Home  /  Wisata Bali  / Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali

Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali


Taman Ujung – Sebuah Istana Air Yang Cantik di Pulau Bali

Taman Ujung merupakan sebuah istana air yang cantik di Pulau Bali. Keindahannya mampu membuat para wisatawan yang sedang berlibur di Bali, menyempatkan waktu untuk mengunjunginya.

Lokasinya yang strategis karena berada sekitar 5 km dari kota Amlapura, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman air yang indah ini memiliki nama lain yaitu Taman Sukasada.

taman ujungPada saat wisatawan masuk ke dalam lokasi wisata, akan terlihat sebuah taman yang memberikan nuansa 3 kebudayaan dunia.

Bangunan istana bergaya arsitektur Belanda, sedangkan seni ukir yang menghiasi tempat ini merupakan pengaruh dari budaya Bali.

Disamping itu, arsitektur Cina dapat terlihat pada bentuk gerbang, gazebo, dan kolam segi delapan. Pesona ini dapat membuat setiap wisatawan yang berkunjung berdecak kagum.

Selain itu, di lokasi wisata Taman Ujung terdapat 3 buah kolam besar, 2 buah kolam berada di wilayah utara dan 1 buah kolam berada di wilayah selatan. Antara 2 buah kolam yang berada di wilayah utara terhubung oleh sebuah jembatan.

Ketiga kolam ini terlihat begitu cantik, sehingga layak jika taman ini juga dikenal dengan nama istana air (water palace).

Taman Ujung dikelilingi oleh pesona alam yang menawan. Di sebelah barat taman tampak pemukiman penduduk, di sebelah timur terlihat panorama alam persawahan, di sebelah selatan menampilkan nuansa pantai dan birunya air laut, dan di bagian timur laut tampak menjulang bukit Bisbis.

Bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari istana air ini, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000.

Selain itu, terdapat sebuah peraturan bagi wisatawan yang membawa kamera DSLR akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 50.000. Namun, bagi yang membawa kamera pocket dan kamera ponsel tidak dikenakan biaya tambahan.

taman ujung bali

Berkunjung bersama keluarga ataupun teman ke obyek wisata ini, akan menjadi sebuah pengalaman yang berkesan selama berwisata di Pulau Bali.

Sekilas Sejarah Taman Ujung

  1. Taman Ujung didirikan oleh raja Karangasem yang bernama I Gusti Bagus Jelantik, beliau bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem. Pembangunan taman ini dimulai pada tahun 1909 dan selesai pada tahun 1921, berfungsi sebagai tempat peristirahatan raja Karangasem dan juga sebagai tempat perjamuan tamu-tamu istimewa kerajaan.
  2. Sebenarnya Taman Ujung merupakan pengembangan dari Kolam Dirah yang telah dibangun pada tahun 1901. Ada 3 orang arsitek yang terlibat dalam pembangunan taman ini yaitu Van Den Hentz seorang arsitek dari Belanda, Loto Ang. seorang arsitek dari Cina, dan seorang arsitek adat Bali (undagi).
  3. Luas taman pada saat itu sekitar 400 hektar, namun sekarang luas Taman Ujung kurang lebih 10 hektar.
  4. Berdasarkan sebuah prasasti yang ditulis di atas batu marmer dalam bahasa Bali dan bahasa Melayu, peresmian Taman Ujung dilakukan pada tahun 1937.
  5. Pada tahun 1963 terjadi letusan Gunung Agung, dan pada tahun 1976 terjadi gempa hebat di Pulau Bali. Kejadian ini menyebabkan kondisi Taman Ujung rusak parah.
  6. Pada tahun 2001-2003, pemerintah kabupaten Karangasem berusaha untuk merekonstruksi kembali Taman Ujung sesuai dengan bentuk aslinya. Dana untuk rekonstruksi obyek wisata ini didapatkan dari bantuan Bank Dunia.

Transportasi Menuju Ke Taman Ujung

Taman Ujung berlokasi di desa Tumbu, kec. Karangasem, kabupaten Karangasem, Bali. Lokasi wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit dari ibukota Karangasem (Amlapura).

Jika wisatawan berangkat dari obyek wisata Candidasa dengan menggunakan kendaraan bermotor, membutuhkan waktu sekitar 20 menit, menempuh jarak kurang lebih 15 km.

Namun jika dari kota Denpasar, obyek wisata Taman Ujung terpisah jarak sekitar 60 km. Wisatawan bisa menggunakan bus dari kota Denpasar menuju ke kota Amlapura.

Selain itu, wisatawan bisa menyewa mobil atau motor. Dengan menyewa mobil atau motor, wisatawan bisa dengan mudah mengunjungi beberapa lokasi wisata menarik lainnya yang berada di wilayah kabupaten Karangasem.

Harga sewa mobil di Pulau Bali mulai dari Rp 200.000/hari, sedangkan harga sewa motor sekitar 50 ribu rupiah per hari.

Penginapan

Bagi wisatawan yang ingin mencoba untuk menginap di dekat obyek wisata Taman Ujung. Di dekat tempat ini telah tersedia beberapa penginapan yang layak untuk para wisatawan.

Berikut beberapa penginapan tersebut :

  1. Kebun Impian

Desa Meraja, Seraya Barat, Karangasem, Bali.

  1. Villa Flow

Seraya Barat, Karangasem, Bali.

  1. Kangkung Cottages

Jl. Pantai Jasri, kec. Subagan, Karangasem, Bali.

  1. Tirta Ayu Hotel & Restaurant

Tirtagangga, Karangasem, Bali.

  1. The Bali Shangrila Beach Club

Jl. Puri Bagus, Candi Dasa, Karangasem, Bali.

  1. Le 48, Zen & Happy Resort

Jl. Raya Candidasa, Karangasem, Bali.

  1. Hotel Rishi Candidasa Beach

Jl. Candidasa, Karangasem, Bali.

  1. Lotus Bungalows

Jl. Raya Candidasa, Manggis, Karangasem, Bali.

  1. Bali Palms Resort

Jl. Raya Candidasa, Manggis, Karangasem, Bali.

  1. Candi Beach Resort and Spa

Pantai Mendira, Candi Dasa, Karangasem, Bali.

  1. Rama Candidasa Resort & Spa

Jl. Raya Sengkidu, Candi Dasa, Karangasem, Bali.

Saran

  1. Bagi wisatawan yang berencana untuk menyewa mobil, agar mendapatkan harga sewa mobil yang lebih murah, wisatawan bisa menyewanya bersama dengan wisatawan yang lain.
  2. Selain Taman Ujung, di kabupaten Karangasem terdapat sebuah taman air kerajaan yang begitu indah. Taman air tersebut dikenal dengan nama Tirta Gangga. Suasana taman air yang dikelilingi oleh bukit hijau yang menawan, membuat setiap wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini merasa tenang, damai, dan nyaman.
Please Share :

Related Post


Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali
Taman Budaya GWK – Karya Monumental di pulau Bali

Taman Budaya GWK (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park) adalah sebuah…

11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit
11 Tempat Wisata Di Bali Yang Wajib Dikunjungi – Obyek Wisata Favorit

Pergi berwisata ke Pulau Bali merupakan sebuah keputusan yang tepat…

Desa Batuan – Desa Budaya di Bali
Desa Batuan – Desa Budaya di Bali

Sampai saat ini, ada beberapa desa di Bali yang tetap…

Pantai Kedonganan – Dinner Romantis Di Kala Sunset
Pantai Kedonganan – Dinner Romantis Di Kala Sunset

Menikmati hidangan seafood di pinggir pantai sembari menyaksikan terbenamnya matahari…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *