Home  /  Wisata Bali  / Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan

Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan


Tips Liburan Ke Pulau Bali – Merencanakan Liburan Yang Menyenangkan

Liburan merupakan sebuah kegiatan untuk bersantai sembari menikmati keindahan alam dari suatu daerah. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada saat anak-anak libur sekolah. Pergi berwisata bersama dengan keluarga atau teman, tentunya akan memberikan banyak manfaat. Salah satu dari manfaat tersebut adalah menghilangkan rasa lelah atau jenuh setelah beberapa bulan melakukan rutinitas.

Bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Pulau Bali, sebaiknya melakukan beberapa perencanaan terlebih dahulu agar menghasilkan liburan yang berkualitas.

Perencanaan tersebut meliputi mencari informasi mengenai obyek wisata yang akan dikunjungi, akomodasi selama berlibur, transportasi, dan lain-lain.

Berikut 8 tips liburan ke Pulau Bali :

tips liburan ke pulau bali1. Merencanakan Obyek Wisata yang Akan Dikunjungi

Pulau Bali mempunyai beberapa obyek wisata yang menarik. Obyek wisata tersebut meliputi : wisata pantai, pegunungan, museum, dan lain-lain.

Selama ini, terutama bagi wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke Bali, umumnya mereka memilih untuk berwisata di wilayah selatan Pulau Bali.

Di wilayah ini terdapat beberapa obyek wisata pantai yang telah terkenal seperti Pantai Kuta, Pantai Dreamland, Pantai Jimbaran, Sanur, Nusa Dua, dan lain-lain.

Selain pergi berwisata ke pantai, wisatawan juga bisa berkunjung ke Pura Uluwatu, GWK, menyaksikan pertunjukan Devdan Show, dan sebagainya. Namun, bagi wisatawan yang sedang berbulan madu, mereka lebih memilih untuk berlibur ke Ubud yang berhawa sejuk.

Oleh karena itu, sebelum wisatawan liburan ke Pulau Bali, sebaiknya rencanakan terlebih dahulu obyek wisata yang akan dikunjungi. Wisatawan bisa memanfaatkan media online untuk mengenal beberapa obyek wisata yang ada di Bali.

Setelah mendapatkan beberapa informasi yang relevan, wisatawan bisa menentukan tempat wisata yang tepat untuk liburan kali ini.

2. Waktu Berkunjung ke Pulau Bali

Tidak ada ketentuan kapan wisatawan harus berkunjung ke Bali. Berbagai obyek wisata di pulau ini selalu siap untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Akan tetapi, pastinya pada saat libur nasional dan libur sekolah jumlah wisatawan yang berkunjung akan semakin banyak. Hal ini berdampak pada biaya liburan yang lebih mahal.

Harga tiket pesawat, bus, travel, dan juga biaya penginapan berada pada tarif batas atas. Bahkan beberapa penginapan favorit dan agen wisata atau agen perjalanan di Bali telah berstatus fully booked.

Oleh karenanya, bagi wisatawan yang ingin berlibur pada saat peak season, sebaiknya lakukan pemesanan (transportasi dan akomodasi) minimal 1 bulan sebelum berwisata.

Selain itu, peningkatan jumlah wisatawan dapat menyebabkan terjadinya kepadatan lalu lintas. Wisatawan harus mengantisipasinya dengan cara menyewa sopir agar bisa bersantai di dalam mobil.

3. Transportasi Menuju ke Bali

Ada beberapa pilihan moda transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menuju ke Bali. Wisatawan bisa naik pesawat, bus, travel, dan kapal laut. Bagi wisatawan yang ingin naik pesawat, saat ini beberapa agen perjalanan nasional sering memberikan tiket promo.

Salah satu agen tersebut adalah “pegi pegi.com”. Pembelian tiket pesawat melalui agen ini sangatlah mudah dan metode pembayaran bisa menggunakan transfer rekening.

Sehingga bagi wisatawan yang tidak mempunyai kartu kredit atau takut menggunakan kartu kredit untuk bertransaksi di internet, bisa memilih metode pembayaran tersebut.

4. Penginapan Selama di Bali

Di Pulau Bali telah tersedia ratusan penginapan dengan variasi standar kelas dan harga. Sebaiknya lokasi penginapan dekat dengan obyek wisata yang ingin dikunjungi. Dengan begitu, biaya operasional selama liburan akan lebih efisien.

Jika wisatawan ingin berlibur di Pantai Kuta dan sekitarnya, telah tersedia beberapa penginapan murah di tempat ini mulai dari harga Rp 100.000.

Namun, bagi wisatawan yang menginginkan suasana yang lebih tenang, mencari penginapan di kawasan Sanur, Nusa Dua, Uluwatu dan Jimbaran adalah sebuah keputusan yang tepat.

Apabila wisatawan mendambakan obyek wisata pegunungan yang berhawa sejuk, penginapan-penginapan di kawasan Ubud dan Kintamani menyajikan alam pedesaan dan pegunungan yang menyejukkan, tenang dan nyaman.

Di kawasan ini wisatawan bisa berwisata ke Monkey Forest, Perak Celuk, Pasar Sukawati, Air Panas Toya Bungkah, dan lain-lain.

Di sebelah timur Pulau Bali juga tersedia beberapa obyek wisata pantai dan wisata bahari yang menyenangkan. Salah satu lokasi wisata yang terkenal di wilayah tersebut adalah Candidasa. Di kawasan ini telah tersedia beberapa penginapan favorit yang sering dipesan oleh para wisatawan.

Apabila wisatawan ingin melihat secara langsung kehidupan hewan lumba-lumba di alam bebas, pilihlah penginapan yang berada di dekat Pantai Lovina.

Mamalia air tersebut akan terlihat di perairan Pantai Lovina pada jam 06.00-09.00 WITA.

Dengan menginap di hotel yang berada pada wilayah Pantai Lovina, di pagi hari wisatawan tidak harus terburu-buru untuk menuju ke pantai dibandingkan jika wisatawan menginap di kawasan Kuta.

Jarak antara 2 obyek wisata ini adalah sekitar 100 km, dan dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Akan tetapi, umumnya lumba-lumba muncul di perairan Pantai Lovina pada saat cuaca cerah di bulan April-Oktober.

5. Persiapan sebelum berangkat ke Pulau Bali

  • Pastikan wisatawan membawa kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  • Jangan lupa persiapkan tiket pesawat atau bus dan tanda bukti pemesanan hotel.
  • Jangan membawa barang secara berlebihan. Selain akan memberatkan selama di perjalanan, wisatawan akan kesulitan untuk membawa oleh-oleh pada saat pulang. Menggunakan check list pada saat memilih barang yang akan dibawa selama berlibur, dapat membantu wisatawan untuk tidak membawa barang yang kurang tepat.
  • Tidak semua tempat wisata di Pulau Bali memiliki fasilitas pembayaran menggunakan kartu kredit atau debit, oleh karena itu bawalah uang tunai secukupnya.

6. Transportasi selama di Bali

Menggunakan transportasi umum seperti naik bus Trans Sarbagita dan bemo, pastinya akan mengurangi pengeluaran selama berlibur di Bali.

Akan tetapi, bagi wisatawan yang belum pernah atau jarang berkunjung ke Bali, sebaiknya wisatawan memilih untuk naik taksi, menyewa mobil atau motor.

Harga sewa mobil di tempat wisata ini sekitar Rp 200.000/hari. Sedangkan harga sewa motor antara Rp 50.000-75.000/hari.

Selama di perjalanan wisatawan bisa memanfaatkan teknologi GPS dan bertanya kepada penduduk setempat sebagai panduan untuk menuju ke sebuah lokasi.

Apabila wisatawan menginginkan suasana liburan yang lebih santai, pihak rental mobil telah menyediakan jasa sopir. Dengan menggunakan sopir, wisatawan bisa dengan tenang dan nyaman di dalam mobil sembari menikmati suasana liburan di Pulau Bali.

7. Wisata kuliner

Di Provinsi Bali, telah tersedia beberapa restoran atau warung makan yang menyajikan aneka hidangan lezat dan menggugah selera.

Restoran tersebut antara lain Restoran khas Bali, Restoran Padang, Restoran cepat saji (AW, McDonald, dll), Restoran yang menyajikan menu Internasional, Restoran seafood (Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan, dll), warung bakso, dan sebagainya.

Sebelum memesan makanan, wisatawan jangan ragu untuk menanyakan harga dari setiap makanan. Karena tidak semua restoran mencantumkan harga makanan pada daftar menu.

Selain itu, wisatawan jangan melewatkan kesempatan untuk mencoba kelezatan jajanan dan minuman khas Bali seperti pie susu, bubuh sagu, bubuh sumsum, rujak kuah pindang, dan lain-lain. Biasanya jajanan tersebut dapat ditemukan di pasar-pasar tradisional.

8. Berburu oleh-oleh

Aneka hasil kerajinan khas Bali dapat dengan mudah wisatawan jumpai di beberapa pasar seni tradisional.

Pasar seni tersebut antara lain Pasar Seni Kuta, Pasar Seni Badung, Pasar Seni Kumbasari, Pasar Seni Ubud, Pasar Seni Sukawati, Pasar Seni Guwang dan Pasar Candi Kuning.

Apabila wisatawan berbelanja di pasar seni, jangan ragu untuk menawar harga. Para pedagang telah terbiasa dengan proses tersebut.

Bagi wisatawan yang tidak suka menawar harga, sebaiknya berbelanja di beberapa toko cinderamata modern yang menjual aneka produk kerajinan khas Bali dengan harga pas.

Please Share :

Related Post


Obyek Wisata Kerta Gosa – Bangunan Bersejarah di Klungkung
Obyek Wisata Kerta Gosa – Bangunan Bersejarah di Klungkung

Kerta Gosa adalah bangunan bersejarah yang didirikan pada tahun 1648…

Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali
Kintamani – Obyek Wisata Pegunungan di Bali

Kintamani, sebuah obyek wisata pegunungan di pulau Bali dengan ketinggian…

Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia
Pura Besakih – Pura Terbesar di Indonesia

Pura Besakih merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. Pura ini…

Batik Galuh – Seni Warisan Nenek Moyang di Bali
Batik Galuh – Seni Warisan Nenek Moyang di Bali

Batik merupakan seni warisan dari nenek moyang yang telah dilestarikan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *