Home  /  Wisata Sumatera  /  Aceh  / 11 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi

11 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi


11 Tempat Wisata Di Aceh Yang Wajib Dikunjungi

Provinsi Aceh mempunyai beberapa obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Aneka tempat wisata tersebut telah dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Apa sajakah obyek wisata di Aceh?

Berikut 11 tempat wisata di Aceh yang wajib dikunjungi :

masjid-raya-baiturrahman1. Masjid Raya Baiturrahman

Obyek wisata di Aceh yang pertama adalah Masjid Raya Baiturrahman berlokasi di Kota Banda Aceh tepatnya di Jln. Tengku Chik Pante Kulu.

Masjid ini merupakan salah satu Masjid terindah di Indonesia. Berdiri di atas lahan seluas ± 4 hektar, Masjid Raya Baiturrahman memiliki 7 buah kubah, 4 menara, dan 1 menara induk.

Pembangunan Masjid ini dilakukan pada tahun 1621 M yaitu di zaman pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Namun, ada sumber lain yang menyatakan bahwa Masjid Raya Baiturrahman dibangun pada tahun 1292 M oleh Sultan Alaidin Mahmudsyah.

Setelah selesai mengunjungi Masjid, wisatawan bisa menuju ke pasar Aceh. Posisi pasar tersebut berada di belakang Masjid. Di areal pasar telah tersedia aneka souvenir khas Aceh seperti rencong, pinto Aceh (salah satu perhiasan tradisional Aceh), gantungan kunci, dan kaos.

Read more

museum tsunami aceh tampak atas2. Museum Tsunami Aceh

Setelah terjadinya bencana tsunami pada tahun 2004, dibangunlah sebuah monumen yang bernama Museum Tsunami Aceh.

Pendirian monumen tersebut untuk mengenang dan menghormati korban dari bencana tsunami.

Museum ini berlokasi di Jln. Iskandar Muda, dekat dengan lapangan Blang Padang.

Suasana di dalam museum akan membawa para pengunjung seperti sedang menghadapi bencana tsunami. Perjalanan akan dimulai dari bukit pengungsian, menuju ke ruang renungan, ruang penentuan nasib, lorong cerobong, jembatan harapan, ruang sarana pendidikan, dan akhirnya tiba di ruang souvenir.

Selama berada di dalam museum pengunjung dapat menyaksikan beberapa benda sisa dari bencana tsunami seperti sepeda. Selain itu, pengunjung museum juga akan mendapatkan beberapa pengetahuan tentang gempa dan tsunami, simulasi gunung meletus, perencanaan tata ruang untuk daerah yang memiliki potensi tsunami, dan sebagainya.

Museum ini dibuka pada pukul 10.00 hingga 12.00, dan akan dibuka kembali pada pukul 15.00 hingga 17.00. Museum tutup pada hari Jumat.

Read more

pesona pantai lampuuk3. Pantai Lampuuk

Dengan jarak sekitar 15 km dari Kota Banda Aceh, Pantai Lampuuk (Lampu-uk) merupakan salah satu obyek wisata pantai favorit di Negeri Rencong.

Keindahan dari pantai pasir putih Lampuuk akan memanjakan setiap wisatawan yang berlibur di lokasi wisata ini.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Lampuuk adalah bersantai di tepi pantai, berenang atau bermain air, berselancar, bermain banana boat, snorkeling dan diving.

Selain itu, obyek wisata di Aceh ini juga memiliki sebuah Masjid yang selamat dari bencana tsunami. Masjid tersebut dikenal dengan nama Masjid Rahmatullah Lampuuk. Beberapa restoran atau warung makan di sekitar pantai juga telah menyajikan aneka hidangan lezat seperti ikan bakar dengan harga yang terjangkau.

Untuk bisa masuk ke areal pantai yang berlokasi di Desa Meunasah Masjid, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar ini, wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp 3000/orang. Bagi wisatawan yang ingin bermalam di tepi Pantai Lampuuk, telah dibangun beberapa penginapan seperti losmen dan cottage dengan standar harga yang bervariasi.

Read more

4. Pantai Lhoknga

Di Kecamatan Lhoknga terdapat 2 buah pantai yang indah. Setelah bersantai di Pantai Lampuuk, wisatawan juga bisa mengunjungi Pantai Lhoknga yang berada tidak jauh dari obyek wisata tersebut.

Obyek wisata di Aceh ini menawarkan keindahan alam pantai yang sama cantiknya dengan Pantai Lampuuk. Bersantai, bermain voli pantai, berenang, dan berselancar adalah kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Lhoknga.

Ketika hari menjelang sore, jumlah pengunjung di Pantai Lhoknga akan semakin bertambah. Mereka ingin menikmati keindahan panorama matahari terbenam sembari duduk santai di tepi pantai bersama dengan keluarga atau teman.

pesona pantai kuala merisi5. Pantai Kuala Merisi

Lokasi Pantai Kuala Merisi berada cukup jauh dari Kota Banda Aceh yaitu di Kec. Jaya (Lamno), Kab. Aceh Jaya.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menuju ke obyek wisata ini dengan menggunakan mobil atau bus.

Pantai pasir putih ini sangat tepat bagi wisatawan yang mendambakan suasana pantai yang lebih tenang.

Ombak tepi pantai yang relatif kecil tentunya akan menarik minat wisatawan untuk segera merasakan kesejukan airnya. Berenang di pinggir Pantai Kuala Merisi sungguh sangat menyenangkan.

Setelah lelah berenang dan bermain air, lepaskan rasa lapar dan dahaga sembari menikmati keindahan panorama pantai. Beberapa fasilitas umum seperti warung makan dan kamar mandi juga telah tersedia di sekitar pantai.

Read more

air terjun lhoong6. Air Terjun Lhoong

Suasana alamnya yang masih alami dengan hawa yang sejuk, dan kicauan aneka burung, serta suara gemuruh air yang terjun dari ketinggian adalah gambaran nuansa di tempat wisata ini.

Air terjun Lhoong, sebagian orang mengenalnya dengan nama Air Terjun Suhom.

Obyek wisata di Aceh ini berada di Desa Tunong Krueng Kala, Kec. Lhoong, Kab. Aceh Besar. Dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam untuk menuju ke tempat wisata ini jika wisatawan berangkat dari Kota Banda Aceh.

Selama berada di lokasi air terjun, wisatawan dapat berenang di dalam kolamnya yang memiliki 3 tingkat kedalaman sembari merasakan guyuran air yang mengalir deras di atas kepala. Sebagian wisatawan lainnya menghabiskan waktu dengan bersantai di dalam gazebo atau di atas batu besar yang berada di tepi kolam.

Harga tiket masuk di tempat wisata ini adalah sebesar Rp 10.000.

Read more

air terjun blang kolam7. Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam berlokasi di Desa Sido Mulyo, Kec. Kuta Makmur. Obyek wisata ini hanya berjarak sekitar 21 km dari Kota Lhokseumawe.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Banda Aceh, membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan menempuh jarak kurang lebih 275 km.

Setelah melewati pintu gerbang, setiap pengunjung akan menuruni ± 660 anak tangga. Perjalanan ini cukup melelahkan namun akan segera terbayarkan sesampainya di lokasi air terjun. Pesona air yang terjun dari ketinggian sekitar 75 meter akan terlihat begitu indah. Bermain air, berenang, dan bersantai adalah kegiatan yang dapat dilakukan di tempat wisata ini.

Beberapa fasilitas umum juga telah disediakan di areal wisata Air Terjun Blang Kolam, diantaranya jasa pengisian baterai hp, areal parkir kendaraan, toilet, dan Musholla. Untuk masuk ke lokasi wisata, setiap wisatawan harus membayar tiket sebesar Rp 2500.

Read more

danau laot tawar8. Danau Laut Tawar

Berlibur ke obyek wisata Danau Laut Tawar akan memberikan sebuah kenyamanan bagi para wisatawan. Udaranya bersih dan berhawa sejuk karena terletak di dataran tinggi.

Dengan menyewa sebuah perahu, wisatawan dapat mengelilingi luasnya danau atau mencoba untuk memancing ikan.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, telah tersedia penginapan di dekat danau. Biasanya, penginapan tersebut menyediakan jasa persewaan sepeda.

Danau Laut Tawar berlokasi di Kabupaten Aceh Tengah. Jika wisatawan berangkat dari Kota Banda Aceh dibutuhkan waktu sekitar 9 jam untuk tiba di tempat wisata ini.

Read more

pantai iboih9. Pantai Iboih

Keindahan Pantai Iboih telah dikenal hingga ke mancanegara. Airnya begitu jernih seperti bentangan kaca yang luas.

Hamparan batu karang dan hijau pepohonan di tepi pantai membuat obyek wisata di Aceh ini terkesan teduh dan asri.

Aktivitas yang paling menyenangkan di Pantai Iboih adalah snorkeling dan diving. Selain itu, wisatawan juga dapat bersantai di sebuah restoran tepi pantai sembari menikmati hangatnya kopi Aceh.

Lokasi Pantai Iboih berada di Kec. Sukakarya, Kel. Iboih, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Dibutuhkan waktu kurang lebih 45 menit jika wisatawan berangkat dari Kota Sabang.

Read more

indahnya pulau rubiah10. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah berada di sisi barat kota Sabang. Panorama alam pantainya begitu indah dan pesona kerajaan lautnya sungguh menawan.

Selain bersantai di tepi pantai, berenang, snorkeling dan diving adalah kegiatan yang umumnya menjadi referensi para pelancong di tempat wisata ini.

Dengan menyewa alat snorkeling seharga Rp 40.000, wisatawan akan menikmati keindahan biota laut di perairan Pulau Rubiah. Bahkan terdapat sekitar 14 dari 15 biota laut yang saat ini dilindungi di Indonesia dan itu dapat dijumpai di perairan bawah laut obyek wisata Pulau Rubiah. Pulau Rubiah adalah salah satu andalan obyek wisata di Aceh.

Untuk menuju ke Pulau Rubiah, wisatawan dapat menyewa perahu dari Pantai Iboih seharga Rp 150.000. Jika wisatawan ingin menikmati keindahan panorama alam bawah laut dari atas perahu, telah tersedia glass bottom boat dengan harga Rp 350.000/jam.

Read more

tugu nol kilometer kota sabang11. Tugu Nol Kilometer

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Aceh namun tidak mengunjungi Tugu Nol Kilometer. Monumen ini merupakan simbol dari perbatasan negara Indonesia.

Lokasi tugu berada di Desa Iboih Ujong Ba’u, Kec. Sukakarya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh.

Jarak antara tugu nol kilometer dan Kota Sabang adalah sekitar 29 km dan membutuhkan waktu kurang lebih 55 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Read more

Itulah 11 tempat wisata di Aceh yang menawan dan wajib untuk dikunjungi. Selain 11 tempat wisata tersebut, masih ada beberapa obyek wisata di Aceh lainnya yang tidak kalah indahnya. Silahkan berkunjung ke halaman ini untuk melihat aneka tempat wisata di Aceh yang menawan.

Please Share :

Related Post


Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang
Sentra Kerajinan Songket Tanggo Buntung – Kerajinan Khas Palembang

Pada masa lalu, songket adalah kain mewah yang hanya bisa…

Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh
Nikmatnya Wisata Alam Di Pulau Weh

Di bagian paling barat kepulauan Indonesia terdapat sebuah pulau yang…

Berkunjung Ke MONPERA Palembang – Monumen Perjuangan Rakyat
Berkunjung Ke MONPERA Palembang – Monumen Perjuangan Rakyat

Berkunjung ke MONPERA (Monumen Perjuangan Rakyat) di Kota Palembang dapat…

Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan
Wisata Danau Dan Pegunungan Di Aceh – Liburan Yang Menyenangkan

Berlibur ke provinsi Aceh tidak hanya berkunjung ke 8 pantai…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *