Home  /  Wisata Sumatera  /  Palembang  / Tamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Tamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang


Tamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Kota Palembang tidak hanya menawarkan obyek wisata sejarah, religi, ataupun danau. Di kota yang terkenal dengan makanan tradisonal Pindang Patin dan Pempek ini juga memiliki obyek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi bersama dengan teman atau keluarga.

Dominasi pohon pinus tumbuh dengan subur di kawasan wisata yang dikenal dengan nama Taman Wisata Punti Kayu Palembang.

bianglala di punti kayu palembangTamasya ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang bersama dengan keluarga pastinya akan sangat menyenangkan.

Suasana teduh dan asri yang disajikan oleh obyek wisata ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat piknik diakhir pekan.

Tidak hanya wisatawan lokal, terlihat pula beberapa wisatawan dari luar daerah yang begitu menikmati waktu santai di kawasan hutan wisata ini.

Bagi wisatawan yang pernah berkunjung ke Sangeh atau Monkey Forest di Bali dimana Anda bisa berinteraksi dengan kera, di Taman wisata Punti Kayu pun wisatawan juga bisa melakukan hal yang serupa.

Beberapa kera di tempat wisata ini tampak dengan tenang duduk santai di atas pohon, atap bangunan, bahkan ada juga yang sedang berjalan-jalan di atas tanah. Mereka tidak akan mengganggu para pengunjung dan sangat berterima kasih jika diberi kacang atau pisang.

Namun, yang namanya kera terkadang muncul sifat jahil dan rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, wisatawan harus menyimpan dengan rapi setiap barang bawaan seperti hp, dompet, dan jangan memakai kalung.

Taman wisata Punti Kayu Palembang memiliki luas sekitar 50 hektar dan telah dikelola secara profesional. Tidak hanya menyediakan gazebo untuk beristirahat, namun juga memiliki aneka permainan yang tentunya sangat disukai oleh anak-anak.

Akan tetapi, walaupun wisatawan telah membayar tiket masuk, agar dapat menikmati aneka fasilitas hiburan atau permainan di lokasi wisata Punti Kayu, Anda akan dikenakan biaya tambahan mulai dari Rp 10.000 per orang.

outbound di punti kayu palembang

Berikut beberapa kegiatan yang menyenangkan di Taman Wisata Punti Kayu Palembang :

1. Bersantai

Menggelar tikar di bawah teduhnya pohon pinus sembari menikmati bekal yang dibawa memang sungguh nikmat untuk dilakukan di taman ini. Panasnya Kota Palembang dapat dihalangi oleh sejuknya suasana taman.

Canda tawa atau sekedar bercerita antar sesama anggota keluarga dapat memberikan manfaat yang positif karena akan semakin mempererat rasa kekeluargaan. Selain itu, beberapa gazebo yang berada di lokasi taman juga tepat untuk dijadikan sebagai tempat bersantap ria bersama keluarga. Tidak ada biaya sewa untuk menggunakan gazebo ini.

2. Jembatan Gantung

Berjalan di atas jembatan beton adalah sesuatu hal biasa, namun jika Anda mencoba berjalan di atas jembatan gantung akan dirasakan sebuah sensasi yang sedikit menegangkan namun menyenangkan.

Selain itu, di bawah jembatan gantung Taman Wisata Punti Kayu Palembang terdapat sebuah danau yang dipakai untuk permainan sepeda air atau perahu bebek.

Jangan lewatkan kesempatan untuk bersantai bersama keluarga sembari berolahraga mengayuh sepeda air mengelilingi luasnya danau Punti Kayu.

taman wisata punti kayu palembang

3. Kid Water Park

Bahagiakan dan manjakan putera puteri Anda untuk bermain di area Kid Water Park Taman Wisata Punti Kayu Palembang. Dikarenakan lokasinya yang berada di dalam hutan wisata, pastinya udara disekitar wahana air ini sejuk, bersih, dan menyegarkan.

4. Arena Bermain

Lokasi arena bermain berada tidak jauh dari jembatan gantung. Di dalam arena ini wisatawan bisa menikmati beberapa permainan yang menyenangkan seperti ayunan, bianglala, dan juga komedi putar. Arena bermain Taman Wisata Punti Kayu Palembang hanya dibuka pada hari Minggu.

5. Menunggang Kuda dan Gajah

Di Kota Palembang sangat sulit untuk bisa melihat kuda. Hewan yang sejak zaman dahulu sering membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari dapat disaksikan di Taman Wisata Punti Kayu Palembang.

Tidak hanya melihat, anak-anak juga berkesempatan untuk mencoba menungganginya. Selain kuda, terkadang juga terdapat gajah. Sang pawang gajah juga memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk naik ke atas gajah. Kegiatan yang menyenangkan ini hanya bisa dilakukan pada hari Minggu.

hutan punti kayu palembang6. Outbound

Bagi wisatawan yang ingin memberikan sebuah pengalaman kepada anak-anak agar bisa melawan rasa takut terhadap ketinggian, fasilitas outbound di Taman Wisata Punti Kayu Palembang merupakan sarana yang tepat untuk kegiatan tersebut.

7. Berkemah

Taman Wisata Punti Kayu Palembang juga menyediakan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk berkemah. Umumnya anak-anak Pramuka sering berkemah di tempat wisata ini. Terdapat 3 lokasi yang telah disediakan yaitu tipe Pinus, Mahoni, dan Akasia.

8. Kebun Binatang Mini

Kehadiran kebun binatang mini di Taman Wisata Punti Kayu Palembang pastinya akan semakin melengkapi aktivitas liburan Anda di tempat ini. Beberapa hewan yang berada di dalam kebun binatang antara lain siamang, elang, buaya, kuda, dan masih banyak lagi yang lainnya.

wisata punti kayu palembang

Selain beberapa fasilitas di atas, Taman Wisata Punti Kayu Palembang juga menyediakan lahan yang dapat disewa untuk berbagai acara. Biasanya pada hari Minggu di kawasan hutan wisata satu-satunya di Palembang ini akan diramaikan oleh beberapa acara menarik dan menyenangkan.

Transportasi menuju ke Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Taman Wisata Punti Kayu Palembang berlokasi di Jln. Kol. H. Burlian, km 6,5 Palembang. Untuk mencapai tempat wisata ini wisatawan bisa menggunakan angkutan umum seperti trans musi, bus kota, taksi, maupun ojek.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, setelah melewati kawasan km 5 posisikan kendaraan di sebelah kiri jalan agar dapat dengan mudah menemukan lokasi hutan wisata ini.

Taman Wisata Punti Kayu Palembang buka setiap hari mulai dari jam 09.00 s.d. 16.00 WIB. Harga tiket masuk ke taman wisata ini adalah sebesar Rp 10.000 untuk dewasa, dan Rp 5000 bagi anak-anak dengan umur di bawah 6 tahun.

Pada hari libur nasional dan hari Minggu, harga tiket masuk orang dewasa adalah sebesar Rp 12.500, sedangkan anak-anak di bawah 6 tahun tetap membayar Rp 5000.

Apabila wiasatawan ingin membawa mobil atau motor masuk ke dalam lokasi taman, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 12.000/mobil dan Rp 6000/motor.

Fasilitas

Selain telah menyediakan beberapa fasilitas permainan, di dalam obyek wisata ini juga telah dibangun beberapa fasilitas penunjang lainnya.

Berikut beberapa fasilitas penunjang di Taman Wisata Punti Kayu Palembang :

  1. Lahan yang luas untuk parkir kendaraan.
  2. Tersedia pusat informasi.
  3. Beberapa warung yang telah meyediakan aneka menu lezat dan menggugah selera.
  4. Fasilitas umum lainnya seperti musholla dan kamar mandi.

Saran

  1. Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat Anda menjadi lebih nyaman selama berada di lokasi taman.
  2. Untuk mencegah kejahilan dari para kera, wisatawan harus menjaga setiap barang bawaan dan simpanlah di tempat yang aman. Selain itu, sebaiknya wisatawan tidak memakai perhiasan secara berlebihan.
  3. Selain menikmati aneka menu yang telah disajikan oleh beberapa warung makan di lokasi taman, wisatawan juga diperbolehkan untuk membawa makanan sendiri dari luar.

Namun, setiap pengunjung harus tetap menjaga kebersihan di lokasi taman dan jangan membuang puntung rokok sembarangan karena dapat menyebabkan kebakaran.

  1. Apabila wisatawan masih memiliki waktu untuk melanjutkan perjalanan wisata, cobalah untuk berkunjung ke Danau Tanah Mas yang berada di km 14. Pada obyek wisata tersebut telah disediakan aneka hiburan yang menyenangkan seperti bermain sepeda air, memberi makan ikan, memancing, wahana waterpark, dan lain-lain.
Please Share :

Related Post


Pergi Berwisata Ke Aceh
Pergi Berwisata Ke Aceh

Di ujung pulau sumatera terdapat sebuah provinsi yang diberi nama…

Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit
Pemandian Air Panas Keuneukai – Menghilangkan Rasa Lelah dan Penyakit

Setelah lelah berwisata ke pantai, menikmati keindahan air terjun, dan…

Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya
Pantai Kuala Merisi – Pesona Pantai di Aceh Jaya

Provinsi Aceh memiliki beberapa pantai yang indah dengan karakteristik tersendiri…

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang
Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin – Masjid Terbesar di Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin atau sering disebut dengan nama…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *