuasan bagi setiap wisatawan.

Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain :

  1. Telah tersedia areal parkir kendaraan yang cukup luas.
  2. Bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat lokasi wisata ini, telah disediakan beberapa penginapan dengan variasi standar harga.
  3. Terdapat beberapa warung makan dan restoran yang menyajikan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau.
  4. Tempat ini juga menyediakan jasa pemandu wisata (tour guide). Wisatawan dapat memanfaatkan jasa mereka untuk menemani selama berada di lokasi wisata. Mereka siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik, dan akan menjelaskan secara rinci mengenai sejarah taman Tirta Gangga, tata letak bangunan, dan lain-lain.

Penginapan

Taman Tirta Gangga berlokasi sekitar 7 km di sebelah utara kota Amlapura. Lokasinya yang strategis dan dikelilingi dengan beberapa tempat wisata menarik di kabupaten Karangasem, membuat wisatawan tidak sulit untuk mencari penginapan yang layak sesuai dengan keinginan.

Beberapa penginapan tersebut antara lain :

  1. Villa Gangga, Tirtagangga

Tanah Lengis, Ababi, Tirtagangga, Karangasem, Bali.

  1. Tirtagangga Water Palace Villas

Jl. Raya Singaraja, Amlapura, Karangasem, Bali.

  1. Tirta Ayu Hotel and Restaurant, Tirtagangga

Tirtagangga, Karangasem, Bali.

  1. Villa Mega, Tirtagangga

Jl. Yudistira, desa Temega, Karangasem, Bali.

  1. Pandan Home Stay, Tirtagangga

Tirtagangga, Karangasem, Bali.

  1. Villa Agung, Tirtagangga

Tirtagangga, Karangasem, Bali.

Please Share :

Related Post


Obyek Wisata Candidasa – Pesona Wisata Unik di Pulau Bali
Obyek Wisata Candidasa – Pesona Wisata Unik di Pulau Bali

Jika wisatawan menginginkan suasana pantai yang tenang serta memiliki pesona…

Pantai Tersembunyi Di Bali – Keindahan Alam Pantai Yang Masih Alami
Pantai Tersembunyi Di Bali – Keindahan Alam Pantai Yang Masih Alami

Bagi wisatawan yang berencana atau sedang berlibur ke Bali, berkunjung…

Alas Kedaton Bali – Pesona Alam Hutan Yang Menawan
Alas Kedaton Bali – Pesona Alam Hutan Yang Menawan

Alas Kedaton merupakan obyek wisata hutan yang masih alami dan…

Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali
Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali

Kintamani, sebuah obyek wisata pegunungan di pulau Bali dengan ketinggian…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *