Home  /  Wisata Jawa  / Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya

Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya


Plesiran ke Tugu Yogya – Tugu Bersejarah di Kota Yogya

Tugu Yogya adalah monumen kota yang paling terkenal di Yogyakarta. Umumnya wisatawan yang berkunjung ke kota Yogyakarta tidak akan melewatkan untuk berfoto atau sekedar melihat seperti apa dan dimana Tugu tersebut berada.

Landmark ini terletak di tengah-tengah perempatan Jalan Diponegoro, Jalan Pangeran Mangkubumi, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan A.M Sangaji. Dalam konteks sejarah, tugu tersebut merekam sejarah kota sejak 3 abad lalu.

plesiran ke tugu yogyaTugu Yogya yang ada saat ini telah mengalami perubahan, karena Gempa yang terjadi pada tahun 1867 dan meruntuhkannya. Tugu Yogya yang pertama memiliki ketinggian hingga 25 meter.

Tiang tugu berbentuk silinder yang semakin ke atas semakin mengecil. Pada bagian puncak tugu berbentuk bulat dan dasar tugu adalah pagar yang melingkar.

Pada tahun 1889, pemerintah Belanda membangun kembali Tugu Yogya. Badan tugu berbentuk persegi dan terdapat prasasti pada masing-masing sisi yang menjelaskan pihak-pihak yang ikut serta dalam pembangunan tugu. Pada bagian puncak berbentuk kerucut dan ketinggian tugu hanya 15 meter. Sejak saat itu Tugu Yogya dikenal juga dengan nama Tugu Pal Putih atau De Witt Peal.

Letak tugu yang strategis memudahkan bagi siapa saja untuk datang dan melihat. Transportasi umum pun banyak yang melewati kawasan sekitar tugu dan bisa jadi alternatif pilihan untuk menuju ke sana. Salah satunya adalah Trans Yogya. Namun Anda juga bisa berjalan kaki atau bersepeda sembari menikmati keindahan kota.

Monumen yang kental unsur filosofis dan sejarah ini merupakan daya tarik utama wisatawan. Bahkan mereka yang ingin memandang tugu sepuasnya telah disediakan kursi yang menghadap langsung ke arah tugu.

Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu pada jam 5.00 hingga 6.00 pagi. Pada saat itu, udara di kota Yogya masih segar dan cukup dingin. Belum begitu banyak kendaraan bermotor yang melintas.

Letak Tugu Yogya juga berdekatan dengan sejumlah tujuan wisata menarik lainnya seperti Malioboro dan Keraton Yogyakarta. Lokasi belanja, penginapan, dan berbagai sajian kuliner juga bisa dijumpai di kawasan sekitarnya.

Bagi wisatawan yang ingin plesiran ke Kota Yogyakarta, kota yang kental akan nuansa desa dan budayanya ini bisa dimulai dari Tugu Yogya. Layaknya sebuah pintu dan sambutan selamat datang, Anda bisa berjalan-jalan sembari menikmati filosofi kota Gudeg tersebut.

Please Share :

Related Post


20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi
20 Obyek Wisata Di Surabaya yang Patut Dikunjungi

Surabaya – Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar…

10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta
10 Pantai Menawan Di Yogyakarta Yang Patut Dikunjungi – Wisata Yogyakarta

Sedang berlibur ke Yogya? Atau ada rencana untuk berwisata ke…

Melancong ke Gunung Nglanggeran
Melancong ke Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran lebih dikenal dengan Gunung Api Purba. Lokasinya di…

7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan
7 Obyek Wisata Di Lamongan Yang Patut Dikunjungi – Wisata Lamongan

Lamongan – sebuah kabupaten di Jawa Timur yang terkenal dengan…





Add Comment


Your email address will not be published. Required fields are marked *