Home  /  Wisata Lombok  / Pesona Keindahan Tanjung Ringgit – Nuansa Santai Di Atas Tebing

Pesona Keindahan Tanjung Ringgit – Nuansa Santai Di Atas Tebing


Pesona Keindahan Tanjung Ringgit – Nuansa Santai Di Atas Tebing

Pesona keindahan Tanjung Ringgit telah dikenal hingga ke mancanegara. Kawasan wisata ini hanya berjarak sekitar 1 km dari Pantai Pink. Umumnya, wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Ringgit juga akan mengunjungi Pantai Pink dan Tanjung Bloam.

Salah satu daya tarik dari Tanjung Ringgit adalah suasana alamnya yang masih alami dan terdapat banyak tanjung nan eksotis. Selain itu, di kawasan wisata ini terdapat beberapa hewan ternak yang sedang mencari makan di atas padang rumput nan hijau.

tanjung-ringgitPara pengembala kerbau tersebut tidak risih dengan adanya kehadiran wisatawan di tempat wisata ini. Mereka tersenyum manis dan dengan ramah mencoba untuk berkomunikasi.

Keadaan ini sangat disukai oleh sebagian wisatawan, karena mungkin ada di antara mereka yang belum pernah melihat kerbau secara langsung.

Kawasan wisata Tanjung Ringgit juga memiliki beberapa obyek wisata sejarah yang layak untuk dijelajahi. Di areal tanjung terdapat beberapa peninggalan dari bangsa Jepang seperti goa dan meriam.

Meriam tersebut berukuran cukup besar dengan panjang sekitar 5 meter. Warga Belanda juga pernah membangun Mercusuar dan masih bisa digunakan hingga saat ini.

goa-di-tanjung-ringgit

Kegiatan yang menyenangkan di Tanjung Ringgit antara lain :

1. Bersantai

Panorama alamnya yang terdiri dari tebing tinggi yang terjal, akan membuat waktu bersantai Anda di kawasan wisata ini begitu menyenangkan.

Duduk santai di tepi tebing sembari menikmati birunya lautan dan hijau tanaman yang tumbuh dengan subur, akan bertambah semakin nikmat ketika hembusan angin terasa menerpa wajah.

keindahan-tanjung-ringgit-lombok

Salah satu tempat santai favorit di lokasi ini yaitu bersandar di bawah Pohon Surga yang sering dimanfaatkan oleh pengembala setempat untuk beristirahat. Pesona keindahan Tanjung Ringgit akan terlihat begitu indah dari tempat tersebut.

2. Berpetualang

Bagi Anda yang berjiwa petualang, cobalah untuk menelusuri setiap jengkal dari kawasan wisata ini. Wisatawan bisa melihat gagahnya meriam kuno, mencoba untuk memasuki goa yang berada di sebelah timur, dan turun dari tebing menuju ke tepi laut.

Terdapat lorong yang bisa Anda telusuri dan akan menuntun setiap wisatawan untuk merasakan indahnya Pantai Tanjung Ringgit dengan airnya yang jernih.

Jika Anda berkunjung tanpa ditemani oleh seorang guide, jangan malu untuk bertanya kepada penduduk setempat jalan untuk menuju ke pantai tersebut.

tanjung-ringgit-lombokDi tepi pantai, Anda dapat dengan mudah melihat keberadaan sumur air tawar yang lokasinya dekat dengan bibir pantai.

Keunikan ini sama dengan Pantai Sumur Tiga di Pulau Weh, Aceh, dimana terdapat 3 buah sumur air tawar di tepi pantai.

3. Snorkeling

Apakah bisa snorkeling di tempat wisata ini? Ombak di tepi Pantai Tanjung Ringgit cukup besar sehingga tidak nyaman untuk aktivitas snorkeling. Jika wisatawan ingin ber-snorkeling, sebaiknya dilakukan di Pantai Pink.

Dengan menyewa perahu nelayan sekitar Rp 100 ribu, Anda akan dibawa menuju ke beberapa tempat yang menyenangkan untuk menikmati keindahan alam bawah laut di perairan Kabupaten Lombok Timur.

Apabila wisatawan sedang beruntung, terkadang terdapat perahu nelayan yang kebetulan lewat di areal Pantai Tanjung Ringgit, Anda bisa menyewa perahu tersebut dan menuju ke beberapa tempat yang asyik untuk snorkeling. Harga sewanya juga sama yaitu seratus ribu rupiah.

Jika Anda pintar menawar harga, maka bisa mendapatkan diskon spesial.

4. Menyaksikan keindahan matahari terbit

Keindahan matahari terbit di kawasan wisata ini akan memuaskan Anda para penggemar sunrise. Matahari akan muncul secara perlahan dari balik Pulau Sumbawa.

Namun, wisatawan harus berkemah di Tanjung Ringgit jika ingin melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, wisatawan juga bisa menginap di Jeeva Beloam satu-satunya hotel berkelas yang paling dekat yaitu sekitar 3 km. Akan tetapi, harganya akan membuat Anda merogoh kantong cukup dalam.

Transportasi Menuju Ke Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit berada di Kecamatan Jerowaru, Kab. Lombok Timur. Kawasan wisata ini dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan jarak kurang lebih 80 km dari Kota Mataram melalui Kota Praya.

Perjalanan untuk menuju ke Tanjung Ringgit tidak bisa menggunakan angkutan umum. Wisatawan harus menyewa mobil, motor, atau ikut di dalam paket wisata yang disediakan oleh beberapa agen di Pulau Lombok.

Pada saat kami akan berangkat ke tempat wisata ini, kami memanfaatkan jasa Ezy Trekking And Tour. Bagi Anda yang membutuhkan jasa dari agen wisata ini, bisa menghubungi mbak Resti dengan nomor hp 0856 4962 7200.

Setelah menempuh sekitar 1 jam perjalanan, kondisi jalan akan terasa mulai bergelombang. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang membawa mobil pribadi atau menyewa mobil, sebaiknya jangan menggunakan mobil sedan.

Selain memanfaatkan GPS, wisatawan juga harus rajin bertanya kepada penduduk setempat agar tidak kesulitan untuk mencari lokasi wisata Tanjung Ringgit. Perjalanan panjang ini akan terasa lebih nyaman jika dipandu oleh pemandu setempat atau memanfaatkan jasa sopir.

Fasilitas Tanjung Ringgit

Obyek wisata ini masih minim fasilitas. Tidak terdapat penginapan, warung makan, dan fasilitas umum lainnya.

Penginapan terdekat berada pada jarak sekitar 3 km yaitu Jeeva Beloam Beach Camp.

Saran

  1. Agar wisatawan dapat menikmati pesona keindahan Tanjung Ringgit dengan nyaman, sebaiknya memakai topi dan kacamata hitam. Untuk melindungi kulit dari teriknya sinar matahari, jangan lupa menggunakan krim tabir surya.
  2. Menjelajahi goa yang berada di lokasi wisata ini memang sungguh menyenangkan. Kabarnya di dalam goa terdapat kolam air tawar.

Bagi Anda yang berani dan berjiwa petualang, jangan lupa untuk membawa alat penerangan pada saat masuk ke dalam gelapnya goa.

  1. Hati-hati pada saat berjalan menuju ke tepi pantai, karena kondisi jalannya cukup terjal.
  2. Bawalah makanan dan minuman sebelum berangkat ke Tanjung Ringgit, karena di tempat ini belum tersedia warung ataupun toko makanan.

Persiapkan juga kantong besar agar sampah makanan dan minuman dapat dikumpulkan sehingga tidak mengotori lingkungan wisata ini.

  1. Selagi wisatawan berada di kawasan wisata Lombok Timur, sediakan waktu untuk berkunjung ke Tanjung Bloam sebelum kembali ke Kota Mataram. Obyek wisata ini akan menampilkan panorama alam yang indah dengan view yang berbeda jika dibandingkan dengan Tanjung Ringgit.
Please Share :

Related Post


Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung
Keunikan Pantai Tanjung Aan Lombok – Pantai Merica dan Pantai Tepung

Setiap pantai pastinya mempunyai ciri khas masing-masing sebagai pembeda dengan…

Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional
Pesona Pantai Mawi Lombok – Surga Para Peselancar Profesional

Liburan ke Pulau Lombok mungkin tidak akan cukup hanya dalam…

Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran
Liburan Di Pantai Seger Lombok – Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Apabila Anda masih berada di wilayah Lombok Tengah, sediakanlah waktu…

Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan
Berlibur Ke Bangko-bangko – Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Setelah menikmati suasana alam di Pantai Sekotong, wisatawan bisa melanjutkan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *